Matik Gaya Adventure, Pilih Yamaha X-Ride atau Honda BeAT Street?

Komparasi Yamaha X-Ride vs Honda BeAT Street – Skutik yang punya aura adventure saat ini menjadi salah satu pilihan tunggangan harian, mungkin yang menjadi alasan karena motor ini terbilang tangguh untuk melahap kondisi aspal mulu juga semi off-road.

Sudah begitu punya kelebihan kalau motor ini harganya masih terjangkau dan sudah dilengkapi fitur yang tidak ketinggalan zaman, seperti halnya Yamaha X-Ride atau Honda BeAT Street. Keduanya mantap bersaing rebut hati konsumen. Komparasi Yamaha X-Ride vs Honda BeAT Street kami hadirkan buat Anda, sebelum memutuskan untuk membelinya. Mau tahu? Simak pembahasan berikut ini.

 

Desain Yamaha X-Ride 125 Khas Adventure

komparasi-yamaha-x-ride-vs-honda-beat-street
Yamaha X-Ride 125 desain khas adventure banget

Yamaha X-Ride 125 terlihat lebih berisi bila disandingkan dengan Honda BeAT Street yang sama-sama bergaya adventure, hal itu diperkuat dengan bobotnya yang mencapai 98kg lebih berat 9kg dari Honda BeAT Street.

Yamaha X-Ride 125 kentara aura adventurenya, berkat suspensi depan teleskopik dikombinasi dengan suspensi belakang model tabung, dan penggunaan ban tubeless tapak lebar 80/80-14 depan dan 100/70-14. Hal ini bertujuan agar nyaman melahap jalanan aspal atau semi off-road.

Sedangkan Honda BeAT Street tampil lebih sporty, berkat lekukan bodinya yang tajam dan menyudut, meskipun aura adventurenya tetap muncul berkat model stang telanjang ala motor trail.

Shockbreaker depan teleskopik kombinasi dengan monoshock di bagian belakang. Serta ban tubeless berukuran 80/90 (depan) dan 90/90 (belakang) dengan ukuran pelek 14 inci. Sepertinya motor ini lebih cocok untuk penggunaan jalanan dalam kota.

 

Yamaha X-Ride Pakai Answer Back System

komparasi-yamaha-x-ride-vs-honda-beat-street
Yamaha X-Ride dilengkapi dengan answer back system

Soal kecanggihan fitur, komparasi Yamaha X-Ride vs Honda BeAT Street lebih unggul motor pabrikan Garpu tala. Meskipun keduanya sudah pakai headlamp LED, sama-sama sudah disematkan eco indicator sehingga konsumsi BBM jadi makin irit, dan standar samping otomatis (side stand switch).

Yamaha X-Ride 125 sudah terdapat fitur canggih answer back system fitur, yang berfungsi menemukan lokasi motor saat diparkir. Sementara fitur ini belum hadir di Honda BeAT Street.

Tapi Honda BeAT Street bukan tanpa keunggulan, sebab panel instrumen sudah full digital semenatara Yamaha X-Ride masih pakai analog. Honda BeAT Street juga sudah dibenamkan ACG starter menghidupkan mesin motor dengan lebih halus. Kemudian, Parking brake lock juga sudah hadir, dan pengaman kunci bermagnet (secure key shutter) dengan switch opener  yang efektif mencegah pencurian dan berikan kemudahan saat membuka bagasi.

Tabel Harga Motor Matik 110cc

Produk Kelebihan Harga
Suzuki Nex II Cross Harga Terjangkau Cek Harga Promo di Sini
Suzuki Nex II Cross Accessories Version Sudah dilengkapi dengan aksesoris Cek Harga Promo di Sini
Honda BeAT eSP CBS Sistem pengereman Combi Brake Cek Harga Promo di Sini
Honda BeAT eSP ISS Pakai idling stop system Cek Harga Promo di Sini

 

Yamaha X-Ride Performa Lebih Mantap

Mesin berkubikasi 125cc tertanam di X-Ride

Membandingkan mesinnya, komparasi Yamaha X-Ride vs Honda BeAT Street jelas sudah terjawab siapa yang unggul. Yamaha X-Ride 125 menggendong mesin kubikasi 125cc, satu silinder, SOHC 2-katup, berpendingin udara.

Sanggup semburkan torsi puncak 9.6Nm/5.500rpm sementara tenaganya 9.38Hp/8.000rpm. Sudah berteknologi Blue Core, yang diklaim PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) lebih irit BBM, efisien dan lebih bandel pastinya.

Sementara Honda BeAT Street dibekali mesin berkubikasi109.5cc, konfigurasi 4-langkah, SOHC, kompresi 10:1 dan teknologi eSP (enhanced smart power) generasi terbaru yang diklaim lebih bertenaga.

Outputnya masih kalah dari Yamaha X-Ride 125. Sebab, power maksimal Honda BeAT Street 8.8Hp/7.500rpm dan torsi puncak 9.3Nm/5.500rpm. Meski kalah soal performa, konsumsi bahan bakarnya irit diklaim Honda bisa mencapai 60.6Kpl.

Baca juga:

 

Honda BeAT Street Lebih Terjangkau Dibanding Yamaha X-Ride

Honda BeAT Street harganya lebih murah

Harga komparasi Yamaha X-Ride vs Honda BeAT Street, produk lansiran Honda lebih terjangkau dibanding Yamaha. Selisih diantara keduanya cukup besar, sekitar Rp 1.3 jutaan

Salah satu penyebab yang menjadikan Yamaha X-Ride dibanderol dengan harga lebih mahal, karena menggendong kapasitas mesin 125cc dibanding Honda BeAT Street yang hanya 110cc.

Generasi terbaru Honda BeAT Street hadir dalam varian CBS (combi brake system) dengan 3 pilihan, yaitu: Street Black, Street Silver dan Street Black Silver yang dipasarkan dengan harga Rp 17.150.00,- (OTR Jakarta).

Sementara kalau Yamaha X-Ride 125 ini dibanderol dengan harga Rp 18.535.000 (OTR Jakarta). Dengan pilihan warna yang beragam, yaitu: Racing Blue, Exclusive Black, Attractive Red dan Extreme Green.

Anda sedang mencari skutik seperti di atas? Kini kami hadirkan kemudahan untuk pembelian secara tunai atau kredit. Caranya gampang banget, cukup dengan cara klik link ini! Dapatkan penawaran membeli motor dengan DP rendah dan harga terbaiknya.

Share this!

Baghendra Lodra

Jurnalis otomotif sejak 2012. Spesialisasinya sebagai reviewer motor dan mobil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *