by

KTM Adventure 250, Harganya Terjangkau!

Motor tualang entry level, KTM Adventure 250 akhirnya resmi meluncur di India. Kuda besi ini punya tampilan yang ganas, khas motor-motor KTM. Fitur-fiturnya juga istimewa, sehingga cocok digunakan di berbagai medan jalan.

Mari kita bahas satu-satu terlebih dulu, mulai dari desain. Aura khas motor adventure terlihat dari penggunaan ban dual purpose, kaki-kaki jenjang, setang tinggi, serta windshield kecil.

Tubuhnya terlihat kekar dengan dibiarkannya mesin dan rangka teralis terekspose. Bodinya pun cukup lebar dengan tarikan garis yang tajam. Sekilas bentuk motor ini mirip dengan sang kakak yaitu KTM Adventure 390. Perbedaan paling tampak, KTM Adventure 250 punya bodi lebih ringkas dan lampu depan berdesain tunggal.

Kemudian lampu depan belum LED, masih mengandalkan bohlam. Panel instrumen pun belum TFT, masih digital biasa. Mau tahu lebih detail soal spesifikasi motor KTM Adventure 250? Simak bahasan berikut:

Performa Mesin 1 Silinder 250cc

ktm adventure 250
Mesinnya mengambil basis dari KTM Duke 250

KTM Adventure 250 menggunakan basis mesin yang serupa dengan Duke 250. Pakai konfigurasi satu silinder, 250cc, dan pendingin cairan. Jantung mekanis itu bisa melontarkan torsi puncak 24 Nm pada 7.500 rpm dan tenaga 29,5 hp 9.000 rpm.

Baca juga  Inilah 9 Motor Termahal di Indonesia

Padanan mesin tersebut, transmisi manual 6-percepatan. Hadir pula fitur slipper clutch yang mencegah ban belakang selip saat pengendara menurunkan gigi terlalu cepat. Ada pula assist clutch agar kopling lebih ringan saat ditekan.

Tersedia pula berbagai fitur modern di motor adventure ini, salah satunya offroad ABS. Fitur tersebut sangat penting untuk memberi kepercayaan diri di medan tanpa aspal, sekaligus tetap menghadirkan kesenangan berkendara.

“Dalam mode ini, ABS dinonaktifkan dari roda belakang, sementara untuk roda depan tetap aktif hanya saja performanya tidak terlalu kuat,” beber laman resmi KTM India.

Spesifikasi KTM Adventure 250

ktm adventure 250
Harga KTM Adventure 250 di India sekitar Rp 47 jutaan

Layaknya motor tualang, KTM Adventure 250 memiliki kaki-kaki jenjang. Di depan ada upside down besar dari WP APEX berdiameter 43 mm dengan jarak main 170 mm. Suspensi belakangnya juga WP APEX bergaya monoshock yang bisa diatur tingkat kekerasannya.

Lalu untuk ban depan pakai ukuran 100/90-19 inci dan belakang 130/80-17 inci. Sayangnya, pelek jari-jari tidak diaplikasikan. KTM masih mengandalkan pelek palang.

Baca juga  Royal Enfield Scrambler Siap Meluncur, Harga Murah?

“KTM 250 Adventure adalah motor kelas ringan yang ada di dunia KTM travel… Ringkas, bertenaga, dan tangguh di mana saja, membuat kamu bisa melaju lebih jauh setelah tidak ada lagi jalan aspal,” seperti dikutip dari laman resmi KTM India.

Bicara soal kapasitas tangki bensin, KTM Adventure 250 mampu menampung hingga 14,5 liter yang cocok sekali untuk motor touring. Terkait ground clearance mencapai 200 mm, sehingga pengendara tidak perlu khawatir bodi bawah motor mentok saat melewati jalan bergelombang.

Di India, Harga KTM Adventure 250 tembus INR 2.48 lakh atau setara Rp 47 jutaan. Kira-kira bakal masuk Indonesia atau tidak ya? Jika hadir, maka bakal berhadapan dengan Kawasaki Versys-X250 selaku petahana. (LDR)

Terbaru