oleh

8 Merek Mobil Rusia, Ada Yang Mau Masuk Indonesia?

Membahas merek mobil Rusia memang menarik. Sebab masih banyak pecinta otomotif yang belum tahu, jika salah satu negara adidaya ini ternyata juga mempunyai brand lokal di industri otomotif.

Deretan merek mobil Rusia memang tidak mendunia layaknya merek mobil asal Jerman dan Amerika. Meski begitu, ada salah satu merek mobil yaitu Lada yang hampir masuk ke Indonesia. Namun sayangnya sampai sekarang belum ada kejelasan lebih lanjut.

Nah, mau tahu lebih jauh apa saja merek mobil Rusia yang sampai saat ini masih eksis. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Lada

merek mobil Rusia
Lada

Merek mobil Rusia yang pertama adalah Lada. Merek ini mulai beredar tahun 1973 yang berdomisili di Tolyatti, nama Lada sendiri berasal dari Bahasa Slavia yang mempunyai makna sebagai perahu kecil.

Memasuki tahun 1990-an, salah satu perusahaan otomotif besar di Rusia yaitu AvtoVAZ mengambil alih perusahaan. Beberapa deretan lini produk mobil Lada adalah Lada 110, Lada 111, Lada 112, Lada Kalina, Lada Samara, Lada Riva, Lada Oka, Lada Granta, Lada Vesta, Lada XRay, Lada Largus, serta Lada Niva.

2. Auruz Motors

merek mobil Rusia
Mobil kepresidenan dari Auruz Motors

Merek mobil Rusia selanjutnya adalah Auruz Motors yang resmi beroperasi tahun 2018. Menariknya, merek ini ternyata memproduksi mobil kepresidenan.

Ada beberapa model dari mobil merek Auruz yang kesemua mobilnya anti peluru.  Adalah Auruz Kortezh, Aurus Senat (sedan limousine), Auruz Arsenal (mobil Van), serta mobil dengan model Sport Utility Vehicle yaitu Auruz Komendant.

3. GAZ

merek mobil Rusia
GAZ

Merek GAZ adalh singkatan dari Gorkovsky Avtomoilny Zavod. Merek ini bermarkas di Nizhny Novgorod. Oh ya, umur dari GAZ ternyata sudah sepuh.

Eksistensi mobil GAZ sudah ada sejak tahun 1932. Kala itu, GAZ menjalin relasi dengan merek otomotif asal Amerika Serikat, Ford, dan resmi memproduksi mobil pertama mereka, yakni GAZ-A yang merupakan rebadge dari Ford Model A.

Pada 2009, GAZ diambil alih oleh perusahaan besar rusia Bernama SibAl. Lalu selanjutnya pada 2011, GAZ sempat berkolaborasi dengan kembali dengan General Motors dan Volkswagen.

Nah, untuk model mobil yang pernah dibuat oleh mereka, diantaranya ada GAZ-A, GAZ-AA, GAZ-4, GAZ-M1, GAZ-MM, GAZ-61, GAZ-12, GAZ-21, GAZ-13, GAZ-14, GAZelle NEXT, GAZelle Business, GAZ Sobol, GAZon NEXT, dan lainnya.

4. UAZ

merek mobil Rusia
UAZ

UAZ pertama kali hadir pada 1941 dan bermarkas di Kota Ulyanovsk, Rusia. Nama UAZ sendiri merupakan singakatan dari Ulyanovsky Avtomobilny Zavod.

UAZ memproduksi truk atau mobil-mobil bak terbuka dan mobil van. Bukan tanpa alasan, awal kehadirannya merek ini diproyeksikan untuk kendaraan-kendaraan berat, khususnya truk untuk mengangkut pasukan pada perang dunia ke-2.

Deretan model mobil populer dari UAZ antara lain UAZ Patriot, UAZ Hunter, UAZ Pickup, UAZ-452, UAZ-469, UAZ Bars, UAZ Simbir, UAZ Simba, UAZ Sport, dan UAZ Jaguar.

5. Kamaz

merek mobil Rusia
Kamaz

Kamaz merupakan salah satu merek mobil Rusia yang memproduksi Truk. Merek ini hadir pertama kali pada tahun 1969 dan berproduksi di Kota Naberezhnye Chelny, Rusia.

Menariknya,Kamaz juga jadi salah satu merek truk yang cukup aktif ikut serta dalam ajang balap reli ketahanan, yakni Reli Paris Dakar. Bukan hanya sekadar ikut serta, Kamaz juga berhasil mendominasi balapan tersebut dengan meraih 18 kali gelar juara dunia Reli Paris Dakar kelas truk.

6. Ural

merek mobil Rusia
Ural

Sama seperti Kamaz, merek Ural hanya memproduksi kendaraan-kendaraan besar, seperti truk dan tronton. Ural memiliki nama lengkap Uralsky Avtomobilnyi Zavod yang mempunyai tempat produksi di Kota Chelyabinsk Oblast, Rusia.

Ural memang lebih condong memproduksi dan mengembangkan kendaraan truk yang dikhususkan untuk kebutuhan perang. Hal ini rupanya masih berlanjut hingga saat ini.

Meski begitu, pada awalnya Ural merupakan produsen mesin dan girboks kendaraan, khususnya untuk kendaraan-kendaraan besar seperti truk. Merek ini baru memproduksi kendaraan pertamanya pada Juli 1944 dengan merilis truk Ural ZIS-5.

7. AvtoVAZ

merek mobil Rusia
AvtoVAZ

Perusahaan AvtoVAZ sudah berdiri sejak 1966, atau 56 tahun yang lalu. Markasnya berada di daerah Tolyatti. Pada tahun 1990-an mereka mengakusisi merek otomotif Lada.

AvtoVAZ menjadi perusahaan otomotif terbesar di negara yang dipimpin oleh Vladimir Putin, dan terbesar kedua di Eropa Timur setelah merek Skoda yang berasal dari Republik Ceko. Bahkan pabrik milik AvtoVAZ bisa memproduksi kendaraan untuk kebutuhan ekspor hingga 400 ribu unit dalam satu tahun.

Oh ya, sejak Januari 2021 AvtoVAZ menjadi bagian dari Renault Lada dan Dacia sebagai struktur bisnis unit.

8. Nami

merek mobil Rusia
Nami

Merek mobil Rusia berikutnya adalah Nami yang sudah berdiri sejak 1931. Memasuki 1932 Nami melahirkan NATI 5 yang dibuat dari basis Ford Model A. Kemudian ada GAZ 30 yang menjadi model purwarupa dari GAZ AAA.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa deretan merek mobil Rusia. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru