Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Korlantas Polri Gelar Sertifikasi Mengemudi Khusus Trainer!

by Tigor Sihombing
Korlantas Polri gelar sertifikasi mengemudi

Korlantas Polri gelar sertifikasi mengemudi khusus trainer di seluruh Indonesia pada 6-8 Juni 2023 lalu. Event bertajuk Training of Trainer (TOT) bertujuan menjaring instruktur andal yang bisa membantu kepolisian dalam menciptakan keamanan dan kenyamanan berkendara di masyarakat.

Brigadir Jenderal Polisi Drs. Ery Nursatary, M.H., Direktur Keamanan dan Keselamatan Korlantas Polri, menyampaikan kegembiraannya atas kehadiran wadah ini yang membantu polisi dalam rangka menurunkan angka kecelakaan & pelanggaran Lalu Lintas. Menurutnya TOT ini penting untuk memberikan pengetahuan dan kompetensi bagi peserta serta manfaat bagi sekolah mengemudi di daerah.

“Kami berharap TOT dapat menciptakan Instruktur-instruktur yang profesional dan memiliki kompetensi sehingga dapat menghasilkan peserta didik yang memiliki tanggung jawab, pengetahuan dan etika berlalu lintas yang baik melalui sekolah mengemudi yang diikuti oleh para instruktur diklat mengemudi di seluruh Indonesia,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima hari ini 9 Juni 2023.

Ajang ini juga menjadi supaya trainer mengemudi untuk segera mensertifikasikan kompetensi profesinya. Sebagai pendukung nantinya  Korlantas Polri akan mengirimkan Trainer & Assessor terbaiknya untuk mendukung kegiatan tersebut.

“Persyaratan untuk mengikuti pelatihan ini mencakup memiliki sekolah mengemudi dengan izin usaha dan instruktur yang terus meningkatkan kemampuannya. Para instruktur diharapkan tidak hanya menguasai teknik mengemudi, tetapi juga memahami etika dan hukum berlalu lintas serta mengutamakan keselamatan pengguna jalan lain” ujar Brigjen Pol Ery.

Polri Tertibkan Sekolah Mengemudi yang Belum Berizin

Korlantas Polri gelar sertifikasi mengemudi

Ilustrasi sekolah mengemudi

Sementara itu, Kombes POL. Mohammad Tora,.S.H., S.I.K., Kasubdit Standar Cegah dan Tindak Ditkamsel Korlantas Polri, menjelaskan bahwa Polri bertanggung jawab dalam keselamatan pengguna jalan. Polri berkomitmen untuk menertibkan, mengembangkan, dan melaksanakan standarisasi pendidikan dan pelatihan mengemudi.

“Kolaborasi dengan BNSP dilakukan untuk standarisasi kompetensi instruktur diklat mengemudi. Polri berharap agar pelatihan mengemudi di Indonesia menjadi profesional dan kompeten. Persiapan program sudah dirancang sejak tahun 2019. Polri telah melakukan edukasi, sosialisasi, dan pembinaan sebelum memulai program ini. Kami berencana mengadakan lomba dan kegiatan lainnya, serta melakukan pengawasan dan penegakan hukum untuk menertibkan diklat mengemudi yang tidak memiliki perizinan & akreditasi,” ujar Tora.

Polri mengharapkan sekolah mengemudi yang belum memiliki izin dan instruktur yang belum kompeten untuk segera berkoordinasi dan memenuhi persyaratan administrasi dan sertifikasi. Hal ini penting untuk memudahkan penyelenggaraan diklat mengemudi dalam persiapan penerapan payung hukum Perkakor Lalu Lintas tentang Pendidikan dan Pelatihan Mengemudi Seluruh Indonesia. Oleh karenanya, Polri gelar sertifikasi mengemudi khusus trainer pada awal Mei 2023.

Berdasarkan Perpres No. 1 Tahun 2022 Pasal 4 tentang Rencana Umum Keselamatan Jalan, terdapat lima pilar dalam Program Nasional. Pilar keempat menegaskan bahwa keselamatan pengguna jalan adalah tanggung jawab Polri. Pasal 4 ayat 10 huruf G dalam perpres tersebut menjelaskan bahwa pengembangan pendidikan berlalu lintas, termasuk pembinaan teknis, pendidikan dan pelatihan mengemudi, merupakan tugas pokok dan tanggung jawab kepolisian.

Dalam UU Lalu Lintas, hal yang serupa juga ditegaskan, yaitu pembinaan penyelenggaraan tentang pendidikan berlalu lintas. Oleh karena itu, Polri bertekad untuk menertibkan, mengembangkan, dan melakukan standarisasi terkait pendidikan dan pelatihan mengemudi, sehingga tidak ada lagi pelatihan-pelatihan mengemudi yan tidak memiliki kompetensi.

Polri bekerja sama dengan Pelatihan Mengemudi Antisipatif dan Presisi (PT. PMAP) serta LSP P3 BNSP untuk standarisasi instruktur dan peraturan lembaga yang terlibat dalam pelatihan mengemudi. Standar yang jelas diharapkan membuat pelatihan lebih profesional dan kompeten.

Demikian ulasan Korlantas Polri gelar sertifikasi mengemudi di seluruh Indonesia. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika