Thursday, October 6, 2022

Lamborghini Huracan Sterrato, Supercar Jago Offroad!

by Baghendra Lodra
lamborghini huracan sterrato - tampak belakang

Siapa bilang supercar tidak bisa offroad? Kini sudah ada Lamborghini Huracan Sterrato, mobil berperforma tinggi yang memang dirancang untuk melibas jalan tanah.

Hal tersebut bukan isapan jempol, karena merek berlogo banteng sudah melakukan uji jalan ke Sterrato. Dalam video resmi Lamborghini yang tayang 21 September 2022, mereka mengajak supercar tersebut main offroad, bahkan sambil bermanuver hebat layaknya reli.

Hanya saja memang, Sterrato masih dikamuflase. Jadi soal wujud asli dan spesifikasi lengkap, belum ada informasi resmi tentangnya.

Nama Huracan Sterrato sendiri sudah diumumkan sejak 2019 dalam bentuk konsep. Di mana Lamborghini menginginkan sebuah Huracan SUV yang bisa offroad.

Setelah 3 tahun berlalu, kini versi produksinya mulai diuji jalan. Ternyata Sterrato benar-benar istimewa dan Lamborghini sukses mewujudkan impiannya. Hanya saja memang belum dijual secara massal, kemungkinan dalam waktu dekat.

“Kami percaya (Huracan Sterrato) akan dijual terbatas 500 – 1.000 unit di seluruh dunia, dengan peluncurannya kemungkinan pada akhir tahun (2022),” seperti dikutip dari laman Autoevolution.

Baca juga  Model Terbaru Lamborghini, Bertahan dengan Mesin V12

Mau tahu bocoran spesifikasi dari Lamborghini Huracan Sterrato, berikut bahasan lengkapnya:

Spesifikasi Lamborghini Huracan Sterrato

lamborghini huracan sterrato - tampak depan

Setelah punya SUV Huracan yang bisa offroad, apakah pemiliknya tega mengajak supercar ini main tanah?

Bicara spesifikasi Lamborghini Huracan Sterrato yang akan dijual nanti, memang belum ada informasi pasti. Hanya saja kita bisa lihat dari versi konsepnya pada 2019.

Ketika itu, Lamborghini membekali Sterrato dengan basis yang sama dengan Huracan Evo AWD. Jantung mekanisnya pakai V10 dengan kubikasi 5.2-liter dengan fitur-fitur seperti penggerak empat roda, four-wheel steering, serta suspensi yang dimodifikasi. Kemudian teknologi Lamborghini DInamica Vicolo Integrata (LDVI) milik Steratto diatur sedemikan rupa supaya memaksimalkan penggerak roda belakang, memproduksi torsi lebih besar dengan tambahan kestabilan di manuver saat oversteer.

Di atas kertas supercar SUV ini tenaganya bisa tembus 631 hp dan torsi 600 Nm. Buas!

Bukan cuma itu, ground clearance ikut ditinggikan hingga 47 mm. Departure angle juga ditingkatkan hingga 6,5 persen. Ban Sterrato juga dibuat lebih lebar sekitar 30 mm dari Lamborghini Huracan Evo.

Baca juga  Penjualan Lamborghini Urus Tembus 15 Ribu Unit

Kemudian dari video terbaru tentang Sterrato, terlihat pula bodinya lebih gagah dengan over fender. Plus di atap ada roof rail. Di depan, dekat bumper ada lampu LED tambahan untuk meningkatkan visibilitas ketika berkendara.

Tertarik punya? Sabar ya. Tungguh hingga akhir tahun 2022. Pertanyaan sesungguhnya adalah, misal kamu berhasil membeli dan memiliki Lamborghini Huracan Sterrato, apakah tega untuk membawanya ke medan offroad? Apa tidak takut bodinya lecet? Terlebih ini kemungkinan akan jadi versi special edition yang cuma diproduksi terbatas di dunia.

Belum lagi, fakta bahwa harga Lamborghini Huracan Evo tembus miliaran rupiah. Pastinya Sterrato lebih mahal lagi. Jangan-jangan, Huracan Sterrato nantinya cuma jadi pajangan setelah dibeli oleh para car enthusiast. Lalu buat apa punya kemampuan offroad? Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika