Marco Melandri Putuskan Pensiun, Terakhir Balap di WorldSBK

Moladin – Kabar mengejutkan datang dari salah satu pembalap terbaik Italia yang saat ini turun di WorldSBK, Marco Melandri. Pembalap yang mengoleksi lima kemenangan saat turun di MotoGP ini memutuskan pensiun di akhir musim.

Melandri mengumumkan pensiun dari balap dunia roda dua dalam konferensi pers di Milan, Selasa (9/7) waktu setempat. Usia tak lagi muda jadi salah satu alasannya, mengingat musim ini pembalap berkepala plontos sudah menginjak usia 36 tahun. Apalagi Melandri yang bergabung dengan skuad GRT Yamaha musim ini terbilang kurang kompetitif.

Tak seperti musim-musim sebelumnya, dimana Melandri rajin naik podium. Musim ini sulit untuk naik podium, berada di posisi kesembilan klasemen sementara dengan menyisakan lima seri di WorldSBK musim ini. Hasil di dua seri belakangan, Melandri juga terbilang jeblok.

 

Suzuki Satria F150 All New

*DP mulai dari

 

“Memutuskan untuk pensiun adalah keputusan yang sulit buat saya. Saya telah memikirkan hal ini beberapa waktu lalu, bahkan sebelum race Imola (Mei lalu), saya akhirnya memutuskan untuk pensiun di akhir musim 2019,” ungkap Marco Melandri dikutip dari laman autosport.com.

“Saat ini saya masih kompetitif dan saya pikir lebih baik berhenti sekarang saat masih menikmati balapan, daripada memutuskan pensiun saat saya mulai kesulitan mencetak hasil maksimal dalam balapan,” tambahnya.

 

Melandri Punya Segudang Prestasi di MotoGP dan WorldSBK

Marco Melandri merupakan sosok yang veteran di dunia balap motor, pembalap bernomor #33 ini sudah hatam membalap di MotoGP. Musim 2015 jadi terakhir kalinya di turun di MotoGP bersama Aprilia, setelah itu vakum dan barulah pada 2017 gabung bersama Ducati mebalap di WorldSBK.

MelandriMelandri pernah gabung dengan beberapa pabrikan MotoGP | Foto: autosport

Prestasi terbaik Melandri di MotoGP terjadi saat musim 2005, kala itu berhasil menjadi runner-up tempel ketat Valentino Rossi yang meraih gelar juara. Melandri sudah mencicipi beberapa pabrikan di MotoGP, jadi boleh dibilang kenyang pengalaman.

 

Yamaha YZF-R15

*DP mulai dari

 

“Ketika saya putuskan untuk pensiun, saya merasa ada beban besar yang mulai terangkat dari pundak saya dan sekarang semua orang tahu kalau musim ini jadi yang terkahir buat saya turun balapan, jelas motivasi saya bertambah untuk meraih hasil lebih baik di beberapa balapan terakhir,” papar Melandri.

Baca juga;

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *