Monday, October 3, 2022

Mazda CX-5 vs Honda CR-V, Pilih SUV Mana?

by Firdaus Ali
mazda cx5 vs honda cr-v

Ulasan mengenai Mazda CX-5 vs Honda CR-V menarik untuk dibahas. Sebab kedua mobil dengan segmen Sport Utility Vehicle (SUV) ini memiliki masing-masing kelebihan dari sisi fitur, desain dan mesinnya.

Mazda CX-5 facelift sendiri baru diluncurkan pada awal April 2022 kemarin. Meski secara keseluruhan desain ekstriornya masih mirip dengan CX-5 sebelumnya, nyatanya terdapat ubahan pada beberapa bagian.

Sebut saja seperti disematkannya lampu depan dan belakang yang sudah menggunakan LED dengan DRL bergaya huruf L. Tak hanya itu saja, desain kisi-kisi grillenya juga diperbarui dengan bentuk horizontal sehingga terlihat tampak mewah dan modern.

Sementara itu, untuk Honda CR-V merupakan petahana. Mengusung tampilan eksterior yang terlihat sporty. Terlihat dari kombinasi lekukan body, desain grill serta desain lampu depan dan belakangnya yang terlihat apik. Desain peleknya juga unik, terlihat seperti motif kembang goyang.

Nah, mau tahu lebih jauh pembahasan mengenai Mazda CX-5 vs Honda CR-V. mari kita simak ulasannya berikut ini.

Desain Eksterior Mazda CX-5 Lebih Mewah

mazda cx-5 vs honda cr-v

Tampilan CX-5 lebih istimewa dengan versi facelift 2022

Pembahasan mengenai Mazda CX-5 vs Honda CR-V yang pertama adalah dari sisi eksteriornya. Kedua mobil 5-seater ini memang menampilkan desain eksterior yang menarik, namun jaura kemewahan lebih kental terasa pada Mazda CX-5.

Perpaduan desain grill dan lampu depan serta lekukan dan bagian belakang, ditambah pelek ukuran 19 inci membuat kesan mewah dan elegan kental terasa dari sosok Mazda CX-5.

Baca juga  5 SUV Premium Pejabat Negara di Indonesia

Honda CR-V sebenarnya juga menarik, namun lebih condong ke tampilan yang sporty. Jadi untuk tampilan eksterior sebenarnya kembali ke selera masing-masing konsumen. Apakah lebih condong ke elegan atau sporty.

Fitur Keselamatan Aktif Honda CR-V Lebih Lengkap

Mazda CX5 vs Honda CR-V

Ilustrasi teknologi Honda Sensing yang ada di mobil Honda

Kemudian untuk fitur, di atas kertas Honda CR-V terlihat lebih modern dengan hadirnya Honda Sensing. Dimana fitur tersebut menaungi fitur Collision Mitigation Brake System (CMBS), Lane Keeping Assist System (LKAS), Road Departure Mitigation (RDM), Adaptive Cruise Control (ACC), hingga Auto High Beam (AHB).

Kemudian ada pula fitur Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Lane Departure Warning (LDW), dan fitur Road Departure Mitigation (RDM).

Sementara itu, untuk Mazda CX-5 mengusung fitur i-Activsense. Dimana fitur tersebut menaungi fitur Mazda Radar Cruise Control, Lane Departure Warning System (LDWS), Blind Spot Monitoring (BSM) & Rear Cross Traffic Alert (RCTA), serta Lane Keep Assist System (LKAS), Cruising and Traffic Support (CTS), dan Adaptive LED Headlight (ALH).

Jika dilihat dari kedua fitur tersebut memang mirip. Namun begitu, jika perhatikan Honda CR-V lebih lengkap yaitu ada 9 fitur di dalam Honda Sensing. Sementara untuk i-Activsense terdapat 7 fitur di dalamnya.

Baca juga  Wuling Almaz Limited Edition Meluncur, Harga Rp351,8 juta

Fitur Kenyamanan Mazda CX-5 Lebih Optimal

mazda cx-5 vs honda cr-v

Fitur Kenyamanan Mazda CX-5 lebih optimal

Pembahasan Mazda CX-5 vs Honda CR-V selanjutnya adalah dari sisi fitur kenyamanan, dimana Mazda CX-5 terlihat lebih optimal. Dimana Mazda CX-5 sudah terdapat Active Driving Display, Wireless Charging, Electric Seat with Memory Function, Auto Dimming Interior Mirror dan kamera 360 derajat serta hands-free power tailgate.

Yang tak kalah menarik adalah dengan ditanamkannya 10 titik speaker merek Bose untuk menyalurkan sistem audio dari headunit yang juga mampu terkoneksi dengan smartphone dan AppleCarplay serta Android.

Sementara itu untuk Honda CR-V sudah dilengkapi dengan fitur hands free access power tailgate untuk memudahkan membuka pintu bagasi, remote engine start, active-noise cancellation untuk meredam suara dari luar, serta speed sensitive volume compensation.

Performa Mesin Mazda CX-5 Lebih Mumpuni

mazda cx-5 vs honda cr-v

Mesin CX-5

Berbicara jantung pacu dari kedua mobil SUV ini, Mazda CX-5 di atas kertas lebih unggul. Dimana CX-5 mengusung mesin Skyactiv-G 2.5L dengan transmisi otomatis 6-percepatan yang dilengkapi dengan teknologi cylinder deactivation yang dirancang untuk meningkatkan penghematan bahan bakar dengan menonaktifkan 2 dari 4 silinder saat mengemudi.

Hasilnya, Mazda CX-5 mampu mengeluarkan tenaga maksimal sebesar 190 PS di 6.000 rpm serta torsi puncaknya 252 Nm di putaran mesin 3.250 rpm.

Kemudian untuk Honda CR-V mengadopsi pilihan 2 mesin. mesin, yang pertama berkapasitas 2.000cc bensin empat silinder dengan tenaga maksimal 154 PS di 6.500 rpm, dan torsi 189 Nm di 4.300 rpm. Disalurkan melalui transmisi matik CVT.

Baca juga  Sales Renault Ungkap Harga Kiger, Lebih Murah Rocky-Raize

Kemudian mesin keduanya berkapasitas 1.500cc yang sudah dilengkapi turbo, meski secara volume silinder lebih kecil namun tenaga maksimalnya tembus di angka 190 PS di 5.600 rpm, dan torsi 240 Nm di 2.000-5.000 rpm.

Jadi, jika dilihat dari data tersebut performa mesin Honda CR-V 1.5L Turbo setara dengan mesin Mazda XC-5. Namun torsinya tetap lebih besar CX-5.

Dimensi Honda CR-V Lebih Lega

mazda cx-5 vs honda cr-v

Dimensi CR-V lebih lega

Mazda CX-5 mempunyai dimensi panjang 4.575 mm, lebar 1.845 mm, dan tinggi 1.680 mm. kemudian untuk wheelbase di angka 2.700 mm serta ground clearance 193 mm.

Sementara itu untuk Honda CR-V mempunyai dimensi panjang 4.584 mm, lebar 1.855 mm dan tinggi 1.679 mm. Sementara itu untuk wheelbase di angka 2.660 mm dan ground clearance 201 mm.

Harga Mazda CX-5 Lebih Murah

mazda cx-5 vs honda cr-v

Mazda CX-5 facelift 2022

Membahas Mazda CX-5 vs Honda CR-V tak lengkap jika tidak mengulas dari sisi harganya. Jika dilihat dari pricelist masing-masing mobil tersebut, harga Honda CR-V lebih mahal dibandingkan Mazda CX-5.

Honda CR-V dibanderol mulai dari Rp 510 juta hingga Rp 644,9 juta. Sementara untuk Mazda CX-5 dibanderol harga mulai dari Rp 597,7 juta (Elite) dan Rp 607,7 juta (Kuro).

Moladiners, itulah ulasan mengenai Mazda CX-5 vs Honda CR-V. simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika