by

Land Rover Defender Trophy Edition, Nostalgia Balap Rally

Land Rover Defender Trophy Edition dirilis. Unit ini akan dipasarkan terbatas hanya 220 unit di dunia. Serta hanya beredar di pasar Amerika Utara.

SUV ini dihadirkan ekslusif di wilayah tersebut, karena sebelumnya AS tidak mendapatkan mobil Land Rover Defender Trophy Edition klasik karena alasan regulasi. Melalui rilis resmi Land Rover pada Juli 2021, Land Rover Defender Trophy Edition 2021 meluncur untuk mengenang ajang balap legendaris The Camel Trophy.

Camel Trophy sendiri merupakan kompetisi off-road terganas di dunia yang disponsori merek rokok Camel. Sebagian besar pesertanya menggunakan mobil Land Rover. Balap rally ini biasanya dilakukan selama berminggu-minggu diberbagai negara dengan melintasi jalan ekstrim termasuk gurun.

Pada Land Rover Defender Trophy Edition 2022 ini, unit tersebut dibalut kelir  berwarna kuning, sama dengan model klasik yang rilis di Eropa.

Model terbaru ini menampilkan logo Land Rover Defender Trophy Edition pada bagian pintu depan kiri kanannya. Sedangkan kap mesinnya dicat dengan balutan hitam.

Warna tesebut senada dengan atap, pelek dan fender-fender di sekililing body yang membuat mobil ini semakin gagah terlihat. Sekaligus khas layaknya mobil rally.

Baca juga  Baby Defender, Bakal Jadi Rival Kuat Suzuki Jimny

Land Rover Defender Trophy Edition juga menggunakn pelindung pada bemper depannya yang membuat tampilannya lebih gagah.

Tidak hanya itu, mobil ini juga dipersenjatai aksesoris off road lainnya seperti rak ekspedisi, tuas kabel baja atau winch untuk menarik mobil dari jebakan lumpur dan tangga di sisi kiri mobil, yang membuat tampilan mobil ini lebih liar.

Sebagai mobil yang disiapkan untuk off road sungguhan, mobil ini juga sudah menggunakan karpet dasar berbahan karet, tow hitch, dan kompresor udara.

Spesifikasi Mesin Hybrid 400HP

Land Rover defender Trophy Edition
Desain seperti Defender Works V8 Trophy Edition, kental dengan nuansa balap off road Camel Trophy.

Tidak hanya itu, SUV Inggris ini juga dibekali dengan suspensi udara, ban spek off-road, map meter, dan kontrol layar off-road. Kemudian juga terdapat kaca depan berpemanas dan mesin pencuci lampu depan.

Mobil yang dibangun di atas platform Defender 110 P400 X-Dynamic SE ini ditenagai oleh mesin hybrid ringan Ingenium enam silinder 3.0 liter. Jantung mekanis itu sanggup mengeluarkan tenaga 400 PS dan torsi 550 Nm dari 2.000 rpm sampai 5.000rpm.

Baca juga  Land Rover Defender V8 2021, Pakai Mesin 5.000 cc

Harga Land Rover Defender Trophy Edition 2022 adalah USD 91.350 atau sekitar Rp 1,3 miliar. Pembeli mobil ini pun dibikin spesial, lantaran bisa langsung mengikuti acara Kompetisi Trofi off-road, selama satu hari di Biltmore Estate di Asheville, North Carolina. Pemenang bisa bersaing di final di Eastnor Castle di Inggris tahun depan.

Wah sayang sekali ya unit ini hanya dipasarkan terbatas hanya di Amerika Utara. Andai saja juga masuk Indonesia pasti banyak peminatnya.

Demikian ulasan terkait Land Rover Defender Trophy Edition. Simak terus Moladin.com untuk ulasan terbaru terkait berita otomotif. 

Terbaru