Ini Dia yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Ban Luar Motor

Sobat Moladin berencana untuk mengganti ban luar motor kah? Sudah tahu ban motor seperti apa yang dicari? Biar gak salah pilih, yuk simak tips memilih ban motor yang tepat untuk penggunaan berkendara sehari-hari. Gassss!

Ban Basah vs Ban Kering

Setiap produsen ban luar itu memiliki dua jenis ban, sob, yaitu ban basah dan ban kering. Kalau kita lihat iklim di Indonesia yang tropis dan memiliki curah hujan tinggi, Jinny sarankan sobat Moladin untuk memakai tipe ban basah. Ban basah itu memiliki daya cengkeram yang tinggi saat hujan mengguyur dan permukaan jalan dengan banyak genangan air, sob.

 

BAN IRC NF67

 

Kalian bisa mengenali tipe ban dengan melihat tulisan dari pabrikan ban. Biasanya pabrikan ban akan menuliskan tipe wet, dry, atau wet dry. Pilih yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya.

 

Motif Kembangan Ban Luar

Motif kembangan ban luar itu ada hubungannya dengan performa ban saat dipakai oleh motor kesayangan kalian. Buat penggunaan sehari-hari, sangat disarankan untuk menggunakan ban dengan motif kembangan yang searah.

Biasanya pabrikan ban membuat kembangan ban luar dengan arah yang sama serta memiliki kemiringan 45 derajat. Hal ini dimaksudkan supaya ban kalian mampu menyingkirkan air ke arah samping dan permukaan ban tetap kokoh mencengkeram jalan, sob. Motor pun tetap stabil walaupun melewati permukaan yang basah.

 

AEROX STANDAR

 

Gunakan Ban dengan Telapak Sedang

Ban dengan telapak kecil memang sedang hits, sob. Selain tidak banyak menyedot tenaga dari mesin, ban ini hanya sedikit bergesekan dengan permukaan jalan karena ukurannya yang kecil sehingga membuat motor lebih irit bahan bakar.

Tapi ban motor dengan telapak kecil sebenarnya punya kelemahan lho. Motor dengan ban telapak kecil gampang selip dan terpelanting saat kalian mengerem mendadak atau saat permukaan jalan basah. Ancaman lain dari ban luar dengan telapal kecil ini adalah rentan pecah saat di jalanan. Hiy serem juga ya.

Oleh karena itu, jinny sarankan gunakan ban dengan telapak berukuran sedang, sob. Ban dengan telapak sedang cukup hemat bahan bakar kok, jalannya juga lebih stabil dibandingkan dengan yang bertelapak kecil. Keamanan kalian pun tetap terjaga. Ingat keamanan itu nomor satu ya.

 

Pastikan Ukuran Velg Sesuai dengan Ban Luar

Sesuaikan ukuran ban dengan velg motor kesayangan kalian ya, sob. Ini penting banget soalnya jika ban luar terlalu besar cenderung mengakibatkan oleng alias jalan motor tidak stabil. Kalau ingin menggunakan ban yang berukuran lebih besar maksimal itu dua inchi lebih besar, sob. Pabrikan sepeda motor biasanya memberikan toleransi perubahan ukuran dan velg ban sebesar itu.

 

Baca Kode Produksi Ban Luar dengan Teliti

Memilih ban motor yang tepat bisa juga dilihat dari kodenya sob! Baca juga kode produksi ban ya, sob. Jangan sampai kalian membeli ban yang kadaluarsa. Tepat sekali, gak cuma makanan yang bisa kadaluarsa, ban pun bisa expired. Biasanya pabrikan ban menuliskan 5 tahun setekah pembuatan sebagai tanggal kadaluarsanya.

Nah, udah pada tahu kan tips memilih ban motor yang tepat khususnya bagian ban luar. Yuk segera beli ban luar buat motor kesayangan kalian. Supaya lebih simpel dan gak ribet, kalian bisa pakai fitur spare part dari Moladin. Tinggal klik beli ban yang jadi incaran kalian. Mudah dan cepat! Cobain yaaa….

 

BELI BAN MOTOR DENGAN JAMINAN HARGA MURAH DAN KUALITAS ORIGINAL DI MOLADIN

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *