Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Konsumsi BBM Hyundai Creta, Seirit Apa?

by Baghendra Lodra
konsumsi bbm hyundai creta 001

Dalam test drive kali ini, kami menguji konsumsi BBM Hyundai Creta. Apakah SUV ringkas milik pabrikan H miring ini cukup irit?

Pengujian dilakukan di Bali selama dua hari. Di hari pertama, perjalanan menyusuri daerah selatan Pulau Dewata. Dimulai dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, kami menuju Uluwatu. Kemudian ke Pantai Pandawa, Cattamaran Beach Club, hingga berakhir di Ritz Carlton Hotel.

Kondisi jalan di dominasi padatnya arus lalu lintas. Alhasil laju mobil lebih banyak stop & go sepanjang perjalanan 111,1 Km.

Dari hasil pengujian hari pertama, konsumsi BBM Hyundai Creta bisa mencapai 9,17 Km/liter. Catatan yang tidak terlalu baik untuk SUV ringkas 1.500 cc.

Hari kedua, kami berangkat dari Ritz Carlton di Nusa Dua dataran tinggi Kintamani. Lalu kembali ke Bandara I Gusti Ngurah Rai. Kondisi lintas lebih lengang dengan total perjalanan 171,9 Km.

Alhasil mobil bisa melaju agak cepat, namun tetap santai. Otomatis konsumsi BBM Hyundai Creta hari kedua di Bali juga jadi lebih irit. Kami mendapat angka 12,98 Km/liter.

Baca juga  Pesanan Hyundai Ioniq 6 Membludak, Produksi 2023!

Cara Menghemat Bensin Hyundai Creta

konsumsi bbm hyundai creta 002

Creta punya mode berkendara eco yang bisa dipilih untuk mengehmat konsumsi BBM

Meski kami sudah memperoleh catatan konsumsi BBM Hyundai Creta, namun itu hanya rata-rata. Keiritan sebuah mobil sungguh bergantung banyak hal. Utamanya kondisi jalan dan cara berkendara.

Jika kamu ingin SUV pabrikan H miring lebih hemat lagi, tidak sulit. Bisa dengan mengaktifkan mode berkendara eco, caranya cukup putar kenop yang ada di konsol tengah Creta.

Bila sudah aktif, mode eco langsung berusaha menahan putaran mesin agar tidak terlalu tinggi. Kurang lebih diatur di bawah 2.000 rpm. Alhasil mobil jadi melaju santun dan pastinya lebih hemat BBM.

Hanya saja kekurangan dari mode eco, pedal gas terasa kurang responsif. Dengan demikian pastinya mengurangi kesenangan berkendara.

Sebaliknya, kalau kamu mau memaksimalkan performa dari Hyundai Creta, bisa pasang mode sport. Di mode ini, mesin 1.500 cc dengan torsi puncak 143,8 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 155 PS pada 6.300 rpm bisa terasa dengan baik.

Baca juga  Spesifikasi Mobil Listrik Hyundai Ioniq 5, Futuristik Retro

Hal tersebut dikarenakan putaran mesin dipertahankan di 3.000 rpm atau angka optimal. Efeknya ketika pedal gas diinjak sedikit, akselerasi mobil lebih spontan.

Lebih istimewa lagi, Creta punya fitur paddle shift di lingkar kemudi. Jadi, meski mobil pakai transmisi CVT, pengemudi tetap bisa merasakan sensasi layaknya melakukan perpindahan secara manual ala mobil sport.

Walau demikian, terlalu sering mengaktifkan mode sport di perjalanan juga bisa berakibat bensin Creta jadi boros. Semua itu memang ada konsekuensinya.

Itulah bahasan soal konsumsi BBM Hyundai Creta hasil uji irit yang kami lakukan di Bali. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika