oleh

Ini Hasil Uji Konsumsi BBM Honda BR-V Terbaru

Konsumsi BBM Honda BR-V terbaru seberapa irit? Akhirnya kami bisa melakukan pengujian langsung saat melakukan test drive dari Jakarta ke Ungaran, Jawa Tengah pada Selasa (11/01/2022).

Uji irit BBM LSUV pabrikan berlogo H tersebut dilakukan dengan melewati perjalanan sejauh 470,3 Km dengan durasi 7 jam 25 menit (sudah termasuk istirahat di rest area). Melewati berbagai medan, dari mulai jalan bebas hambatan atau tol hingga kepadatan perkotaan.

Kemudian, kami juga mengendarai BR-V generasi kedua ini secara wajar. Ada kalanya memainkan pedal gas dengan santai, tapi juga beberapa kali gas pol lantaran jalan kosong.

Dari hasil pengujian tersebut, kami memperoleh konsumsi BBM Honda BR-V terbaru sekitar 15,5 Km/liter. Ini merupakan catatan yang cukup irit untuk sebuah mobil berkubikasi 1.500 cc.

Hanya saja yang perlu diingat, perjalanan yang kami lakukan adalah lintas kota. Lalu kebanyakan memang didominasi jalan lengang. Kecepatan rata-ratanya saja tembus 63 Km/jam.

Tentu hasilnya akan berbeda kalau dilakukan di dalam kota dengan dominasi kemacetan jalan. Kemungkinan besar di lalu lintas padat, konsumsi BBM Honda BR-V terbaru bisa kurang dari itu.

Baca juga  3 Kelebihan Kia Sonet yang Patut Dipertimbangkan

Performa Mesin Honda BR-V Mantap

konsumsi bbm honda br-v terbaru 001
Konsumsi bbm honda br-v terbaru untuk luar kota tembus

Salah satu yang membuat konsumsi BBM Honda BR-V cukup irit saat diajak berkendara ke luar kota adalah kehadiran fitur adaptive cruise control (ACC). Teknologi ini memungkinkan mobil melaju stabil di jalan bebas hambatan. Alhasil kerja mesin jadi lebih ringan, sehingga efisiensi bensin bisa tercapai.

Kemudian kalau kamu mau bikin lebih irit lagi, bisa ikuti petunjuk eco indicator yang ada di panel instrumen BR-V. Buatlah selama mungkin indikator tersebut menyala warna hijau, pasti BBM semakin hemat. Walau demikian, konsekuensinya rasa berkendara jadi kurang menyenangkan karena mobil akan melaju tidak agresif.

Pasalnya di atas kertas, mesin LSUV Honda ini sangatlah bertenaga. Jantung mekanis 1.500 cc berteknologi DOHC i-VTEC tersebut mampu melontarkan torsi puncak 145 Nm pada 4.300 rpm dan tenaga maksimal 121 PS pada 6.600 rpm. Kombinasinya adalah transmisi CVT.

Buat informasi tambahan, mesin BR-V generasi kedua sama dengan kepunyaan Honda City Hatchback dan City Sedan generasi kelima.

Baca juga  5 Mobil Terlaris Honda di Awal Tahun 2020

Saat sesi test drive, kami coba gas pol. Alhasil akselerasinya cukup oke, terutama ketika putaran mesin sudah sesuai. Performanya akan optimal jika ada di 3.000 rpm dan tidak sulit mendapat angka 100 Km/jam.

Kalau kamu memang ingin menikmati performa terbaik dari BR-V terbaru, ada baiknya pindahkan dulu tuas transmisi ke posisi S atau Sport. Dengan demikian, otomatis putaran mesin akan panteng di angka 3.000 rpm tersebut. Jadi tinggal gas sedikit saja, mobil langsung melaju cepat.

Performa mantap BR-V generasi kedua, ditunjak pula dengan bantingan suspensi yang berkualitas. Alhasil saat mobil melaju cepat, kestabilannya masih terjaga. Manuver pada kecepatan tinggi juga sangat menyenangkan, rasa limbung sangat minimal.

Itulah tadi bahasan lengkap soal konsumsi BBM Honda BR-V terbaru dan performa mesinnya. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru