Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Komunitas Mobil BMW di Indonesia, Gabung yang Mana?

by Tigor Sihombing
Komunitas mobil BMW di INdonesia

Mungkin saat ini kamu sedang mencari komunitas mobil BMW di Indonesia untuk tergabung di dalamnya. Terlebih hal tersebut sangat penting, kalau kamu pengguna baru produk asal Jerman tersebut.

Dengan masuk ke klub mobil berjuluk The Bavarian ini, kamu jadi tahu informasi terkait mobil yang kamu gunakan. Misalkan masalah sparepart dan bengkel rujukan terbaik.

Berikut ini, sebagai bahan referensi kami akan sampaikan 5 komunitas mobil BMW di Indonesia yang bisa diikuti. Berikut ulasannya:

1. BMW Car Club Indonesia (BMWCCI)

Komunitas Mobil BMW di Idonesia

BMWCCI resmi menjadi anggota International BMW Club Organization

Komunitas mobil BMW di Indonesia yang pertama adalah BMW Car Club Indonesia (BMWCCI). Komunitas ini bisa menjadi teman sesama pehobi, berbagi informasi serta ilmu melalui berbagai aktivitas.

BMWCCI didirikan di Jakarta pada 24 Maret 2013 oleh 23 penggemar BMW klasik. BMWCCI berkembang cukup pesat, di mana saat ini telah memiliki puluhan dengan lebih deri 3.500 anggota aktif.

Sejarah singkat klub ini, pada mulanya BMWCCI diusulkan bernama BMW Club of Indonesia. Namun batal karena telah ada klub motor BMW yang memiliki nama sama.

Selanjutnya, disepakati menggunakan BMW Car Club Indonesia, yang juga sama dengan komunitas serupa di berbagai negara. Misalnya BMW Car Club Malaysia hingga BMW Car Club of America.

Pada 14 Desember 2006, BMWCCI resmi menjadi anggota International BMW Club Organization, dan setelah rapat tahunan mereka di Pretoria, Afrika Selatan, BMWCCI tergabung dalam International Council of BMW Clubs pada Oktober 2006.

Baca juga  Civic FD Society, Komunitas Pemilik Mobil Batman

Visi dari BMWCCI adalah menjadikan BMWCCI sebagai klub yang memiliki nilai tambah bagi para anggota-nya, mengembalikan marwah BMWCCI sebagai sebuah klub bukan sekadar klub otomotif, serta menjadikan BMWCCI sebagai klub mobil BMW yang solid dan dikenal di tingkat lokal.

Untuk kamu yang penasaran dengan komunitas ini kontak aja langsung mereka di sosial media Instagram @bmwcciofficial.

2. BMW M Owners Club Indonesia (MOCI)

Komunitas Mobil BMW di Idonesia

M Owners Club Indonesia atau MOCI, khusus pecinta mobil BMW berperforma tinggi

Komunitas mobil BMW di Indonesia yang berikutnya adalah BMW M Owners Club Indonesia alias MOCI. Klub pengguna BMW M series ini merupakan memiliki kesamaan hoby di antara membernya, yakni balap.

Member-member MOCI juga tidak kalah solid. Mereka tidak segan untuk terlibat dengan acara klub mobil lainnya.

Saat ini member MOCI sudha berkisar puluhan hingga ratusan. Dan kerap mengikuti kopdar sebagai acara komunitas yang rutin diadakan setiap bulan.

MOCI juga memiliki berbagai acara, salah satunya dalam segmen motorsport yang terbagi menjadi Sentul Track Day dan drifting di Kemayoran.

Sebagai komunitas yang aktif di kegiatan motorsport, MOCI tidak jarang mengadakan acara bersama di luar negeri. Misal melakukan kegiatan ice drivimg di Swedia, main Gokart di Bangkok dan sebagainya.

Baca juga  Mobil Listrik BMW Siap Hadir di GIIAS 2022, Hyundai Waspadalah!

Untuk kamu yang penasaran dengan kegiatan rutin MOCI dilahkan intip sosial medianya di Instagram @m_onwersclubid. Saat ini MOCI masih berpusat di Jakarta, dan konon mereka sangat selektif dalam menerima para angota. Gimana, kamu tertantang ?

3. E36 Indonesia (E36ID)

Komunitas Mobil BMW di Idonesia

E36 Indonesia (E36ID)

Komunitas mobil BMW di Indonesia selanjutnya adalah BMW E36 Indonesia (E36ID). Klub ini lahir pada 1 Agustus 2015 lalu.

Sebagai komunitas yang beranggotakan banyak latar belakang, E36ID terbilang unik. Tidak jarang mereka mengajak keluarga untuk melakukan kegiatan bersama. Mereka juga solid dan sering melakukan kegiatan aksi sosial yang berkaitan dengan aksi kemanusiaan.

Klub ini juga dikenal dekat dengan klub-klub BMW lainnya seperti BMWCCI Jakarta Chapter, E46 Indonesia, BUCKS, BOSS, BBC Bintaro, 5ers, E46 Bimmer, East Bimmer, IDCC, dan E36ers.

terkait bengkel-bengkel rujukan spesials, stok mereka juga berlimpah. Sebut saja Gubuk Tuneup, New S Motor, dan RMS. Bagi yang penasaran dengan mereka kepoin saja Instagramnya di @e36_indonesia_e36id

4. E46 Indonesia

Komunitas Mobil BMW di Idonesia

Komunitas BMW E46

Nah bagi kamu pengguna BMW 318i E46 wajib juga nih kenalan sama mereka, E46 Indonesia. Mereka sudah tersebar di berbagai kota termasuk Jakarta.

BMW E46 sendiri merupakan mobil yang diproduksi periode tahun 1997 – 2006. Sedan ini merupakan penerus dari BMW 3 Series E36. 

Tak jauh beda dengan komunitas otomotif lainnya, kumpulan pecinta BMW E46 chapter Jakarta ini memiliki visi dan misi di antaranya menjalin silaturahmi sesama penggila mobil berbentuk eksotik dan tidak termakan zaman ini.

Baca juga  Sejarah BMW Seri 3, Sedan Eropa Legendaris

Dibentuk dengan tujuan menyatukan hobi dan menghimpun para pengguna BMW E46 Indonesia. Salah satunya diskusi merawat mobil E46 dengan baik.

Komunitas ini tidak hanya suka kopdar, melainkan menjalankan kegiatan bakti sosial. Terutama utuk hal-hal yang berhubungan dengan bencana alam.

Sebagai komunitas yang memiliki tanggung jawab sosial, mereka juga selalu memgingatkan membernya untuk saling tertib berlalu lintas. Dari pada penasaran kepoin aja langsung IG mereka di @e46indonesia

5. Brotherhood Of Seven Series (BOSS)

Komunitas Mobil BMW di Idonesia

Komunitas BOSS merupakan wadah untuk para pemilik BMW Seri 7

Nah komunitas ini juga menarik, positif dan wajib dikuti. Adalah komunitas Brotherhood Of Seven Series (BOSS), yang juga sering mengadakan kegitatan family gathering.

Komunitas BOSS merupakan pengguna BMW Seri 7 yang terbentuk di tahun 2013. Meskipun mobil-mobil ini mampu berlari kencang karena mesin besarnya, namun mereka tetap mengutamakan safety driving.

Para pecinta Seri-7 ini juga sering melakukan kegiatan aksi sosial. Selain itu komunitas yang terbentuk di tanggal 7 Juli ini sudah memiliki ratusan angota yang tersebar di wilayah Jabodetabek, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Bali, dan Palembang.

Penasaran dengan BOSS ? Ini laman Instagramnya https://www.instagram.com/boss7series/.

Demikian ulasan terkait komunitas mobil BMW di Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika