Friday, December 9, 2022
Banner

Lamborghini Huracan SUV, Meluncur Akhir November 2022

by Tigor Sihombing

Jika selama ini kamu tahu Lamborghini Huracan merupakan mobil yang jago melahap aspal. Sebentar lagi, bakal hadir Lamborghini Huracan SUV. Jadi bukan cuma bisa melibas aspal tapi juga jalur offroad. Supercar bernama Huracan Sterrato tersebut siap tampil pertama kali pada 30 November 2022 di Art Basel, Miami, Amerika Serikat.

Sesungguhnya kemunculan supercar tersebut bukan hal yang mengagetkan, lantaran nama Sterrato sudah diperkenalkan sejak tahun 2019 dalam bentuk konsep. Kemudian diwujudkan lewat teaser video pada September 2022. Selanjutnya Lamborghini menunjukkan versi produksi mobil ini lewat rilis resmi pada 14 November 2022, sekaligus mengatakan bakal menampilkannya kehadirat publik pada 30 November 2022.

Jika nanti lahir, Lamborghini Huracan SUV Sterrato mungkin akan menjadi satu-satunya supercar yang bisa melibas medan off road dan dipasarkan secara massal. Porsche sebenarnya juga telah membuat 911 Offroad untuk menaklukkan gunung api di Chili, namun sampai saat ini hanya sekadar mobil konsep.

Sementara Lamborghini Sterrato digadang-gadang siap dijual sebagai produk massal. Perusahaan mobil yang berbasis di Sant Agata, Bologna, Italia itu menganggap banyak orang suka dengan konsep mobil yang bisa menaklukan medan berat namun tidak semua suka dengan mobil SUV.

Baca juga  VW Tiguan Allspace Facelift 2022 Meluncur di GIIAS?

Eksterior Lamborghini Huracan Sterrato

lamborghini huracan suv - sterrato tampak samping

Di atapnya ada roof rail yang membedakan Lamborghini Huracan SUV dengan varian standarnya

Ya memang, secara tampilan Huracan SUV tetap seperti supercar. Inilah justru yang membuatnya tampil unik. Lalu apa perbedaan Huracan Sterrato dengan Huracan biasa? Ada tiga elemen yang paling terlihat jelas adalah penggunaan roof rail, lampu tambahan khusus yang ada di bagian ujung kap mesin, dan over fender.

Roof rail sendiri dibuat untuk menambah daya angkut dari mobil tersebut. Jadi barang-barang yang tidak muat di bagasi, bisa ditaruh di roof rail dengan memasang komponen lain yakni roof box. Sebab, Lamborghini Huracan Sterrato memang dirancang bisa mengangkut barang dalam jumlah besar dibanding Lamborghini Huracan standar. 

Tampilan unik lainnya adalah penggunaan lampu LED tambahan yang dipasang di ujung kap mesin. Sepasang lampu unik itu seperti lampu tembak yang biasa digunakan di mobil-mobil off road. Pemasangan lampu tambahan itu tentu dilakukan untuk mendapatkan pandangan yang lebih jelas.

Baca juga  Penjualan Naik, Suzuki Bawa Produk Baru di 2020

Lalu seperti mobil-mobil medan berat lainnya, Lamborghini Huracan Sterrato juga memiliki over fender di bagian kaki-kaki. Hal itu dilakukan guna memberikan ruang yang lebih baik buat ban dan suspensi yang lebih besar. Jadi tidak heran jika Lamborghini Huracan Sterrato terlihat memiliki ground clearance yang lebih tinggi.

Prediksi Mesin Huracan SUV

Lamborghini Huracan Sterrato

Soal performa mesin Lamborghini Huracan SUV, memang belum ada informasi pasti. Walau demikian, kita bisa lihat dari versi konsepnya pada 2019. Ketika itu, Lamborghini membekali Sterrato dengan basis yang sama dengan Huracan Evo AWD.

Di atas kertas, Sterrato Concept menggunakan jantung mekanis V10 dengan kubikasi 5.2-liter yang tenaganya bisa tembus 631 hp dan torsi 600 Nm. Buas!

Ada pula fitur-fitur khas SUV, seperti penggerak empat roda, four-wheel steering, serta suspensi yang dimodifikasi. Kemudian teknologi Lamborghini Dinamica Vicolo Integrata (LDVI) milik Steratto diatur sedemikan rupa supaya memaksimalkan penggerak roda belakang, memproduksi torsi lebih besar dengan tambahan kestabilan di manuver saat oversteer.

Baca juga  Suzuki Jimny Masih Dijual di Indonesia, Inden Berapa Lama?

Mengutip laman Jalopnik, pihak Lamborghini mengatakan mobil tersebut akan jadi mobil sport pertama yang bisa memaksimalkan performa meski tidak berada di jalanan aspal. Baik itu permukaan yang tidak rata atau tanah. Mobil ini akan menafsirkan kembali konsep sporty dan menekankan prinsip merek yang berani, otentik, dan tak terduga.

Penasaran dengan Lamborghini Huracan SUV atau Huracan Sterrato? Peluncurannya secara resmi siap dilakukan pada 30 November 2022. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika