oleh

Lamborghini Aventador V12 LP 780-4 Ultimae, Edisi Terakhir!

Mobil super, Lamborghini Aventador V12 LP 780-4 Ultimae resmi menampilkan dirinya di Goodwood Festival of Speed, Kamis (8/7/2021). Ini merupakan produk terakhir dari pabrikan asal Italia tersebut yang menggunakan mesin V12 murni tanpa campur tangan elektrifikasi.

Pasalnya di masa depan, Lamborghini akan lebih fokus menghadirkan produk-produk yang lebih ramah lingkungan lewat mobil bertenaga baterai atau mobil listrik. Entah itu berteknologi hybrid mau pun full elektrik.

Ide Supercar listrik? Menarik juga bukan? Sudah cepat, ramah lingkungan pula!

“Aventador LP 780-4 jadi pengingat terakhir, mesin V12 produksi Lamborghini yang benar-benar murni,” kata President dan CEO of Automobili Lamborghini, Stephan Winkelmann dalam rilis resminya.

Di atas kertas mesin V12 ini mengandalkan kubikasi 6,5 liter. Sanggup melontarkan tenaga 770 hp, lebih buas dibanding Aventador S dan SVJ. Performa hebat itu dilontarkan ke penggerak empat roda. Sementara torsinya 720 Nm.

Kemudian yang tidak kalah menarik. Lamborghini Aventador LP 780-4 Ultimae dilengkapi rangka carbon fiber monocoque, begitu pula dengan bodinya. Alhasil bobotnya sangat ringan, cuma 1.550 Kg.

Baca juga  Lamborghini Aventador SVJ Coupe Kena Recall

Lewat kombinasi mesin buas dan bobot ringan, super car tersebut bisa melaju 0-100 Km/jam hanya dalam 2,8 detik. Kecepatan maksimalnya tembus 355 km/jam. Istimewa bukan?

Cuma Diproduksi 600 Unit

Aventador V12 LP 780-4 Ultimae
Inilah Lamborghini terakhir yang pakai mesin murni V12. Selanjutnya pabrikan asal Italia tersebut bakal lebih fokus ke produk elektrifikasi

Kelebihan Lamborghini Aventador V12 LP 780-4 Ultimae bukan cuma performa mesin buas dan edisi terakhir. Pabrikan asal Italia juga membuat super car ini dengan sangat terbatas. Dalam rilis dikatakan bahwa cuma ada 600 unit.

Angka tersebut dibagi dalam dua model: 350 coupe dan 250 roadsters (atap terbuka). Jadi, kalau memang kamu menginginkannya segeralah pinang. Super car ini dapat dipesan di berbagai jaringan Lamborghini, kecuali Cina, Korea Selatan, Vietnam, Brazil, dan Chile.

Bicara harga, Lamborghini Aventador V12 LP 780-4 Ultimae memang tidak diumumkan. Hanya saja kalau kamu tidak cepat melakukan pemesanan, kemungkinan bakal kehabisan.

Oleh karena edisi terbatas, maka tampilan supercar juga dibuat istimewa. Sebut saja penggunaan pelek forged alloys Silver Dianthus 20 inci dan 21 inci sebagai standar. Kemudian untuk ban mengadopsi Pirelli PZero Corsa.

Baca juga  Lamborghini Huracan EVO AWD Dijual, Berapa Harganya?

Masuk ke interior ada mode berkendara bernama Ego. Ini memungkinan pemilik mobil untuk menentukan sendiri parameter yang dibutuhkan untuk Aventador V12 LP 780-4 Ultimae, seperti suspensi, traction control, dan bobot kemudi. Di samping Ego Mode, pilihan lain seperti Strada, Sport, dan Corsa Mode tetap dihadirkan.

“Aventador dari awal memang dihadirkan untuk jadi mobil klasik, dan Aventador LP 780-4 merupakan ekspresi paling indah dari desain yang tak lekang oleh waktu dan solusi teknis edisi terakhirnya adalah Ultimae,” kata Winkelmann.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru