by

Marquez Tidak Ikut MotoGP Qatar 2021, Cedera Lagi?

Sudah dikonfirmasi, Marc Marquez tidak ikut MotoGP Qatar 2021. Informasi tersebut diungkapkan langsung oleh laman resmi MotoGP.

Pembalap asal Spanyol ini dinyatakan belum bisa ikut bertanding, lantaran proses pemulihan belum selesai dan dibutuhkan waktu lebih lama lagi.

“Setelah review terakhir dari tim medis, saya disarankan untuk tidak ikut di dua balapan Qatar, jadi kami akan melanjutkan proses pemulihan agar bisa berkompetisi lagi secepatnya!,” beber Marquez di akun Instagram resminya pada Senin (22/3/2021).

Kabar Marquez tidak ikut MotoGP Qatar tentu mengagetkan, karena sebelumnya Marquez sudah digadang-gadang bakal mulai balapan. Tanda cederanya sudah pulih cukup banyak, mulai dari Baby Alien naik motor lagi di sirkuit. Hingga namanya masuk dalam daftar pembalap.

Ternyata saran dokter berkata lain, bukan karena cedera Marquez bertambah parah. Hanya saja tim medis dari Rumah Sakit Ruber Internacional menganggap saat ini justru jadi masa krusial untuk pembalap Repsol Honda itu terkait pemulihannya. Akan lebih baik kalau juara dunia delapan kali tersebut menghindari berkompetisi ketat dengan motor balap untuk beberapa saat.

Baca juga  Suzuki Tanpa Nyalakan Nyali di MotoGP 2021

Alasan itulah yang memperkuat Marquez tidak ikut MotoGP Qatar 2021. Sementara untuk kondisi tulangnya, kini berangsur membaik dan ada respons positif setelah pembalap asal Spanyol itu melakukan latihan dengan motor balap beberapa waktu lalu.

Balapan di Qatar sendiri akan dilakukan dalam dua seri. Pertama Barwa Grand Prix of Qatar yang berlangsung pada 28 Maret 2021. Kemudian Tissot Grand Prix of Doha pada 4 April 2021.

Ada Kemungkinan Marquez Ikut Balapan MotoGP Portugal

marc marquez tidak ikut motogp qatar 2021
Ternyata Marquez tidak ikut MotoGP Qatar 2021 karena proses pemulihan belum selesai

Setelah mengetahui Marquez tidak ikut MotoGP Qatar 2021, lalu kapan kira-kira dia akan balapan lagi? Jika melihat dari informasi yang dibeberkan oleh laman resmi MotoGP, pembalap Repsol Honda tersebut akan melakukan pemeriksaan kesehatan pada 12 April.

Kalau semuanya lancar, maka bukan tidak mungkin Marquez bakal mulai balapan di MotoGP Portugal 2021 yang berlangsung pada 18 April. Toh dari sisi kesehatan, sesungguhnya kakak Alex Marquez itu sudah membaik. Dia sudah bisa naik motor balap walau cuma di sesi latihan, serta dokter juga menemukan progres positif di sambungan tulangnya.

Baca juga  Hasil MotoGP Doha 2021, Quartararo Podium Pertama

Meski Marquez ikut balapan MotoGP Portugal 2021 sekalipun, jangan berharap dirinya akan langsung kompetitif. Pembalap legendaris, Giacomo Agostini memberi wejangan untuk Marquez agar melakukan balapan secara bertahap. Artinya saat balapan pertama setelah pemulihan, bukan untuk mencari kemenangan, tapi membiasakan diri terlebih dulu.

Baby Alien pun setuju dengan ide tersebut, dalam balapan tahun ini dia tidak membuat target apapun. Marquez juga meminta penggemarnya jangan terlalu berharap lebih darinya. Pembalap berusia 28 tahun tersebut mengingatkan, bahwa proses adaptasi ulang memerlukan waktu panjang. Maka, meraih hasil instan usai bertarung melawan cedera, merupakan perkara yang mustahil.

“Tapi Anda harus paham ini dulu, saya tidak bisa tiba-tiba langsung tampil seperti Marc Marquez yang dulu kalian kenal. Kita harus pahami itu sama-sama. Untuk pertama kalinya dalam hidup saya, dalam karier saya, saya tidak balapan sedemikian lama karena cedera parah,” katanya.

Buat kamu yang mau tahu informasi terbaru dan terlengkap seputar dunia otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru