by

Mengukur Konsumsi BBM Wuling Confero, Benarkah Hemat?

Berapa sih konsumsi BBM Wuling Confero? Mungkin pertanyaan ini kerap terbesit dipikiran konsumen yang ingin membeli MPV asal Tiongkok yang diproduksi di Cikarang, Jawa Barat tersebut.

Seperti diketahui beragam line-up produk Wuling kini tersedia untuk pasar domestik, mulai dari Wuling Confero, Cortez, Almaz, hingga Formo yang bermain di segmen komersial.

Masing-masing produk punya konsumsi BBM yang tentunya berbeda-beda. Mengingat jantung mekanis yang ditawarkan juga tentunya tak sama.

Dari beragam produk yang kini tersedia untuk masyarakat, mungkin Wuling Confero jadi salah satu produk yang cukup digandrungi di pasar Indonesia. Mengingat mobil itu mengisi segmen low multi purpose vehicle (LMPV) yang punya market yang besar.

Syarat untuk dapat bersaing di segmen mobil keluarga, tentunya konsumsi BBM Wuling Confero sudah sepatutnya efisien. Mengingat alasan kebanyakan orang memilih mobil LMPV lantaran punya konsumsi BBM yang efisien dan mampu menampung banyak penumpang dan barang.

Pertanyaannya, lalu seperti apa sebenarnya konsumsi BBM Wuling Confero? Berikut ini ulasan lengkapnya, Sob!

Konsumsi BBM Wuling Confero Bisa Tembus 18 Kpl

konsumsi BBM Wuling Confero
Menakar konsumsi BBM Wuling Confero

Di atas kertas, mobil ini didukung mesin berkubikasi 1.500 cc, empat silinder, DOHC, dan DVVT. Untuk urusan konsumsi BBM Wuling Confero dikenal cukup efisien, lho.

Pun begitu, tenaga yang dihasilkan tak bisa dianggap enteng. Pasalnya Wuling Confero mampu menghasilkan tenaga puncak 107 daya kuda pada putaran 5.800 rpm, dengan torsi sebesar 142 Nm di 3.800-4.200 rpm.

Berdasarkan informasi pengguna, konsumsi BBM Wuling Confero masih cenderung efisien. Dengan catatan 12 Km/liter (Kpl) untuk penggunaan dalam kota seperti Jakarta.

Sementara untuk penggunaan luar kota bisa mencapai 14 hingga 15 Kpl. Tergantung kondisi jalan dan juga muatan tentunya. “Kalau penggunaan dalam kota biasanya 12 Kpl. Kalau untuk pemakaian luar kota kisaran 14-15 Kpl,” ujar Zainal Abidin salah seorang pengguna Wuling Confero.

Lebih lanjut Ia pun menegaskan, “Untuk urusan konsumsi BBM mungkin nggak bisa seirit kompetitor, karena pengaruh bobot. Material Wuling Confero juga jauh lebih bagus”.

Baca juga  Komunitas Wuling Rasakan Sensasi Almaz RS

Mengacu pada bobot, memang tentunya mempengaruhi kinerja mesin. Selain itu material bodi dengan kualitas yang baik, tentunya membuat bobot kendaraan jadi lebih berat. Wuling Confero punya bobot sebesar 1.295 kilogram.

Berbeda dengan Nasran, salah seorang pengguna Wuling Confero yang tergabung dalam komunitas Wuling Club Indonesia (WLCI) menjelaskan, konsumsi BBM Wuling Confero irit banget.

“Kemarin saya ke Dieng, lalu Kebumen PP. Dengan jarak tempuh total 925 km itu cuma 4 kali isi bensin full,” ujar Nasran kepada Moladin ketika dihubungi via gawai, Senin (24/8/2020).

Ia juga menambahkan bahwa bahan bakar yang digunakan selama perjalanan menggunakan BBM RON 88. “Ya full pakai premium selalu saya,” jelasnya.

“Kalau saya dari awal pakai premium dan rata-rata pakai di atas, 18 Kpl,” papar Nasran.

Catatan konsumsi BBM Wuling Confero tersebut masih cukup efisien untuk sekelas mobil keluarga. Hal ini dirasa masih mampu bersaing dengan kompetitor yang ada di Indonesia.

Teknik Menghemat Konsumsi BBM Mobil

berkendara mobil
Eco driving bisa membuat konsumsi BBM wuling confero semakin irit

Cara berkendara, ternyata sangat berpengaruh dengan konsumsi BBM Wuling Confero. Kalau kamu berkendara ugal-ugalan dan sering menekan pedal gas dalam, dapat dipastikan BBM bakal boros.

Oleh karena itu, terapkanlah teknik eco driving setiap berkendara. Teknik ini bukan berarti harus selalu lambat di jalan, tapi lebih ke melihat situasi. Jika jalanan kosong, kamu dapat injak gas dalam namun caranya jangan tiba-tiba. Kaki perlu mengurut secara perlahan pedal gas, sampai benar-benar tertekan sempurna.

Hal yang sama juga harus kamu lakukan ketika melakukan pengereman dengan Wuling Confero. Tidak boleh langsung injak tuas rem dalam-dalam, sebaiknya manfaatkan dulu pengereman mesin, kemudian tekan rem perlahan. Cara seperti ini dimaksudkan agar mobil tidak kehilangan momentum ketika akan melaju lagi.

Kemudian lakukan pula perpindahan gigi secara optimal, jangan tunggu mesin menggerung. Hal itu dimaksudkan supaya beban kerja mesin tidak terlalu berat dan ujung-ujungnya bisa mengurangi konsumsi BBM.

Selain konsumsi BBM Wuling Confero efisien, mobil ini juga punya sejumlah keunggulan yang ditawarkan untuk dapat memikat hati konsumen di Indonesia. Ingin tahu lebih dalam mengenai kelebihan Wuling Confero? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

Baca juga  Menakar Konsumsi BBM Suzuki Ertiga, Benarkah Irit?

Punya Kabin Lega dan Captain Seat

Interior jadi keunggulan Wuling Confero
Wuling Confero S menawarkan konfigurasi captain seat, serta konsumsi BBM yang efisien

Selain unggul dari sisi konsumsi BBM, kelebihan Wuling Confero juga tampak dari kabin yang lapang. Mobil ini punya dimensi panjang 4.530 mm, lebar 1.691 mm dan tinggi 1.730 (termasuk roof rail).

Dimensi yang lebih besar tersebut menghasilkan ruang kabin yang terbilang cukup lega, ketika berada di dalam kabin Wuling Confero. Untuk tim Moladin yang memiliki tinggi 168 cm, ketika berada di baris kedua, legroom dan headroom cukup baik.

Confero mampu menampung hingga 7-penumpang sekaligus, untuk tipe captain seat. Sementara tipe lainnya mampu menampung 8-penumpang.

Berbekal kabin yang luas tentunya membuat ruang gerak penumpang lebih leluasa. Ketika berada di dalam kabin terasa longgar dan tentunya mampu mendukung kenyamanan ketika di perjalanan.

Memiliki Interior yang Berkelas

Interior Wuling Confero S
Selain didukung konsumsi BBM Wuling Confero yang efisien, kabin nya pun mewah

Faktor penting yang menjadi daya tarik LMPV asal Tiongkok itu adalah punya kabin yang mewah. Selain turut dengan konsumsi BBM Wuling Confero yang efisien.

Jika dibandingkan dengan kompetitor di kelasnya, MPV ini bisa dikatakan cukup mewah. Terlebih penggunaan captain seat di baris kedua jadi nilai tambah.

Apalagi mobil sekelasnya belum ada yang menggunakan kursi model captain seat. Selain itu, penggunaan dasbor dengan warna gelap pun membuat mobil ini terasa cukup nyaman. Meski demikain, penggunaan material berbahan plastik untuk panel masih banyak.

Di bagian tengah dasbor dihiasi dengan sebuah jam kecil yang menunjang kesan mewah semakin terasa. Desain dasbor seperti ini, biasa kita temui di mobil-mobil mewah, pabrikan Eropa.

Pada lingkar kemudi juga dilengkapi audio steering switch, yang bisa digunakan untuk mengatur volume hiburan dari head unit. Dengan balutan krom di beberapa bagian, Wuling sepertinya memang benar-benar berusaha membuat mobil murah ini terlihat mewah.

Bagian kursi penumpang dan pengemudi, seluruhnya menggunakan bahan kulit sintetis. Dari segi kenyamanan memang sudah cukup memenuhi, terlebih lagi ruang yang diberikan untuk penumpang sangatlah luas. Belum lagi hampir setiap kursi memiliki arm rest dan juga seatbelt untuk keamanan.

Baca juga  5 Perbedaan Wuling Almaz Vs Almaz RS, Mending Mana?

Sistem hiburan Wuling Confero mengandalkan head unit layar sentuh berukuran 8 inci. Sistem audio pun cukup baik, untuk mobil sekelas Rp 100 jutaan.

Fitur Canggih dan Lengkap

Wuling Confero S ACT
Wuling Confero S ACT merupakan varian dengan transmisi semi otomatis

Bicara mengenai kelebihan, tentu kurang pas rasanya jika tidak membahas fitur-fitur modern yang tersemat didalamnya. Selain punya konsumsi BBM Wuling Confero yang hemat.

Sebut saja Tire Pressure Monitoring System, Anti-lock Braking System (ABS), rem belakang cakram, electronic brake force distribution (EBD), dan kamera parkir belakang.

Dalam menunjang keselamatan pengemudi dan penumpang di dalam kabin, mobil ini sudah dilengkapi dengan dual SRS airbag di depan, 4 sensor parkir belakang dan 2 sensor parkir di depan, ISOFIX, auto unlock collision serta auto door lock by speed.

Untuk sistem keamanannya, Wuling Confero S dilengkapi Immobilizer, smart key dan anti-theft system. Sistem kenyamanan, ada multi information display (MID), leveling headlamp, dan electric fuel tank opener.

Harga Terjangkau Mulai Rp 150 Juta

Perjalanan Wuling Confero S ACT Indonesia
Wuling Confero dibekali fitur-fitur keselamatan dan keamanan modern

Sisi harga tentunya menentukan mobil ini mampu diserap pasar dengan baik atau tidak. Berbekal banderol terjangkau, mungkin menjadi salah satu faktor penting mengapa Confero cukup diminati di Indonesia.

Wuling seri Confero ditawarkan dengan banderol mulai dari Rp150,8 juta hingga Rp197,5 juta. Adapun mobil ini ditawarkan dalam empat varian yakni Wuling Confero 1.5 Double Blower, Wuling Confero S 1.5C Lux MT, Wuling Confero S 1.5L Lux+ MT, Wuling Confero S 1.5L ACT Lux+ MT.

Harga yang terjangkau, tentunya menjadi salah satu alasan banyak konsumen akhirnya memutuskan membeli mobil. Karena dari sisi fitur dan juga kenyamanan, Wuling Confero tak jauh berbeda dengan kompetitornya.

Sekarang sudah tahukan informasi mengenai konsumsi BBM Wuling Confero, beserta dengan keunggulan yang ditawarkan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat buat kalian.

Baca juga:

Terbaru