by

Komparasi Renault Kwid Climber Vs Toyota Agya, Mobil Murah Rp150 Juta

Komparasi Renault Kwid Climber Vs Toyota Agya – Renault Kwid dan Kwid Climber resmi dipasarkan di Indonesia. Dari sisi harga produk ini mengusik segmen low cost green car (LCGC), khususnya Toyota Agya dan Daihatsu Ayla.

Segmentasi produknya pun sejatinya mirip-mirip, yaitu city car LCGC. Namun pihak pabrikan, dalam hal ini Maxindo Renault Indonesia (MRI) menyebut produk terbarunya itu sebagai Urban SUV.

Jika disejajarkan, memang Renault Kwid Climber facelift sejatinya lebih menyasar kepada Suzuki Ignis. Namun dari harganya, justru jauh berbeda dengan city car andalan Suzuki itu. Di mana Suzuki Ignis memiliki harga lebih mahal, menyentuh Rp 200 juta untuk saat ini.

Alhasil kami pun memutuskan untuk komparasi Renault Kwid Climber Vs Toyota Agya, yang memiliki banderol yang mirip-mirip, dengan jantung pacu yang sama-sama 1.0 liter.

Penasaran ingin tahu seperti apa komparasi antara Renault Kwid Climber Vs Toyota Agya? Baca artikel ini sampai habis:

Sama-sama Mengusung Mesin 1.0 Liter

Renault Kwid climber facelift Indonesia
Renault Kwid facelift Indonesia

Renault Kwid Climber Vs Toyota Agya 1.0 G memang komparasi tepat. Pasalnya keduanya sama-sama mengandalkan mesin 1.0-liter, dengan konfigurasi tiga silinder.

Hanya saja kalau lihat performanya ada perbedaan. Mesin Renault Kwid Climber terbaru mampu menghasilkan tenaga sebesar 67 dk dengan torsi 91 Nm. Sementara Toyota Agya cuma mampu mengluarkan tenaga sebesar 66 dk dan torsi 89 Nm.

Di atas kertas Renault Kwid Climber lebih unggul dalam hal performa. Kamu bisa lihat dari torsi dan tenaga yang dihasilkan kedua mobil perkotaan tersebut.

Namun meski unggul performa, sayangnya Renault Kwid belum tersedia dalam transmisi otomatis konvensional. Pasalnya mobil merek Perancis buatan India ini cuma memiliki transmisi AMT (automated manual transmission) saja.

Baca juga  Bocor! Tanggal Peluncuran Toyota Agya Facelift 2020 di Indonesia

Buat sebagian konsumen, AMT diklaim tidak terlalu cekatan dalam berakselerasi. Alhasil membuat rasa berkendara jadi kurang nyaman. Sementara Toyota Agya 1.0 G sudah menggunakan transmisi 4-percepatan otomatis. Walau sesungguhnya transmisi otomatis Agya juga tidak terlalu sip.

Tak lupa, Toyota Agya kini juga sudah tersedia dalam pilihan mesin 1.2 liter 4-silinder berkapasitas 1.197 cc yang menghasilkan tenaga 87 dk dengan torsi 108 Nm. 

Komparasi Eksterior Renault Kwid Climber Vs Toyota Agya 1.0L G

agya ayla facelift 2020
Agya grille pakai serba hitam

Dari sisi eksterior tampaknya cukup menarik dibahas dari kedua produk ini. Bagaimana tidak, tahun ini kedua produk menyandang status facelift. Penyempurnaan terus dilakukan pabrikan pada kedua produknya itu.

Kwid Climber menampilkan desain eksterior yang lebih ke arah SUV memang. Sementara Toyota Agya 1.0 G khususnya, lebih berdesain ala city car. Salah satu keunggulan dari Renault Climber dengna desain bergaya SUV tentunya terletak pada sisi ground clearance yang ditawarkan.

Berdasarkan data spesifikasi, Renault Kwid Climber memiliki ground clearance sebesar 184 mm. Sementara Toyota Agya memiliki ground clearance sebesar 180 mm. Dari sisi dimensinya pun ternyata hanya berbanding tipis antara kedua produk itu.

Toyota Agya memiliki dimensi panjang 3660 mm, lebar 1600 mm, tinggi 1520 mm, dan jarak sumbu roda sebesar 2455 mm. Sementara Renault Kwid Climber memiliki dimensi panjang 3731 mm, lebar 1579, tinggi 1490 mm, dengan wheelbase 2422 mm.

Sisi dimensi tampaknya Toyota Agya sedikit lebih unggul dari kompetitornya tersebut. terlebih dari wheelbase yang tentunya mempengaruhi kenyamanan saat berada di dalam kabin.

Baca juga  Toyota Fortuner Legender Resmi Meluncur, Apa Istimewanya?

3. Interior Renault Kwid Climber Vs Toyota Agya 1.0L G, Mending Mana?

Interior Renault Kwid Climber
Renault Kwid Climber sudah dilengkapi dengan kamera belakang

Faktor yang cukup menentukan Renault Kwid Climber dapat bertarung di industri otomotif Tanah Air, tentunya dari sisi interior yang ditawarkan produk ini.

Renault Kwid Climber sudah dilengkapi dengan head-unit layar sentuh berfitur Android Auto dan Apple CarPlay serta speedometer digital.

Guna menunjang kesan modern semakin terasa, khusus yang bertransmisi otomatis, dilengkapi dengan tuas persneling model putar. Hal ini mengingatkan kita dengan mobil-mobil Eropa modern masa kini.

Sementara Toyota Agya G memang sudah 2-Din, namun belum terintegrasi dengan fitur-fitur seperti Renault Kwid Climber, yang sudah terintegrasi dengan smartphone.

Selain itu, dari sisi desain Renault Kwid Climber mengusung kelir dual tone dengan warna hitam dan orange. Sementara Toyota Agya G juga mengusung kelir dwi warna, dengan dominasi kelir hitam dan silver.

Fitur Renault Kwid Climber Vs Toyota Agya 1.0L G

Toyota Agya model 2020 yang segera meluncur di Indonesia
Toyota Agya G Facelift

Bicara fitur, rasanya paling pas dibahas kedua produk ini. Bagaimana tidak, dengan rentang harga yang mirip-mirip. Tentunya menjadi dasar masyarakat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan.

Kwid Climber facelift 2020 sudah dilengkapi dengan dual SRS Airbags, sensor dan kamera parkir, serta sudah dilengkapi dengan ABS. Sementara di Toyota Agya 1.0L G dipersenjatai dengan fitur belum tersedia fitur kamera parkir dan sensor, karena fitur itu baru ada di varian 1.2 liter G dan G TRD.

Pun begitu, Toyota Agya sudah dilengkapi dengan dual airbags, ABS, dan ISOFIX saja. Selain itu, Renault Kwid Climber juga sudah didukung dengan lampu jenis LED dan DRL. Terkait kompetitor hanya tersedia lampu jenis halogen saja.

Baca juga  7 Perbedaan Toyota Avanza dan Veloz, Jangan Salah Beli

Memang di varian 1.2 liter G dan G TRD sudah dilengkapi dengan lampu LED dan DRL juga.

5. Persaingan Harga Produk Perancis Vs Jepang

Komparasi Renault Kwid Climber 2020 Vs Toyota Agya

Harga tentunya yang cukup menentukan mobil ini dapat bersaing di pasar otomotif Indonesia atau tidak. Selain dari sisi fitur dan layanan purna jual tak lupa menjadi pertimbangan konsumen membeli mobil.

Menyoal harga, Toyota Agya 1.0 G dipasarkan dengan harga Rp 143,8 juta untuk varian transmisi manual, dan Rp 156,81 juta untuk G AT.

Pada Toyota Agya 1.2 G dipasarkan dengan banderol Rp 148,1 juta untuk varian manual dan Rp 161,6 juta. Sementara Rp 169,29 juta untuk G TRD AT.

Sang kompetitor yang baru berstatus facelift ditawarkan dengan banderol Rp 149,9 juta untuk Kwid standar dan Rp 158,9 juta untuk Kwid Climber.

Baik Toyota Agya tipe G maupun Renault Kwid Climber masing-masing memiliki keunggulan. Namun kamu bisa sesuaikan seluruh fitur, desain, dan keunggulan yang ada untuk memenuhi kebutuhan kamu.

Kira-kira mobil mana yang pantas untuk menemani kesaharianmu. Sebagai catatan tambahan, tentunya Toyota Agya memiliki durabilitas yang lebih teruji hingga saat ini. Ketersediaan spare part dan layanan purna jual yang lengkap menjadi keunggulannya.

Berbeda dengan Renault yang di atas kertas merupakan produk Eropa. Ketersediaan suku cadang pun belum diketahui hingga saat ini.

Demikianlah komparasi Renault Kwid Climber Vs Toyota Agya. Semoga informasi di atas dapat membantu kalian dalam memilih kendaraan yang sesuai kebutuhan.

Baca juga:

Comment

Leave a Reply

Terbaru