Lampu Motor Sering Putus, Begini Trik Memperbaikinya

Moladin – Lampu motor salah satu komponen penting yang fungsinya untuk memberikan penerangan pada jalan saat kondisi berkendara di malam hari, tapi seringkali putus karena satu dan lain hal. Nah, bagi Moladiners jika temukan kondisi seperti ini ketahuilah sedini mungkin dan segera perbaiki ketika tahu sebabnya.

Jika lampu motor mati, maka pengendara juga bisa melanggar aturan lalu lintas yang berlaku. Banyak dari pengguna motor yang terkena tilang akibat tidak menyalakan lampu di siang hari saat berkendara. Pastikan kondisinya dalam keadaan baik-baik saja, agar berkendara jadi tetap aman dan nyaman.

 

Penyebab Sering Putus

lampu-motor-sering-putus,-begini-trik-memperbaikinyaKondisi kiprok mungkin rusak

Banyak hal yang bisa sebabkan lampu motor meski sudah diganti dengan yang baru. Berikut beberapa penyebab sering putus nih Moladiners, berikut beberapa penyebabnya;

Pakai Lampu Bukan Asli Pabrikan

Mungkin ini jadi salah satu penyebab kenapa lampu sering putus, lampu yang bukan asli pabrikan rentan rusak, disamping itu pengendara seringkali bandel mengganti dengan watt yang lebih besar, hal ini diperbolehkan tapi harus tetap memperhatikan ukuran watt lampu tersebut.

Kabel yang Korslet

Penyebab lainnya adalah korslet, utamanya yang disambung ke bagian lampu. Jangan lupa untuk rajin mengecek kabel, untuk mencegahnya agar tak sering putus, Perhatikan kabelnya saat memasang lampu yang baru.

Kiprok Rusak

Lampu yang cepat putus bisa disebabkan karena kondisi kiprok yang rusak. Perlu diketahui bahwa kiprok yang rusak mengganggu proses pengisiannya. Secara otomatis bisa bikin tingkat kelistrikan yang menuju ke bohlam jadi berlebih. Jika dibiarkan, lampu motor dipastikan akan mudah putus.

Terkena Air

Penyebab selanjutnya adalah terkena air. Air bisa masuk ke reflector saat di bagian ini mengalami kerusakan atau berlubang. Lampu motor juga bisa terkena air karena menggunakan dudukan lampu (fitting) yang tidak dilengkapi karet pelindung. Tanda kalau lampu motor putus karena air, yakni muncul warna kehijauan.

Soket Rusak

Mungkin ini jadi yang paling serius, jangan pernah mengganti soket lampu pakai barang aftermarket, karena soket jadi rentan rusak sehingga menyebabkan lampu sering putus. Bisa jadi juga dikarenakan saat pemasangan kabel soket tidak rapi. Hal ini tentu menyebabkan kabel korslet sehingga lampu putus.

 

Trik Memperbaiki Lampu Motor yang Putus

lampu-motor-sering-putus,-begini-trik-memperbaikinyaGanti lampu dengan yang baru

Setelah tadi kita membahas mengenai beberapa hal yang sebabkan lampu putus, sekarang saatnya kita cari tahu bagaimana cara mengatasinya. Salah satu caranya bisa dengan mengganti lampu yang original pabrikan yang berkualitas. Perlu diketahui bahwa lampu asli pabrikan punya kualitas cahaya yang terang. Selain itu juga punya daya tahan yang lebih lama.

Cara lain, Moladiners bisa mengganti kiprok, dudukan lampu, spul juga bersihkan soket yang kotor. Biar lebih mudah Moladiners cari tahu dulu penyebab lampu motor sering putus. Tanpa harus membawa ke bengkel, Moladiners bisa memperbaikinya dengan tangan sendiri.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *