Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Konsumsi BBM SUV Chery Tiggo 7 Pro dan 8 Pro, Turbo Irit?

by Baghendra Lodra
konsumsi BBM SUV Chery Tiggo 8 Pro

Umumnya mobil Cina memang belum bisa seirit merek Jepang, lalu bagaimana dengan konsumsi BBM SUV Chery Tiggo 7 Pro dan 8 Pro? Dua SUV yang sudah dibuat lokal di Indonesia ini diklaim bisa menghemat bensin dengan baik.

Informasi tersebut, kami dapatkan dari rilis resmi Chery Indonesia. Menurut mereka, konsumsi BBM SUV Chery bisa hemat, lantaran punya beragam teknologi yang mendukung mulai dari transmisi, mesin, hingga fitur-fiturnya.

Hemat BBM merupakan salah satu hal penting untuk mobil-mobil perkotaan di Tanah Air. Terlebih, saat ini harga bensin sedang melambung tinggi. Apakah Chery Tiggo 7 Pro dan 8 Pro bisa menjawab kebutuhan mobil dengan BBM irit? Berikut bahasan lengkapnya.

SUV Chery Tiggo 7 Pro Bisa Menghemat BBM Hingga 14,2 Km/liter 

Konsumsi BBM SUV Chery Tiggo 7 Pro

Tiggo 7 Pro merupakan SUV 5-seater dengan mesin 1.500 cc turbo

Sebut saja di Tiggo 7 Pro, Chery mengatakan mobil ini pakai transmisi CVT25. Ini merupakan teknologi terbaru yang memiliki steel belt anyar dan rentang rasio berbeda dibanding CVT19 model lama. Efeknya disebut mampu membuat bahan bakar lebih hemat hingga 7 persen, begitu juga dengan akselerasi yang naik 14 persen.

Kemudian untuk mesinnya, Chery Tiggo 7 Pro menggunakan kubikasi kecil hanya 1.500 cc tapi pakai Turbo. Di atas kertas, jantung mekanis ini bisa menghasilkan tenaga 155 hp dan torsi puncak 230 Nm yang mengalir ke roda depan (FWD).

Ada pula fitur idle stop yang bisa menonaktifkan mesin secara otomatis saat kendaraan berhenti sejenak, misal di kemacetan atau lampu merah. Dengan demikian, BBM tidak akan terbuang sia-sia. Efeknya penggunaan BBM jadi semakin hemat.

Lalu bagaimana dengan konsumsi BBM Chery Tiggo 7 Pro? Klaimnya SUV 5-seater ini bisa mengirit hingga 14,2 km/liter. Menariknya, angka tersebut mirip dengan hasil pengujian kami. Di mana Tiggo 7 Pro bisa memperoleh catatan 14,1 km/liter, tapi untuk penggunaan di jalan tol.

Walau begitu, ketika dipakai di dalam kota dengan lalu lintas yang lebih padat, maka hasilnya lebih boros. Chery Tiggo 7 Pro cuma bisa menghemat 11 km/liter di dalam kota.

Chery Tiggo 8 Pro Lebih Boros Dibanding Tiggo 7 Pro

konsumsi bbm SUV chery tiggo 8 pro

Tiggo 8 Pro adalah SUV 7-seater dengan mesin 2.000 cc turbo

Bahasan selanjutnya soal konsumsi BBM SUV Chery Tiggo 8 Pro. Mobil ini bisa mengirit berapa banyak? Wajar kalau lebih boros dibanding Tiggo 7 Pro, karena bodinya lebih bongsor dengan kapasitas penumpang hingga 7-orang. Ditambah lagi, kapasitas mesinnya memang lebih besar.

Sebagai informasi Tiggo 8 Pro pakai mesin 2.000 cc Turbo yang bisa mengeluarkan torsi 380 Nm dan tenaga 250 hp untuk disalurkan ke roda depan. Mesin tersebut didukung Dual Variable Valve Timing systems yang diklaim sanggup meningkatkan efektifitas bahan bakar di kecepatan rendah dan sangat bertenaga di kecepatan tinggi. SUV ini juga punya fitur idle stop seperti milik sang adik untuk membuat mesin lebih irit bensin.

“Sesuai hasil uji pada proses homologasi, Tiggo 8 Pro memiliki tingkat konsumsi bahan bakar minyak sampai 13 km/liter berdasarkan konsumsi rata-rata dengan kecepatan konstan,” seperti dikutip dalam rilis resmi Chery Indonesia.

Walau lebih boros dari Tiggo 7 Pro, tapi Catatan konsumsi BBM SUV Chery Tiggo 8 Pro sesungguhnya cukup oke untuk mesin 2.000 cc turbo. Di sisi lain dengan mesin besar, performanya juga istimewa.

Chery memberi SUV 7-seater miliknya ini mesin generasi ketiga yang dirancang dengan konsep Scramjet Aero Class Engine yang ringan namun tetap bertenaga. Dengan adanya teknologi 350 Bar High Pressure Direct Injection, pembakaran semakin sempurna sebagai hasil dari efisiensi thermal yang terjadi.

Hasilnya, mesin Chery Tiggo 8 Pro dapat memberikan tenaga instan dalam waktu yang cepat. Di atas kertas diklaim sanggup berakselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 7,3 detik.

“Klaim Chery mengenai keunggulan teknologi yang disematkan ke dalam semua produknya telah diperhitungkan secara rinci dan menyeluruh, termasuk untuk mendukung efisiensi konsumsi bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan kelas SUV premium,” kata President Director PT Chery Sales Indonesia, Shawn Xu.

Itulah tadi bahasan soal konsumsi BBM SUV Chery Tiggo 7 Pro dan 8 Pro. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Chery Tiggo 8 Pro, Fortuner Kalah Mewah!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika