Jumat, April 19, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

KTM 1290 Super Adventure R 2021 Meluncur, Siap Garuk Tanah!

by Reza Agis Surya Putra
KTM 1290 Super Adventure R 2021

Pabrikan motor asal Austria, KTM, secara resmi meluncurkan KTM 1290 Super Adventure R 2021. Adventure bike ini merupakan versi off-road dari KTM 1290 Super Adventure S 2021.

Motor jenis adventure ini hadir dengan sejumlah peningkatan, khususnya pada sektor performa dan suspensinya.

Mesinnya menggunakan model LC8 baru yang sudah berstandar Euro 5. Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut mencapai 160 horse power pada putaran mesin 9.000 rpm dan torsi puncaknya 138 Nm pada putaran mesin 6.500 rpm.

Pabrikan telah melakukan modifikasi pada komponen internal mesin V-twin, modifikasi komponen ini dilakukan demi meningkatkan pembuangan panas yang dihasilkan mesin. Kemudian, bobot motor ini pun juga sudah dipangkas agar lebih ringan dan bertenaga saat dipacu di jalanan tanah.

Tidak hanya itu, pada bagian gearbox motor offroad ini juga diubah menggunakan model PANKL terbaru. Ubahan pada bagian gearbox ini bertujuan agar perpindahan gigi pada motor ini lebih ringan, cepat, dan juga lebih responsif. Motor ini juga memiliki dua radiator terpisah yang berguna untuk pendinginan mesin yang maksimal.

Baca juga  5 Tips Naik Motor Offroad untuk Pemula, Dijamin Bisa!

Pembaruan suspensi di KTM 1290 Super Adventure R 2021

KTM 1290 Super Adventure R 2021

Pakai suspensi baru sehingga lebih nyaman saat diajak berkendara di medan offroad

Selain mesin yang ditingkatkan, suspensi pada pada 1290 Super Adventure R 2021 juga turut ditingkatkan. Jelas pasti mengalami peningkatan, karena motor ini diperuntukkan bagi penggunaan di trek off-road atau medan jalan berat.

Suspensi depannya menggunakan model updise-down berukuran 48 mm dan sudah dilengkapi dengan teknologi WP XPLOR. Sementara shockbreaker belakangnya menggunakan model monoshock dengan kompresor yang dapat dilepas dan diatur secara manual.

Pada bagian velg, KTM menggunakan bahan alumunium ALPINA berukuran 19 inci untuk roda bagian depan dan 17 inci untuk roda bagian belakang.

Rangka dan subframe motor ini juga sudah didesain ulang demi memberikan pengalaman off road yang lebih nyaman dan aman.

Untuk kenyamananan kala dikendarai, posisi kaki dan setangnya dapat disesuaikan agar pengendara lebih nyaman dalam mengendarai motor ini di medan jalan off road.

Dilengkapi fitur canggih

Screenshot 2021 03 01 07 26 21

Dilengkapi fitur yang canggih

Tidak ketinggalan, sejumlah fitur canggih turut disematkan KTM pada adventure bike ini. Fitur canggih yang dihadirkan adalah sensor IMU 6 axis, kontrol stabilitas, pengaturan selip motor, kontrol traksi, Sistem ABS Off-road, dan riding mode.

Baca juga  Lifan Cub ADV, Motor Bebek Adventure Bertampang Unik

Pada bagian panel instrumen motor ini sudah full digital dengan penggunaan layar TFT berukuran 7 inci. Panel isntrumen itu memuat banyak informasi terkait motor kala dikendarai.

KTM 1290 Super Adventure R 2021 dipasarkan mulai tersedia pada Maret 2021 mendatang. Motor ini dijual dengan banderol seharga 19.850 Euro atau sekitar Rp 340 jutaan jika dikonversikan.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika