oleh

Land Rover Defender V8 2021, Pakai Mesin 5.000 cc

Pabrikan asal Inggris siap menampilkan SUV terbuasnya yaitu Land Rover Defender V8 di Goodwood Festival of Speed 2021. Mobil tersebut bakal dipajang untuk pertama kalinya dihadapan masyarakat pada 8-11 Juli, setelah perkenalan lewat siaran pers pada Mei lalu.

Salah satu yang membuatnya begitu dinanti adalah penggunaan mesin sangat bertenaga. Defender V8 pakai kubikasi hingga 5.000 cc atau 5.0-liter. Alhasil di atas kertas bisa melontarkan torsi puncak 625 Nm pada 2.500 – 5.500 rpm dan tenaga maksimal hingga 525 hp pada 6.000 – 6.500 rpm.

Performa gila itu menjadikan Defender V8 sebagai mobil Land Rover yang paling mumpuni untuk diajak berkendara di bagai medan. Baik itu onroad mau pun offroad bisa dengan mudah dilibas.

Terkait akselerasi tidak perlu ditanya. Kecepatan 0-100 Kpj kurang lebih bisa ditempuh dalam 5 detik. Lalu kecepatan maksimal tembus 240 Kpj.

“Mesin V8 kami menawarkan dimensi baru dari kesenangan berkendara dan kemampuan offroad dari Defender,” kata Chief Product Engineer Jaguar Land Rover, David Hemming dalam rilis resmi.

Baca juga  3 Kekurangan Suzuki XL7, Perhatikan Sebelum Beli!

Kemunculan mesin V8 di Land Rover Defender terbaru juga menjadi nostalgia tersendiri akan konfigurasi delapan silinder. Merek mobil asal Inggris tersebut kerap menggunakannya pada kendaraan di era 1970-an.

Siap Garuk Tanah

land rover defender v8 - tampak depan
Dengan sistem penggerak 4×4 serta berbagai teknologi offroad modern, kemampuan Defender V8 sangat istimewa dalam melibas jalan tanah

Bicara kemampuan offroad dari Land Rover Defender V8, juga sangat istimewa. Mobil SUV ini dilengkapi racikan suspensi dan transmisi yang unik. Termasuk per serta damper khusus, tidak ketinggalan ada electronic active rear differential baru.

Hadir pula solid anti-roll bars berdiameter lebar yang dirancang mengurangi efek body roll ketika meikung. Lalu tersedia teknologi dynamic program in terrain response terbaru, yang bekerja sama dengan berbagai fitur elektronik lain untuk membuat Defender V8 lebih nyaman dan mudah dikendalikan di berbagai medan jalan.

Ciri khas lain dari Land Rover Defender V8, ada di eksteriornya. Sebut saja penggunaan pelek ukuran 22 inci, empat lubang knalpot, dan kaliper rem depan berwarna biru dengan ukuran cakram 380 mm.

Ada pula versi Carpathian Edition dengan warna two tone. Bodi bawah menggunakan Carpathian Grey premium metallic (abu-abu), sementara bagian atap, kap mesin, dan bagasi mengandalkan warna navrik black (hitam).

Baca juga  Spesifikasi dan Harga DFSK Glory 580 Generasi Terbaru

Kemudian joknya pakai material Dinamica Suedecloth dengan aksen Robustec. Setir dibalut Alcantara agar pegangan lebih nyaman.

Fitur Hiburan Istimewa

land rover defender v8 - interior
Layar sentunya Defender V8 sungguh canggih dan besar

Di samping siap garuk tanah, Land Rover Defender V8 juga mobil premium. Oleh karenanya, sistem hiburan dibuat begitu mewah.

Salah satu yang menarik adalah opsi layar sentuh besar berukuran 11,4 inci. Di dalamnya menggunakan Pivi Pro system yang sudah diupdate, sehingga terasa responsif.

Panel menu di layar sentuh tersebut juga bisa diatur sesuai kebutuhan. Hal ini bertujuan mengurangi distraksi pengemudi. Pivi Pro juga terintegrasi dengan smart voice guidance dan navigasi.

Tidak ketinggalan, ada wireless charging yang memudahkan pengisian daya smartphone saat berkendara. Istimewa bukan? Untuk informasi otomotif terlengkap dan terbaru, cek terus Moladin!

Terbaru