Selasa, Juni 25, 2024
Banner-Wuling-Cloud-EV

Komparasi Mitsubishi Triton vs Isuzu D-Max, Mana Lebih baik?

by Tigor Sihombing
Komparasi Mitsubishi Triton vs Isuzu D-Max Terbaru

Kali ini Moladin akan membahas soal komparasi Mitsubishi Triton vs Isuzu D-Max terbaru. Pasar double cabin merupakan salah satu segmen yang semakin diminati dalam pasar otomotif global, termasuk Indonesia.

Mitsubishi Triton dan Isuzu D-Max merupakan dua nama besar yang menjadi pesaing utama dalam segmen ini, selain tentu saja Toyota Hilux. Keduanya menawarkan kombinasi yang menggiurkan antara kinerja tangguh, kemampuan off-road, dan kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari.

Namun, ada perbedaan signifikan dalam karakteristik masing-masing, yang dapat menjadi pertimbangan bagi konsumen yang mencari kendaraan ini. Mari kita telaah lebih dalam.

Desain dan Tampilan

MixCollage 14 May 2024 08 53 AM 2295

Mitsubishi Triton menampilkan desain yang dinamis dan modern dengan gril yang mencolok dan garis-garis aerodinamis. Desain ini menonjolkan kesan sporty dan agresif. Di sisi lain, Isuzu D-Max menampilkan pendekatan desain yang lebih garang dengan gril yang lebih besar dan lebih berat, memberikan kesan kuat dan kokoh.

Untuk variasi line up kendaraannya, Mitsubishi Triton lebih lengkap di banding D-MAX. Triton memiliki enam varian dua antaranya single cab yang terdiri dari New Triton HDX MT Single Cab 4×4 dan New Triton GLX MT Single Cab 4×2.

Sedangkan Isuzu D-MAx hanya 3 varian dan 1 di antaranya adalah singgle cab, dengan varian D-MAX SC MT.

Adapun keempat varian double cabin, Mitsubishi Triton adalah New Triton Ultimate AT Double Cab 4×4, Exceed MT Double Cab 4×4, GLS MT Double Cab 4×4, dan HDX MT Double Cab 4×4.

Baca juga  Penjualan Mitsubishi Mei 2021, Tembus 7.516 Mobil!

Sedangkan Isuzu D-Max varian double kabinya memiliki dua varian yaitu D-Max DC M/T dan D-Max Rodeo M/T.

Artinya untuk pilihan model, Mitsubishi Triton lebih lengkap di banding Isuzu D-MAX.

Kapasitas Mesin Triton Lebih Basar

Komparasi Mitsubishi Triton vs Isuzu D-Max Terbaru
Mesin Triton DB

Begitu pun dalam hal pilihan mesin, Mitsubishi Triton juga lebih lengkap. Misal ketiga varian teratas Mitsubishi Triton menggunakan mesin diesel 4N15 dengan kapasitas 2.4 liter. Mesin berteknologi MIVEC serta berperangkat turbo intercooler ini mampu menghasilkan tenaga hingga 181 ps pada 3.500 rpm.

Sedangkan type terbawahnya, HDX MT Double Cab 4×4 meggunakan mesin lama ,diesel 4D56 yang bertenaga 110 ps pada 4.000 rpm dan torsi 200 Nm.

Sedangkan untuk isuzu D-maX yang dipasarkan di Indonesia hanya mesin diesel berkapasitas lebih kecil 1.900 cc berkode RZ4E-TC dengan output tenaga maksimal sebesar 148 dk dan torsi puncak 350 Nm.

Fitur Mitsubishi New Triton

Komparasi Mitsubishi Triton vs Isuzu D-Max Terbaru
Mitsubishi Triton Double Cabin

Mitsubishi Triton telah membuktikan dirinya sebagai kendaraan yang tidak hanya tangguh dalam berbagai medan, tetapi juga canggih dalam fitur-fitur keselamatan dan kenyamanan. Fitur-fitur ini dirancang untuk memastikan pengalaman berkendara yang aman dan menyenangkan bagi pengemudi dan penumpangnya.

Misal ada fitur Ultrasonic Misacceleration Mitigation System, fitur ini dirancang untuk mengurangi risiko kecelakaan saat manuver parkir dengan mencegah mobil menabrak objek di depan atau belakang.

Baca juga  Review Mitsubishi L300 Terbaru, Pikap Legendaris Kini Pakai Mesin Modern

Triton juga dilengkapi dengan Forward Collision Mitigation System, yang membantu pengemudi menghindari tabrakan depan dengan memberikan peringatan saat mendeteksi objek di depan secara akurat. Selain itu, fitur Blind Spot Warning juga hadir untuk meningkatkan keselamatan saat berganti jalur, dengan mendeteksi kendaraan dari sisi titik buta dan memberikan peringatan visual dan suara kepada pengemudi.

Rear Cross Traffic Alert adalah fitur lain yang memberikan perlindungan saat mundur, dengan memberikan peringatan jika ada objek mendekati dari arah belakang kiri atau kanan. Fitur Auto High Beam membantu pengemudi saat berkendara malam hari dengan mengaktifkan dan menonaktifkan high beam secara otomatis sesuai kondisi pencahayaan, meningkatkan visibilitas dan keamanan.

Dari segi keselamatan pasif, Triton dilengkapi dengan 7 titik airbag, termasuk di depan, lutut pengemudi, dan tirai. Fitur lainnya mencakup Stabilitas Kontrol, Traction Control, serta sensor parkir dengan kamera mundur. Fitur tambahan seperti Hill Start Assist dan Hill Descent Control juga membantu pengemudi melewati tanjakan dan turunan curam dengan lebih mudah dan aman.

Terakhir, Mitsubishi Triton Triton juga menawarkan sistem hiburan dan konektivitas yang canggih, termasuk Miracast, Bluetooth, dan Apple CarPlay, memastikan kesenangan selama perjalanan dengan konektivitas yang mudah dan hiburan yang lengkap. Dengan deretan fitur-fitur ini, Mitsubishi Triton menjadi pilihan ideal bagi mereka yang mengutamakan keselamatan, kenyamanan, dan kemudahan dalam berkendara.

Fitur Isuzu D-MAX

image659
D-MAX Rodeo type tertinggi

Salah satu fitur unggulan yang membuat All New Isuzu D-Max menjadi pilihan ideal di medan sulit adalah Rear Differential Locker atau locker gardan belakang. Fitur ini berfungsi mengirimkan tenaga yang sama ke kedua roda belakang saat D-Max dalam posisi penggerak 4L atau 4×4 dengan rasio rendah.

Baca juga  Penjualan Xpander Rockford Fosgate, Laku 2.000 Unit

Jika salah satu roda belakang mengalami selip, aktifkan locker, dan tenaga akan disalurkan ke roda yang mendapatkan traksi, memungkinkan kendaraan keluar dari kondisi sulit tersebut.

D-Max juga sudah dilengkapi dengan under body protection yang melindungi komponen-komponen vital di bagian bawah kendaraan. Fitur ini memberikan perlindungan tambahan saat kendaraan melewati jalanan ekstrem atau terhalang oleh tanah, mencegah kerusakan pada komponen penting kendaraan.

Selain itu Isuzu telah memperhatikan fitur keselamatan dan kestabilan yang esensial di lingkungan kerja, seperti Anti-lock Braking System (ABS) dengan Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan Brake Assist. Selain itu, Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Hill Start Assist (HSA), dan Hill Descent Control (HDC) juga hadir untuk meningkatkan stabilitas dan kontrol kendaraan dalam berbagai situasi.

Demikian ulasan Komparasi Mitsubishi Triton vs Isuzu D-Max Terbaru. Simak terus Moladin.com utuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika