Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

7 Rekomendasi Kursus Mekanik Motor untuk Kamu!

by Deni Ferlindungan
Lembaga kursus mekanik motor

Kursus Mekanik Motor – Tidak ada kata terlambat dalam belajar, termasuk untuk menambah keahlian seputar bidang otomotif. Caranya mudah, cukup dengan ikut kursus jadi mekanik.

Bila sudah mahir, kamu mungkin saja bisa membuka usaha bengkel motor rumahan. Tentu ini merupakan peluang untuk memberoleh penghasilan tambahan.

Pertanyaannya, di mana lokasi yang membuka kursus mekanik motor? Berapa biayanya? Simak bahasan berikut:

Buka Bengkel Rumahan

Bengkel

Sebelum menjawab pertanyaan di atas, kami bakal ulas lebih lengkap tentang peluang menjadi mekanik motor. Terlebih khusus bengkel rumahan.

Jangan pernah anggap sepele usaha bengkel rumahan, karena saat ini memiliki prospek yang cukup cerah. Terlebih seiring pertumbuhan pengguna kendaraan bermotor di Indonesia yang terus meningkat.

Ditambah lagi, armada ojek online terus bertambah di setiap daerahnya. Tentu mereka membutuhkan perawatan kendaraan yang digunakan sehari-hari, agar tetap dalam kondisi prima.

Kehadiran bengkel rumahan seperti ini diharapkan juga mampu memenuhi kebutuhan akan jasa servis kendaraan, aksesori, jual spare part, hingga jasa cuci kendaraan. Mungkin saja kamu bisa memanfaatkan peluang ini untuk berbisnis.

Pengendara di Indonesia umumnya tidak memiliki keahlian untuk merawat mesin kendaraan. Biasanya mereka lebih memilih cara praktis dengan membawa motor ataupun bengkel terdekat dari rumah.

Meski saat ini sudah banyak bengkel resmi atau bengkel yang berdiri secara mitra, jangan berkecil hati. Bengkel rumahan kamu tetap bisa bersaing.

Modal utamanya kamu hanya perlu memberikan layanan yang transparan, jujur, dan juga loyal terhadap konsumen. Peluang selalu ada dan yang penting kamu tak putus asa.

Untuk itu, kamu harus memiliki skill di atas rata-rata. Dengan kursus mekanik motor, kamu setidaknya memiliki ilmu dan pengalaman lebih, sebagai modal dalam mendirikan usaha.

Kemampuan yang kamu miliki dari kursus mekanik motor pun dapat berguna untuk banyak hal. Selain bisa menopang usaha bengkel yang mungkin kamu bisa lakukan, setidaknya untuk perawatan kendaraan pribadi kamu nggak perlu repot.

Lalu apa saja sebenarnya kemampuan yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti kursus mekanik motor? Simak ulasan lengkapnya berikut ini:

4 Pengetahuan yang Bisa Didapat dari Kursus Mekanik Motor

Kursus mekanik motor

Pengetahuan seputar sepeda motor bisa diraih dengan kursus

Beragam pengetahuan mungkin kamu bisa dapat dengan kursus mekanik motor, seperti pengetahuan dasar kendaraan bermotor. Setiap pelajar atau peserta didik tidak hanya dibekali dengan materi saja, namun juga bisa praktek langsung.

Beberapa tempat kursus pun diketahui sudah menyediakan kurikulum pelajaran, sebagai panduan pemberian materi bagi pengajar. Lalu apa saja kurikulum yang didapatkan peserta kursus? Berikut informasi lengkapnya:

1. Mengikuti Kursus Mekanik Motor, Belajar Kelistrikan

Kursus mekanik motor

Kurikulum yang biasanya didapat dari kursus mekanik motor adalah mempelajari komponen pendukung rangkaian sistem kelistrikan. Materi yang bisa dipelajari seperti defenisi sistem kelistrikan, fungsi sistem kelistrikan dan bagian-bagian sistem kelistrikan.

Materi seperti ini diberikan agar siswa mampu mengerjakan trouble shooting dengan menggunakan alat bantu seperti multi-tester atau AVO Mater. Seluruh materi yang diberikan saat kursus, diharapkan seluruh mekanik lulusan dapat menentukan kabel sesuai peruntukannya alias urut kabel.

2. Pengetahuan Mengenai Suspensi dan Sasis

Belajar mengenai mesin sepeda motor

Belajar mengenai suspensi dan sasis sepeda motor

Peserta kursus pada tahap ini akan mempelajari mengeai kumpulan komponen yang berfungsi meredam kejut. Pemberian materi ini akan dibahas mengenai roda dan sistem kemudi, termasuk juga sistem pengereman.

Baca juga  12 Merek Ban Motor Terbaik, Anti Licin Buat Harian

Tujuan dari pelajaran ini nantinya siswa akan mampu memberikan perawatan juga perbaikan di bagian suspensi termasuk juga sistem pengereman.

3. Kursus Mekanik Motor, Pasti Belajar Mesin

Kursus mekanik motor belajar mengenai mesin

Praktek mesin

Pengetahuan yang pasti didapatkan ketika kursus mekanik, adalah kurikulum mesin terkait dengan injeksi dan mesin berpenggerak otomatis alias continous variable transmission (CVT).

Materi pembelajaran seperti ini, biasanya siswa juga diajak untuk mengenal teknik dasar mesin bakar, sistem bahan bakar, dan sistem pelumasan.  

Para peserta didik yang mendapatkan pendalaman materi seputar mesin, diharapkan mampu melakukan perawatan dan perbaikan mesin seperti stel klep, hingga turun mesin.

4. Pembangunan karakter

Kursus mekanik motor

Ketika kursus juga dibekali dengan materi manajemen

Materi yang tak kalah penting ketika mengikuti kursus mekanik motor, adalah pembangunan karakter. Karena setiap lembaga kursus umumnya juga menyiapkan siswa yang mandiri dan siap terjun di dunia bisnis.

Oleh karena itu, basic enerpreneur ketika kursus, di asah sejak siswa mengenyap pendidikan di lembaga pelatihan. Pengetahuan seperti character bulding, service excellent dan basic mentality yang akan diberikan dalam kurikulum ini.

Daftar 7 Lokasi Kursus Mekanik Motor

Pelatihan mekanik otomotif

Praktek di tempat kursus mekanik motor

Buat kamu yang ingin kursus mekanik motor, saat ini sudah cukup banyak lembaga kursus mekanik yang tersedia di Indonesia. Namun dari begitu banyaknya tempat kursus, yang memberikan materi lengkap dengan biaya terjangkau masih terbilang jarang.

Berikut ini Moladin akan merangkum sebagian tempat kursus mekanik motor:

1. HMTC (Hartomo Mechanical Traning Center) Depok

Kegiatan praktek HMTC

Kegiatan praktek HMTC

Hartomo Mechanical Training Center (HMTC) menjadi salah satu tempat kursus mekanik motor yang cukup dikenal. Mengingat HMTC sudah berdiri lebih dari 10 tahun, dan telah melahirkan banyak mekanik berkualitas.

Kursus di HMTC, para peserta didik akan mendapatkan pelajaran seputar mesin motor secara menyeluruh, peserta juga diberikan praktek langsung untuk mengatasi permasalahan mesin kendaraan bermotor.

Setiap siswa dibimbing dengan 1 orang instruktur dengan 1 tipe motor. Selama proses belajar, siswa juga diarahkan hingga benar-benar paham dan lulus setiap paket tanpa batas waktu.

Bagi siswa asal luar Jakarta. HMTC memberikan fasilitas mess atau tempat tinggal, untuk mempermudah proses belajar. Buat kamu yang berminat untuk mengikuti kursus, bisa datang langsung ke Jalan Raya Tole Iskandar No. 9A, Depok.

Untuk informasi lebih lanjut, kamu bisa menghubungi kontak (021) 87744499, 87744559.

Selain di Depok, HMTC juga memiliki sejumlah cabang di Indonesia, seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, Medan, dan Pekanbaru.

Kursus di HMTC kamu bisa memilih paket 5 pengajaran, diantaranya paket standar 20 motor, paket semua jenis motor, paket modifikasi plus, paket 20 sepeda motor dan modifikasi plus, serta paket semua jenis sepeda motor dan paket modifikasi plus.

2. Institut Mekanik Motor Indonesia (IMMI)

IMMI

IMMI

Tempat belajar menjadi mekanik lainnya, bisa di Institut Mekanik Motor Indonesia (IMMI). Tujuan IMMI diketahui untuk mengembangkan dan menciptakan SDM yang mandiri, professional, berkomitmen, berdedikasi dan berorientasi bisnis.

Peserta didik IMMI akan dibimbing secara intensif untuk praktek bongkar dan pasang mesin dengan satu sepeda motor yang dibimbing langsung oleh instruktur berpengalaman.

Baca juga  3 Penyebab Karburator Mio Brebet, Pernah Mengalami?

IMMI juga sering kali dipercaya oleh lembaga pelatihan dari Kementrian & Dinas serta corporate social responsibility, salah satunya pernah bekerja sama dengan Disnakertrans Provinsi DKI 2013 mengadakan Pelatihan Perbengkelan Roda 2  dengan jumlah peserta 40 orang.

Materi pembelajaran yang bisa didapat siswa-siswi antara lain teori dasar motor bakar, pengenalan komponen beserta cara kerja komponen secara detail, permasalahan dalam mesin sepeda motor dan juga cara memperbaikinya.

Pemberian materi ini disertai dengan penjelasan mengenai jenis motor bahan bakar lainnya. Di tempat kursus ini peserta juga bisa mengambil kelas mekanik balap regular dan advance.

Khusus untuk kelas ini, peserta didik bisa mempelajari mesin motor balap, terutama untuk sepeda motor dengan kubikasi mesin besar seperti Kawasaki Ninja 250 dan Motor Honda CBR 250.

Bagi yang berminat, mungkin bisa datang langsung ke IMMI yang berada di Jalan Raya Cileungsi Jonggol Km.8 No.8-9, atau menghubungi 021-8246 0707.

3. VEDC (Vocational Education Development Center) Malang

VEDC Malang

Uji praktek mekanik

VEDC merupakan sekolah bagi guru pengajar atau tenaga pendidik yang berlokasi di Malang, Jawa Timur. Lembaga pendidikan ini juga merupakan program kerjasama antara Indonesia dan Swiss.

Untuk sarana belajar dan prakteknya, VEDC mengklaim tempat kursusnya menyediakan fasilitas pengajaran yang lengkap mulai dari kendaraan bermotor hingga mobil. Sebelum menghadapi ujian akhir siswanya diharuskan magang di bengkel baik lokal maupun luar negeri.

Kursus ini dilengkapi 34 instruktur dan 15 teknisi yang siap untuk mengajar materi teknis dan juga manajemen. Tujuan materi manajemen diharapkan dapat menciptakan  SDM yang mandiri.

Dengan begitu, setiap siswa yang lulus, diharapkan bisa mengaplikasi ilmu yang di dapat selama kursus, ke bisnis bengkel yang mereka rintis. Materi manajemn yang diberikan tak sebatas cara pengelolaan saja, namun hingga ke manajemen keuangan, melihat potensi pasar hingga mengelola SDM.

Anggaran yang harus dipersiapkan bagi peserta didik biasanya sekira Rp 5,5 juta untuk pendidikan roda empat selama 6 bulan. Untuk masa belajar 2 bulan untuk motor, biasanya dikenakan biaya Rp 2,5 juta.

Biaya yang tersebut sudah meliputi biaya praktek dan juga media pengajaran lainnya. Jika siswa ingin menambah program manajemen bisnis bengkel dikenakan biaya tembahan sebesar Rp 1.5 juta dengan tambahan waktu 1 bulan.

Jika kamu berminat mungkin bisa datang langsung ke Jalan Teluk Mandar Tromol Pos No.5, Arjosari, Blimbing, Kota Malang, atau menghubungi 0341-491239.

4. HMTC

HMTC Pusat

Siswa HMTC praktek mesin

Hartomo Mechanical Training Center (HMTC) dikenal sebagai lembaga pelatihan kerja yang sudah berdiri sejak tahun 1999. HMTC saat ini sudah memiliki limta cabang yang tersebar di Depok, Jakarta, dan Yogyakarta.

Seiring waktu berjalan, HMTC sudah meluluskan belasan ribu mekanik professional di Indonesia. Menariknya 70 persen diantaranya sudah membuka lapangan kerja sendiri dengan membuka usaha bengkel sepeda motor dan menjadi SDM yang siap kerja di perusahaan manufaktur di Indonesia.

Sebagai pertimbangan untuk kamu, media training HMTC menggunakan 235 unit sepeda motor, dari beragam jenis. Mulai dari motor standar maupun jenis sepeda motor CVT serta PGM-FI (Programed – Fuel Injection).

Sedikit mengulas kebelakang, HMTC sempat diganjar penghargaan Rekor MURI sebagai tempat kursus mekanik sepeda motor dengan sarana praktek terbanyak, yakni lebih dari 200 uint di tahun 2005 silam.

Baca juga  Mau Bikin SIM C1 dan SIM C2? Simak Syarat Serta Biayanya

Peserta didik yang berminat menimba ilmu di HMTC, bisa memilih paket yang disediakan, seperti paket 20 sepeda motor, paket semua jenis sepeda motor, paket modifikasi plus, paket 20 sepeda motor dengan modifikasi plus, serta paket semua jenis speda motor dan modifikasi plus.

Biaya yang perlu kamu persiapkan untuk kursus di HMTC ternyata cukup beragam, dengan kisaran harga mulai Rp 6 juta hingga Rp 16 juta.

Untuk informasi lebih lanjut bisa datang langsung ke Jl. Sawo Raya 9A, Rawamangun, Jakarta Timur, Indonesia (kantor pusat), atau menghubungi 021-4891176 / 4710 412.

5. Techno Motor Academy

Lembaga kursus mekanik Techno Motor Academy

Lembaga kursus mekanik Techno Motor Academy

Techno Motor Indonesia merupakan induk perusahaan Mr. Montir, Techno Motor Parts & Accessories, dan Techno Motor Academy yang merupakan lembaga training montir sepeda motor. Para peserta kursus di Techno Motor Academy, berkesempatan menjadi montir di bengkel Mr. Montir.

Materi pelatihannya yang diberikan, sedikit berbeda dengan pelatihan lainnya. Karena tahap yang diberikan lebih umum seperti tahap dasar, tahap mahir dan tahap modifikasi.

Setiap siswa juga mendapatkan pelajaran manajemen perbengkelan, kewirausahaan, dasar-dasar kepemimpinan. Biaya training yang diberikan mulai dari 4,5 juta dan lama training dari 1 bulan hingga 4 bulan.

Techno Motor Academy beralamat di Jl. Letjen S. Parman Kav. 73 Slipi Jakarta Barat. Jika ingin mengetahui informasi lebih lanjut bisa menghubungi 021–5367 9454.

6. Automitsuda

Automitsuda - Kursus mekanik motor

Automitsuda

Tempat kursus mekanik yang sudah memiliki 4 cabang di Jakarta dan Bekasi ini menawarkan pelatihan montir mobil dan motor yang lengkap. Berbeda dengan tempat pelatihan lain, di Automitsuda materi pelatihannya dibedakan berdasarkan program yang dipilih peserta.

Sebagai contoh, kursus motor terdiri dari tiga program khusus, seperti teknik dasar dan terampil, teknik dasar trampil dan mahir, serta teknik modifikasi balap. Program kursus teknik dasar dan terampil dengan kurun waktu belajar selama 3 bulan.

Untuk program teknik terampil dan mahir waktu belajarnya selama 5 bulan, sementara teknik modifikasi balap selama 8 bulan. Biaya yang dikenakan bervariatif mulai dari Rp 3.6 juta hingga Rp 9.6 juta.

Lokasi Automitsuda di Jl. Daan Mogot Komp Ruko Permata 9H. Grogol, Jakarta Barat. Bila membutuhkan informasi, bisa hubungi 021-5696-5677 / 0878-7878-2330.

7. LKP Technico

Kegiatan belajar mengajar LKP Technico

Kegiatan belajar mengajar LKP Technico

Bagi kamu yang ingin kursus mekanik motor, dan berlokasi di Lampung. Kamu bisa belajar di LKP Technico. Lembaga pelatihan ini sudah berpengalaman selama 10 tahun dan memiliki izin operasional dari Dinas Tenaga Kerja dan Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Tengah.

Kursus di LKP Technico kamu bisa memilih antara dua program yang tersedia, yakni teknik mekanik otomotif sepeda motor, dan teknik mekanik otomotif mobil.

Adapun kursus mekanik sepeda motor terdiri lagi menjadi 2 level pembelajaran, level I atau kursus mekanik pemula/dasar dengan waktu belajar 3-4 bulan serta level 2 atau kursus madya/spesialis injeksi dengan waktu belajar selama 15 hari.

Sementara itu, khusus pelatihan mekanik otomotif mobil diberikan waktu belajar selama 4 bulan. Untuk infomasi lebih jauh bisa datang ke Jl. Kh Ahmad Dahlan No. 48 Bandar Jaya Timur, Lampung Tengah atau menghubungi 0725-527368.

Baca juga: 

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika