by

4 Koleksi Mobil BJ Habibie, Langka dan Mewah

Mantan presiden ke-3 Republik Indonesia, Bacharudin Jusuf (BJ) Habibie diketahui sangat mencintai dunia otomotif. Hal ini dipertegas jika melihat sederet koleksi mobil BJ Habibie.

Di garasi rumah almarhum, diketahui memiliki koleksi mobil-mobil premium asal Jerman. Mobil pun mendapat perlakuan istimewa karena diparkir sangat rapi mengikuti garis di sebuah garasi yang bentuknya mirip parkiran sebuah mal.

Dari sejumlah mobil yang berbaris rapih diparkiran rumah BJ Habibie, bahkan ada satu yang cukup mencuri perhatian, yakni Mercedes-Benz 300SL Gullwing. Mobil langka itu pun terlihat cukup terawat, layaknya sebuah mobil baru.

Memiliki sederet mobil-mobil mewah, sejalan dengan karir BJ Habibie yang gemilang. Mengingat sepak terjangnya yang memberi andil besar dalam dunia penerbangan di Indonesia. Kecerdasannya bahkan tak cuma diakui dalam skala lokal, namun juga hingga ke mancanegara.

Lalu ingin tahu seperti apa koleksi mobil BJ Habibie? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

1. Mercedes-Benz 300SL Gullwing, Koleksi Mobil BJ Habibie

Mercedes-Benz SL300 Gullwing, koleksi mobil BJ Habibie
Mercedes-Benz SL300 Gullwing, koleksi mobil BJ Habibie yang langka

Melansir dari akun Youtube, Kevin Hendrawan, yang sempat bertandang ke kediaman BJ Habibie. Terungkap bahwa koleksi mobil BJ Habibie cukup banyak, lho!

Garasi yang dimiliki BJ Habibie pun terlihat megah, dan dipadati dengan sejumlah kendaraan. Baik mobil maupun kendaraan roda dua.

“Ini bukan sekadar parkiran, ini seperti basemen mal sebenarnya. Kalau mau di review semua, mungkin sampai besok baru selesai nih,” ujar Kevin.

Baca juga  Bocoran Mobil Listrik Mercedes-Benz di Indonesia 2021

Dalam video tersebut Kevin mengatakan, “Eyang Habibie ini punya koleksi seluruh model Mercy dari sebelum Indonesia merdeka bahkan”.

Salah satu mobil yang paling menyita perhatian adalah Mercy Gullwing SL300 yang di kalangan para kolektor sangat diburu. Mobil ini merupakan produksi antara 1954 hingga 1957.

Untuk membuka pintunya, mesti searah vertikal. “Ini seri legend-lah. Di Indonesia sepertinya cuma ada ini deh.”

Seperti diketahui, Mercedes-Benz 300SL Gullwing merupakan salah satu mobil bersejarah. Mobil ini unik karena memiliki pintu gullwing yang kalau dibuka daun pintunya akan ke atas.

Di atas kertas, Mercedes-Benz 300SL Gullwing dibekali mesin jenis straight-six 3.000 cc berpendingin air. Performanya cukup ganas untuk mobil pada zamannya.

Akselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam cuma butuh waktu 9,3 detik sebelum menyentuh kecepatan tertinggi 235 km/jam.

2. Mercedes-Benz 600 Pullman

Mercedes-Benz 600 Pullman
Mercedes-Benz 600 Pullman, koleksi mobil BJ Habibie

Mobil lain yang tak kalah mencolok adalah 600 yang jadi salah satu koleksi mobil BJ Habibie. Mercedes Benz 600 terkenal sebagai simbol kemewahan di zamannya.

Mobil yang memiliki julukan ‘mobil diktator’ itu sempat dimiliki oleh berbagai tokoh politik seperti Ferdinand dan Imelda Marcos, Saddam Husein, dan Robert Mugabe.

Selain itu, mobil ini juga dikenal, karena memiliki desain yang begitu mewah dan kenyamanan luar biasa. Dimensinya pun besar, dengan panjang 6,240 mm.

Baca juga  4 Koleksi Mobil Khabib Nurmagomedov, Mewah Sob!

Jantung mekanisnya pun besar, dengan kubikasi 6.332 cc SOHC dengan sistem injeksi mekanikal dari Bosch, mesin ini mampu menghasilkan tenaga 245 dk. Mobil ini juga dilengkapi dengan suspensi udara yang memastikan kualitas berkendara yang nyaman.

Tak hanya itu, mobil ini juga dilengkapi sistem hidraulik kompleks yang mengoperasikan berbagai fitur di mobil ini seperti power window, kursi, sunroof, bagasi, hingga menutup pintu.

Menurut informasi, 600 Pullman milik Habibie ini adalah satu-satunya 600 Pullman di Indonesia dari 428 unit yang ada di seluruh dunia.

3. BMW Z1

BMW Z1, koleksi mobil BJ Habibie
BMW Z1, salah satu koleksi mobil BJ Habibie

Masih dari pabrikan asal Jerman, BJ Habibie pernah memiliki BMW Z1 Roadster 2 pintu yang diproduksi dalam rentang tahun 1988 hingga 1991. Uniknya, mobil ini punya pintu yang berbeda dengan mobil pada umumnya.

Di mana kedua pintu mobil dapat membuka dengan turun ke bawah secara elektris. Fitur unik lainnya dari mobil ini adalah panel bodi yang memungkinkan untuk dibongkar pasang.

BMW Z1 dipersenjatai dengan mesin berkapasitas 2.5 liter 6 silinder segaris berkode M20 yang menyalurkan tenaga ke roda belakang melalui transmisi manual 5-percepatan.

Tenaga yang dihasilkan menembus 168 Hp dengan torsi 222 Nm. Menurut kabar, hanya ada 2 unit Z1 di Indonesia, serta mobil ini hanya diproduksi sebanyak 8.000 unit, termasuk salah satunya milik BJ Habibie.

Baca juga  Apa Kelebihan BMW 6 GT M Sport? Sedan Rp1,5 Miliar

4. Mercedes-Benz 600SEC

Mercedes-Benz 600SEC
Mercedes-Benz 600SEC, mobil langka yang dimiliki BJ Habibie

BJ Habibie dikenal begitu mencintai mobil bergaya kupe. Salah satunya terlihat dari koleksi mobil BJ Habibie yang satu ini, yaitu Mercedes-Benz 600SEC berkode bodi W140.

Kendaraan yang mulai produksi di tahun 1993 itu punya bobot sebesar 2,5 ton. Mobil ini merupakan versi 2 pintu dari varian S-Class.

Menyoal mesin, Mercedes-Benz 600SEC dibekali mesin V8 berkapasitas 5.987cc, mobil ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 389 dk dan torsi 569 Nm.

Tenaga yang dihasilkan mengalir melalui transmisi 4-percepatan otomatis. Mobil ini mampu melaju dari 0 hingga 100 Kpj hanya dalam 6,3 detik saja.

Mercedes-Benz 600SEC masuk dalam daftar mobil mewah di zamannya. Sedan ini didukung dengan jok kulit dan dasbor berbalut kayu, serta didukung pemanas kursi, dual climate control, traction control, dan pengatur tirai otomatis.

Sekadar informasi, mobil ini hanya tersedia sebanyak 4 unit saja di Tanah Air. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru