Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mau Liburan Imlek? Siap-Siap Rapid Test Antigen

by Deni Ferlindungan
Persiapan jelang libur Tahun Baru Imlek

Dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek yang jatuh pada hari Jumat (12/2/2021). Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri menggelar rapid test antigen bagi masyarakat yang ingin melakukan liburan menggunakan kendaraan pribadi.

Mengingat libur Tahun Baru Imlek tahun ini memang jatuh dalam kondisi ‘long weekend’. Sejak Jumat (12/2) dan disusul libur akhir pekan 13-14 Februari 2021.

Menanggapi kondisi itu, Kepala Korlantas Polri Inspektur Jendral Istiono mengatakan, dengan adanya libur panjang, Korlantas tidak hanya melakukan pengamanan selama di jalanan.

Namun juga melakukan langkah-langkah antisipasi pencegahan penyebaran virus Covid-19, dengan cara rapid test antigen.

“Antisipasi libur panjang ini, kami sudah lakukan antisipasi yaitu kita lakukan random tes, di rest area. Di beberapa rest area di jalan tol akan kita lakukan rapid test antigen,” jelas Istiono seperti dikutip dari laman Korlantas Polri.

Meski telah memastikan akan menggelar rapid test antigen, namun Istiono tidak menjelaskan secara rinci prosedur seperti apa yang diterapkan. Pun begitu, Istiono menegaskan, pemeriksaan ini dilakukan di rest area jalan tol area pulau Jawa. Dengan adanya rapid test antigen di beberapa rest area, diharapkan dapat mengurangi lonjakan Covid-19.

“Kita lihat sama-sama rapid tes antigen secara random diberikan kepada penumpang. Nah, aturan SE 3 khusus untuk Bali wajib, baik darat maupun udara. Kemudian untuk di Jawa sifatnya random. Kemudian untuk umum dan pribadi juga random,” kata Istiono.

Lebih lanjut Istiono menekankan bahwa, sejumlah titik keberangkatan di setiap jalur darat juga dipersiapkan untuk pencegahan. Tak terkecuali Terminal Pulo Gebang yang dikatakan sudah cukup baik dalam melakukan langkah-langkah protokol kesehatan Covid-19 yang harus dilakukan oleh penumpang.

Untuk diketahui, rapid test antigen yang nanti akan digalakkan. Tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Jadi masyarakat tak perlu khawatir untuk urusan biaya harus dikeluarkan.

Selain Rapid Test Antigen, Korlantas Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

rekayasa lalu lintas dan rapid test antigen

Rekayasa lalu lintas dan rapid test antigen

Pemerintah sejatinya telah menganjurkan, selama musim libur Tahun Baru Imlek 2021. Sebaiknya masyarakat tetap dirumah saja. Namun besar kemungkinan bahwa momen ini tampaknya bakal dimanfaatkan masyarakat untuk melakukan perjalanan untuk pelesiran.

Oleh karena itu, guna mengantisipasi kepadatan lalu lintas, pihak Kepolisian telah menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa contraflow baik dari arah timur atau barat.

“Mulai hari Kamis, diperkirakan akan ada lonjakan arus penumpang menuju ke arah timur (Jabar),” ucap Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo.

Sekadar informasi, buat kalian yang ingin melakukan perjalanan. Polda Metro Jaya menyiapkan pos-pos keamanan antara lain KM 10, KM 19 rest area dan KM 29, serta antisipasi jika terjadi kecelakaan atau kemacetan, maka jalan akan dilakukan buka tutup.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat, khususnya bagi kalian yang ingin melakukan perjalanan.

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika