by

Menakar Konsumsi BBM Suzuki Ertiga, Benarkah Irit?

Mau beli All New Suzuki Ertiga? Sebaiknya kalian tahu lebih dalam mengenai kelebihan dan juga konsumsi BBM Suzuki Ertiga secara lengkap, Sob! Mengingat low multi purpose vehicle (LMPV) ini mengusung mesin baru.

Pada model sebelumnya, Suzuki Ertiga dibekali dengan mesin berkode K14B berkubikasi 1.4 liter. Sementara untuk Ertiga terbaru sudah dibekali dengan mesin K15B berkapasitas 1.5 liter.

Tentunya dari urusan performa, Suzuki Ertiga terbaru lebih baik dibanding model terdahulu. Hal ini lantaran kubikasinya naik. Namun bagaimana dengan konsumsi BBM Suzuki Ertiga? Ternyata mesin terbaru tersebut tak kalah efisien dibanding dengan model sebelumnya.

Menurut catatan Moladin yang sempat menguji rival kuat Avanza-Xenia Cs, konsumsi BBM Suzuki Ertiga cenderung irit. Kami sudah buktikan, baik untuk penggunaan di jalur perkotaan maupun di jalan bebas hambatan.

Seperti diketahui syarat utama bagi sebuah mobil keluarga 7-penumpang di Indonesia, tentunya wajib memiliki konsumsi bahan bakar yang efisien. Hal itulah yang juga ditawarkan oleh Suzuki Ertiga sebagai mobil segmen low multi purpose vehicle (LMPV). Kelebihan lain, kabinnya lapang, dan memiliki harga yang terjangkau.

Desain Suzuki Ertiga pun modern dan sportif. Terlebih pada varian Suzuki Ertiga Suzuki Sport yang kami uji beberapa waktu lalu. Untuk urusan fitur, mobil ini dirasa sudah mampu mengakomodir kebutuhan.

Nah, tanpa berpanjang lebar Moladin akan mengupas secara lengkap mengenai mesin dan juga konsumsi BBM Suzuki Ertiga secara lengkap, Sob! Penasaran ingin tahu seperti apa? Berikut ulasan lengkapnya:

Hasil Tes Konsumsi BBM Suzuki Ertiga

Konsumsi BBM Suzuki Ertiga
Konsumsi BBM Suzuki Ertiga berhasil menembus 24,7 kpl

Sebelum lebih jauh membahas mengenai konsumsi BBM Suzuki Ertiga. Alangkah baiknya jika kita juga mengupas secara lebih dalam mengenai jantung mekanis yang tersemat pada mobil keluarga yang satu ini.

Suzuki Ertiga terbaru dibekali dengan mesin K15B berkapasitas 1.500 cc. Mesin itu mampu menghasilkan tenaga sebesar 104,7 PS dengan torsi puncak sebesar 138 Nm.

Baca juga  7 Pabrikan Akan Produksi Mobil Listrik di Indonesia

Tenaga yang dihasilkan mengalir ke penggerak roda depan melalui transmisi 5-percepatan manual atau otomatis konvensional 4-percepatan. Kebetulan unit yang kami uji merupakan varian bertransmisi matik. Perpindahan gigi otomatis terasa lembut, dan tanpa hambatan.

Berdasarkan catatan Moladin, konsumsi BBM Suzuki Ertiga ternyata cukup efisien. Untuk penggunaan di jalur kombinasi perkotaan, menghasilkan konsumsi BBM 17 km/liter.

Tentunya catatan itu cukup efisien, mengingat kondisi di jalan kala kami melakukan pengujian di dominasi dengan lalu lintas yang cukup padat. Proses uji konsumsi BBM Suzuki Ertiga tersebut mengambil rute Pulo Gadung, Cempaka Putih, Senen, Menteng, Kuningan, hingga ke Jatiwarna Bekasi.

Jarak tempuh yang kami catat sekitar 68 kilometer. Hasil tersebut terungkap pada layar MID (Multi Information Display) di panel dasbor Suzuki Ertiga.

Catatan lain dari hasil pengujian Moladin terhadap konsumsi BBM Suzuki Ertiga Suzuki Sport. Di jalur bebas hambatan, konsumsi bahan bakarnya ternyata irit banget, Sob!

Pada jalur bebas hambatan, di hari berikutnya kami melakukan pengujian. Berhasil mencatatkan konsumsi BBM sebesar 24,7 km/liter.

Pengujian ini dilakukan melalui perjalanan Jatiwarna-Ciawi-Jatiwarna sekitar 53 kilometer. Dengan kecepatan konstan di 80 kpj.

Selain didukung dengan konsumsi bahan bakar yang efisien. Tenaga yang dihasilkan mobil ini pun ternyata cukup mumpuni mengakomodir kebutuhan. Respon mesin terasa sejak pertama kali pedal gas diinjak, perpindahan transmisi matik terasa lembut.

Bila konsumsi BBM varian matik sudah berhasil menorehkan angka konsumsi BBM efisien. Tentunya untuk konsumsi BBM Suzuki Ertiga dengan transmisi manual kemungkinan lebih irit.

Namun kembali lagi tergantung dari cara berkendara, dan juga jenis bahan bakar yang digunakan. Ketika melakukan pengujian konsumsi BBM Suzuki Ertiga, kami menggunakan BBM Pertamax dengan RON 92.

Didukung Handling yang Mumpuni

konsumsi bbm suzuki ertiga
Selain konsumsi BBM Suzuki Ertiga efisien, performa dan handling sangat baik

Poin penting yang kami dapat ketika menguji konsumsi BBM Suzuki Ertiga. Mobil ini tidak hanya sebatas efisien, namun juga menawarkan pengendalian yang sangat baik, serta sistem kemudi yang ringan.

Baca juga  3 Kelebihan Toyota Fortuner Facelift 2020

Lingkar kemudi dirasa mampu mengkonversi sudut putar dengan baik pada penggerak roda depan. Handling pun didukung dengan suspensi yang akomodatif.

Mobil ini cenderung asyik diajak meliuk-liuk, bahkan ketika menghadapi jalan beda tinggi. Penggunaan suspensi macpherson strut di bagian depan dan torsion beam pada bagian belakang di rasa tepat.

Ketika harus berhadapan dengan jalan berlubang, bergelombang, redamannya tidak mengganggu kenyamanan kabin. Ketika proses pengujian, kabin hanya diisi oleh tujuh orang penumpang di dalam kabin.

Pesaing Mitsubishi Xpander ini juga menawarkan kenyamanan maksimal bagi pengemudi dan penumpang. Daya redam di dalam kabin masih cenderung baik, tidak ada suara bising yang masuk ke dalam kabin.

Tak hanya konsumsi BBM Suzuki Ertiga yang efisien, namun mobil ini juga menawarkan sejumlah keunggulan yang ditawarkan untuk konsumen. Bagi kalian yang tertarik memiliki mobil ini, tentunya wajib mengetahui sejumlah keunggulan yang ditawarkan.

Bedah Keunggulan Suzuki Ertiga Suzuki Sport

Kelebihan Suzuki Ertiga Suzuki Sport
Mengenal keunggulan Suzuki Ertiga Suzuki Sport

Tak sebatas efisien dalam konsumsi BBM, Suzuki Ertiga Suzuki Sport juga menawarkan sejumlah keunggulan. Salah satu yang cukup menarik terletak pada sisi tampilannya.

Penggunaan nama Suzuk Sport itu sangat mempengaruhi desain eksterior pada varian termahal dari Suzuki Ertiga itu. Eksterior terlihat sudah dilengkapi dengan bodikit di sekujur tubuh.

Sesuai nama, Suzuki ingin membuat LMPV andalan mereka terlihat lebih sporty. Di depan, add on spoiler memberikan karakter atletis.

Mobil ini juga didukung dengan fog lamp dengan bingkai DRL sebagai pembeda produk ini berada di kasta teratas. Kesan sportif kemudian diperkuat side skirt serta apron dan spoiler bagasi di belakang.

Sistem pencahayaan utama didukung headlamp LED untuk menunjang kesan modern semakin terasa, serta tersedia juga perangkat projector halogen di depan. Beralih kebelakang, mobil ini didukung lampu LED guide light hadir mendekorasi sampai ke samping kaca.

Baca juga  Suzuki Jimny 5 Pintu Meluncur 2022, Jadi Hybrid?

Interior Nyaman dan Mewah

Interior Suzuki Ertiga Suzuki Sport
Suzuki Ertiga Sport punya interior dengan desain mewah

Beralih ke interior, mobil ini menyuguhkan desain yang lebih berkualitas dibandingkan varian Ertiga lainnya. Nuansa elegan semakin terasa berkat hadirnya skema warna gelap dari dasbor hingga bangku.

Dalam menunjang kesan mewah, kabin dihiasi dengan ornamen kayu yang tersebar di seluruh kabin. Lingkar kemudi juga sudah dibalut dengan bahan kulit untuk menggugah pengemudi selama berkendara.

Dalam menunjang kenyamanan selama berkendara, mobil ini ditunjang head unit layar sentuh berukuran 8 inci. Perangkat hiburan itu sudah terintegrasi dengan control steering switch di setir.

Menariknya lagi, pengaturan suhu dapat diatur secara otomatis sesuai keinginan pengemudi. Selain itu, terdapat smart entry berikut tombol start/stop engine dalam memudahkan pengoperasian.

Sebagai pembeda dengan varian lainnya, Suzuki Ertiga Suzuki Sport sudah dilengkapi dengan kamera parkir belakang. Trim Suzuki Sport sudah mendapatkan set komplet untuk ditampilkan pada monitor tengah.

Jadi bukan hanya efisien dalam konsumsi BBM, Suzuki Ertiga Suzuki Sport juga sudah mengakomodir kebutuhan.

Fitur Sudah Cukup Lengkap

Suzuki Ertiga Suzuki Sport
Hadir sebagai varian termahal, Suzuki Ertiga Sport disematkan fitur lebih lengkap

Tak sebatas didukung irit dalam konsumsi BBM, Suzuki Ertiga Suzuki Sport juga ditunjang dengan beragam fitur modern, seperti Vehicle Stability Control (VSC). Fitur ini berperan penting bagi keselamatan pengemudi dan penumpang.

VSC berperan penting dalam membantu pengemudi ketika berkendara, mulai dari meminimalisir berbagai risiko selip seperti oversteer atau understeer yang dapat berujung celaka.

Peranti lainnya yang sudah tersemat pada Suzuki Ertiga antara lain Hill Hold Control yang membantu pengemudi ketika manuver dijalan yang menanjak. Ada juga sistem pengereman ABS + EBD, dual SRS Airbags.

Gimana sekarang sudah tahukan mengenai konsumsi BBM Suzuki Ertiga, beserta keunggulan yang ditawarkan? Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Terbaru