oleh

Mercy Tiger Euro vs US Style, Ini 4 Perbedaanya!

Mercy Tiger Euro vs US Style, beberapa pecinta otomotif belum mengetahui perbedaanya. Padahal untuk membedakan kedua model ini cukup mudah. Jika kamu penggemar mobil retro, wajib tahu!

Mercy W123 atau di Indonesia lebih dikenal dengan nama Mercy Tiger mempunyai basis penggemar yang tidak sedikit. Bahkan ada komunitasnya yang bernama Mercedes Benz Tiger Club Indonesia yang sudah eksis dari tahun 1999. Sampai saat ini jumlah anggotanya juga sudah lebih dari 100 member.

Nah, dari sekian banyak Mercy Tiger yang beredar di jalanan Indonesia ternyata ada dua pilihan tampilan W123. Mercy Tiger Euro vs US Style. Perbedaan keduanya signifikan, meski hanya dibagian eksteriornya saja.

Sebelum membahas apa saja perbedaan mengenai Mercy Tiger vs US Style, ada baiknya kita mengetahui perjalanan singkat mobil asal Jerman yang sampai saat ini semakin banyak penggemarnya di Indonesia.

Sepak terjang Mercedes-Benz W123 di Indonesia dimulai pada tahun 1977 hingga akhir tahun 1986. Kehadirannya mendapat antusias yang positif dari pecinta otomotif di Indonesia, Khususnya penggermar mobil Eropa dan bahkan menjadi primadona dikalangan eksekutif atau pebisnis waktu itu.

Sehingga Mercy Tiger mendapat julukan Mercy Macan alias manis dan cantik. Namun, seiring berjalannya waktu, penggemar W123 merubah julukannya dengan Tiger agar lebih kebarat-baratan.

Baca juga  Harga Toyota Sienta Bekas, Semahal Apa?

Mercy W123 atau Mercy Tiger yang masuk ke Indonesia ada tiga model, sedan, coupe dan station wagon dan desainnya bergaya Eropa (Euro Style). Namun tidak lama kemudian, masuk body part US Style yang bisa langsung dipasang pada Mercy Tiger alias plug in,” ungkap Ryan Firdaus, salah satu member Mercy Tiger Clu Indonesia. (31/1/2022).

Daftar Perbedaan Mercy Tiger vs US Style

mercy tiger euro vs us style
Lampu depan Mercy Tiger US Style
Seperti sudah diungkapkan sebelumnya bahwa perbedaan Mercy Tiger vs US Style terdapat pada bagian eksteriornya saja. Nah, bagian apa saja yang membedakan keduanya. Berikut ulasannya.

1. Desain Lampu Depan

Perbedaan Mercy Tiger Euro vs US Style yang pertama adalah pada bagian lampu depan. Mercy W123 yang masuk ke Indonesia semuanya bergaya Euro alias Eropa. Ciri khas yang mudah dikenali adalah bagian lampu depannya.

Lampu depan W123 bergaya Euro mengusung desain kotak dengan lampu sein berwarna kuning. Selain itu, pada lampu ini juga bisa disetel arah sinarnya dengan menggunakan sistem vakum.

“Jadi kalau lampu bawaan Mercy Tiger Euro itu ada setelan arah untuk lampu depannya. Misalnya lampu kurang ke atas atau ke bawah dan itu bisa disetel dari kabin interiornya. Ada tombolnya yang terletak dibagian tengah dashboard. Namun jika sudah diganti dengan lampu depan US Style ya sudah tidak bisa digunakan fitur setelan tersebut,” imbuh Ryan.

Baca juga  Teknologi BCI Mercedes-Benz, Kendalikan Mobil Lewat Pikiran

Sementara itu kalau untuk lampu depan bergaya US Style, itu desainnya masih kotak namun ada tambahan frame berbentuk bulat. Sehingga lampu bagian depan tersebut terlihat bulat terbagi dua.

“Kalau untuk lampu depan US Style masih kotak secara desain keseluruhan, namun dibagian depannya terdapat tambahan frame dengan gaya membulat sehingga lampu terlihat lebih gagah,” terang Ryan.

2. Desain lampu Belakang

mercy tiger euro vs us style
Lampu belakang Mercy Tiger US Style

Kemudian perbedaan Mercy Tiger Euro vs US Style berikutnya adalah pada bagian lampu belakangnya. Perbedaan keduanya tidak sejelas tampilan lampu depannya.

Sebab, yang membedakan dari bagian lampu belakang ini hanya terdapat pada bagian ujungnya saja. Euro berwarna kuning dan US Style ada sedikit warna merahnya.

“Kalau untuk lampu bagian belakang harus didekati baru kelihatan perbedaannya. US Style ada sedikit warna merah di bagian ujungnya. Sementara Euro kuning semua,” jelas Ryan.

3. Bumper Depan dan Belakang

mercy tiger euro vs us style
Bumper Mercy Tiger US Style

Kemudian, perbedaan Mercy Tiger Euro vs US Style yang terakhir adalah bagian bumpernya. Desain US Style lebih “memble” dan besinya diklaim lebih tebal serta terdapat suspensi pada bumpernya.

“Bumper US Style lebih memble dibandingkan bumper Euro. Jadi kalau dipasang tampilan Mercy tiger lebih macho. Selain itu pada bumper US Style juga terdapat suspeni atau shockbreakernya. Jadi kalau tidak sengaja nabrak tembok lagi parkir itu bumper akan membel. Ya intinya lebih kuat lah,” imbuh Ryan.

Baca juga  4 Koleksi Mobil BJ Habibie, Langka dan Mewah

4. Harga Body Part US Style Mahal

mercy tiger euro vs us style
Body part dari Mercy Tiger US

Seperti sudah diketahui bahwa Mercy Tiger yang masuk ke Indonesia bergaya Euro, namun mayoritas pemiliknya ingin mengganti dengan US Style. Meski begitu untuk mendapatkannya tidak mudah dan harganya juga tidak main-main alias mahal.

Menurut Ryan, harga body part tersebut tidak ada patokan seperti body part mobil baru. Sebab ketersediaan dari part sudah jarang. Ada yang New Old Stock (NOS), atau bekas alias copotan.

“Untuk harganya memang tidak ada seperti di katalog harga part mobil baru, jadi hanya bersifat kisaran. Untuk lampu depan US Style harganya bisa mencapai Rp 25 juta. Sementara untuk lampu belakang kisaran Rp 15 juta sampai Rp 20 juta. Sedangkan untuk bumper depan belakang alias satu set dikisaran Rp 20 jutaan. Sekali lagi, harga-harga tersebut tidak bisa menjadi acuan karena tergantung kondisi barang dan pemiliknya,” tutup Ryan.

Moladiners, itulah ulasan mengenai perbedaan Mercy Tiger Euro vs US Style. Untuk informasi otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru