Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

10 Merek Mobil Terlaris di Indonesia, Meski Diterpa Korona

by Deni Ferlindungan
cara menabung untuk beli mobil impian

Merek Mobil Terlaris 2020 – Wabah virus korona sangat mempengaruhi industri otomotif di Indonesia. Penjualan mobil menjadi salah satu yang paling terdampa. Tercatat selama tiga bulan pertama di tahun 2020 mengalami penurunan yang cukup besar.

Padahal, jika melihat pencapaian di tahun 2019 lalu, para pelaku industri otomotif di Tanah Air sejatinya cukup optimis. Terlebih melihat perkembangan pasar yang cukup menjanjikan.

Bahkan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yakin mampu meraih target lebih dari satu juta unit di tahun ini. Sayangnya, virus korona melunturkan optimisme tersebut. Alhasil target awal yang dicanangkan pun harus mengalami revisi yang cukup besar.

Jongkie D Sugiarto selaku Ketua I Gaikindo menjelaskan, penjualan mobil sepanjang tahun 2020 ini tak akan semulus tahun-tahun sebelumnya.

Mengingat sejumlah kondisi saat ini, yang berdampak kepada perekonomian di Indonesia. Gaikindo pun meyakini seluruh industri turut mengalami penurunan.

“Dari target 1,1 juta unit, menjadi 600 ribu unit. Semua mengalami penurunan, baik passanger maupun commercial car sepanjang tahun ini,” ujar Yongkie.

Baca juga  10 Mobil Terlaris Oktober, Avanza Tiarap Lagi?

Data Penjualan Mobil di Indonesia, Turun 34 Persen

IIMS 2020 Ditunda

Pandemi Korona, mempengaruhi perhelatan IIMS 2020 yang harus ditunda

Penurunan penjualan mobil di pasar domestik seakan terjawab dalam waktu singkat. Berdasarkan data penjualan yang dirilis laman resmi Gaikindo, selama tiga bulan pertama tahun 2020 ini, mengalami penurunan hingga 34 persen.

Penjualan dari dealer ke konsumen (retail), tercatat hanya sebanyak 60.447 unit. Torehan itu mengalami penurunan hingga 34 persen jika dibandingkan dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Merosotnya penjualan mobil di Indonesia, pun terlihat setiap bulannya. Seperti yang terjadi pada Februari, penjualan retail untuk mobil berada di angka 77.847 unit. Sementara Maret, menurun 22 persen, menjadi 60.447 unit.

Virus korona yang menerpa Indonesia, tampaknya mampu menurunkan daya beli masyarakat, khususnya untuk sektor otomotif. Hal ini cukup beralasan bila mengingat regulasi yang diterapkan pemerintah saat ini.

Di mana sejumlah wilayah di Bumi Pertiwi menerapkan social distancing atau pembatasan sosial. Ini merupakan serangkaian tindakan pengendalian infeksi nonfarmasi untuk menghentikan atau memperlambat penyebaran penyakit menular.

Baca juga  3 Produk Ini Dorong Penjualan Mobil Honda di November

Alhasil konsumen yang mungkin tertarik untuk mengganti kendaraannya, lebih memilih untuk menahan diri, untuk membeli mobil.

Di tengah kondisi saat ini, namun setidaknya masih ada 10 merek mobil terlaris di awal tahun 2020 ini. Meski diterpa pandemi korona yang menimpa Indonesia untuk periode Januari hingga Maret 2020.

Merek Mobil Terlaris di Kuartal Pertama 2020

merek mobil terlaris 2020

Toyota masih mendominasi penjualan mobil Tanah Air, meski diterpa Virus Korona

Walau jadi yang terlaris, namun penjualan mereka sejatinya tetap kena imbas Korona. Berikut daftar merek mobil terlaris pada kuartal pertama tahun ini menurut data GAIKINDO (Januari-Maret 2020).

  1. Toyota 66.599 unit
  2. Daihatsu 39.186 unit
  3. Honda 35.178 unit
  4. Suzuki 25.425 unit
  5. Mitsubishi Motors 22.073 unit
  6. Mitsubishi Fuso 8.508 unit
  7. Isuzu 5.255 unit
  8. Hino 4.882 unit
  9. Wuling 3.889 unit
  10. Nissan 2.248 unit

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika