by

Menakar Konsumsi BBM CR-V, Benarkah Boros?

Bagi kalian yang ingin membeli sebuah Honda CR-V terbaru. Salah satu pertanyaan besarnya tentu tak lepas dari konsumsi BBM CR-V. Banyak yang mengklaim efisien dan ada juga sebagian orang menganggap konsumsi bahan bakarnya boros.

Bicara mengenai konsumsi BBM CR-V sejatinya tak bisa menakarnya secara tepat. Tergantung pada cara mengemudi dan juga bahan bakar yang digunakan.

Nah, buat kalian yang penasaran mengenai konsumsi BBM CR-V. Sebaiknya membahas ulasan lengkapnya berikut ini, karena ada beberapa faktor yang mempengaruhi efisien atau tidaknya BBM pada SUV andalan Honda itu.

Perlu diketahui bahwa efisien atau tidaknya sebuah mobil tak melulu disebabkan oleh mobil. Seperti dijelaskan sebelumnya, bisa karena cara mengemudi, BBM yang digunakan, dan bisa jadi karena lalay melakukan perawatan alias servis.

Mobil yang rutin mendapatkan perawatan, tentu akan memiliki performa mesin yang lebih baik. Ketimbang mobil yang jarang atau bahkan tak pernah dirawat.

Faktor yang Mempengaruhi BBM Boros

Konsumsi BBM CR-V
Faktor yang mempengaruhi konsumsi BBM CR-V

Sebelum lebih jauh membahas mengenai konsumsi BBM CR-V. Sebaiknya pemilik kalian juga mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan kendaraan lebih boros pemakaian bahan bakarnya.

Baca juga  Konsep Modifikasi MG ZS, Simpel dan Juga Sporty

Paling mempengaruhi irit atau tidaknya konsumsi BBM sebuah mobil bisa disebabkan oleh telat mengganti oli. Apalagi mobil yang kalian gunakan untuk pemakaian harian.

Sebaiknya lakukan penggantian oli pada rentang waktu 5.000 kilometer. Sementara untuk mobil yang jarang digunakan sebaiknya lakukan penggantian oli setiap 7.000 kilometer.

Pasalnya mobil yang digunakan untuk menunjang mobilitas harian. Intensitas kekentalan oli lambat laun akan semakin menurun kualitasnya. Alhasil mesin lama-kelamaan akan menjadi kurang maksimal, karena oli yang menurun kualitasnya.

Tak hanya oli, faktor lain yang menyebabkan konsumsi BBM mobil boros juga bisa disebabkan oli busi. Waktu penggantian busi yang ideal adalah 10 ribu – 20 ribu kilometer.

Jika busi tidak pernah diganti, tenaga mesin bisa berkurang dan BBM jadi lebih boros. Gunakanlah busi yang memang sesuai anjuran pabrikan. Karena jika menggunakan busi yang salah bisa membuat BBM lebih boros.

Faktor terakhir yang mempengaruhi konsumsi BBM irit maupun boros, disebabkan oleh penggunaan bahan bakar yang tidak tepat. Untuk diketahui, mesin kendaraan terbaru membutuhkan bahan bakar dengan oktan yang tinggi.

Baca juga  7 Kelebihan MG ZS Indonesia, SUV Tiongkok Rp250 Jutaan!

Tujuannya tentu agar menjaga performa mesin tetap terjaga. Namun sangat disayangkan, para pengguna kendaraan bermotor kerap mengabaikan hal ini.

Sebagai contoh, untuk Honda CR-V Turbo yang membutuhkan bahan bakar dengak oktan minimal 95. Lalu oleh sang pemilik diisi dengan oktan 90 atau 89. Hal ini jelas membuat pembakaran akan menjadi tidak maksimal.

Dampak terburuknya, mengakibatkan tarikan mobil akan menjadi lebih berat. Tak sampai di situ saja, dampaknya juga membuat konsumsi BBM lebih boros.

Inilah yang terkadang tak disadari oleh para pemilik mobil. Pertimbangannya lebih kepada harga jual bahan bakar, namun tidak memikirkan kebutuhan mesin yang harus tepat.

Konsumsi BBM CR-V Turbo, Irit atau Boros?

Honda CR-V Turbo
Honda CR-V Turbo

Masuk ke pembahasan terakhir, mengenai konsumsi BBM CR-V Turbo yang merupakan generasi kelima. Sejatinya konsumsi BBM tidak terlalu boros, namun performa mesin yang ditawarkan patut diacungi jempol.

Mengacu dari berbagai sumber, konsumsi BBM CR-V untuk penggunaan luar kota mampu menembus 9,8 km/liter. Torehan itu diraih ketika dipacu dalam kecepatan rata-rata 80-100 km/jam.

Baca juga  Hyundai AX1, Calon Rival Rocky dan Raize

Angka itu cenderung masih terbilang hemat, dan penambahan turbo setidaknya mampu mendongkrak performa mesin jadi maksimal.

Sementara untuk konsumsi BBM Honda CR-V generasi ketiga, konsumsi BBM rata-rata berada di 7 hingga 10 km/liter. Hasil itu dilakukan ketika proses pengujian di dalam kota, dengan jalan kombinasi antara jalan macet dan lancar.

Ketika dipacu dalam kecepatan konstan di 80 km/jam, konsumsi BBM yang dihasilkan ternyata lebih irit. Dengan torehan sebesar 16 hingga 18 km/liter dengan jarak tempuh sejauh 100 kilometer.

Pencapaian itu harus dilakukan dengan cara gas yang berada di rentang 2.000 hingga 2.800 rpm. Sejatinya konsumsi BBM CR-V tidak terlalu boros, asalkan cara mengemudi kalian benar.

Gimana sekarang sudah tahukan konsumsi BBM CR-V? Semoga informasi ini dapat bermanfaat, khususnya bagi kalian yang ingin beli Honda CR-V.

Baca juga:

Terbaru