Minggu, September 25, 2022

Merek Mobil Terpopuler di TikTok, Bukan Avanza dan Xpander!

by Tigor Sihombing
Mobil Paling Populer di TikTok

Siapa mobil paling populer di TikTok? Apakah Toyota Avanza atau Mitsubishi Xpander? Ternyata bukan keduanya.

Melalui hasil riset yang dilakukan laman Confused.com terhadap brand-brand kendaraan yang aktif di sosial media TikTok, BMW didaulat jadi pabrikan yang paling eksis. Metode pengukurannya terbilang sederhana. Yakni hanya berdasarkan  thastag atau tagar yang menyebutkan setiap merek dan model kendaraan.

Disebutkan laman tersebut, produk-produk BMW yang aktif di laman sosial media TikTok berasal dari akun-akun resmi pabrikan. Ambil contoh BMW, BMW USA, Motorrad, dan BMW Motorsport.

Jenis konten-konten yang disajikan BMW biasanya disiapkan untuk langsung menyasar kepada penggemarnya. Isinya berupa potongan-potongan video klip balap, informasi mobil baru, dan model nostalgia.

Dari hasil postingan-postingan tersebut, BMW berhasil menarik para penonton muda dengan total 49,2 miliar tampilan. Hasil tersebut mengukuhkan posisi perusahaan sebagai merek otomotif paling aktif di platform, alias paling banyak muncul.

Posisi selanjutnya ditempati oleh Mercedes-Benz dengan 27,1 tampilan. Di tempat ketiga dan keempat ada Audi dan Honda yang masing-masing mengumpulkan 20,4 miliar tampilan.

Baca juga  BMW X5 7-Seater 2021, Lebih Mewah dan Nyaman

Sedangkan posisi kelima dan keenam brand mobil paling populer di TikTok adalah Tesla dan Ford. Keduanya mengumpulkan 19,1 miliar tampilan. Berbeda tipis dengan Lamborghini yang berada di tempat ketujuh dengan 19 miliar tampilan. Selajutnya brand mobil paling populer di TikTok berikutnya ada Toyota dengan 15,8 miliar, Ferrari 13 miliar, dan Nissan 11 miliar tampilan.

Ford Maverick, Toyota Supra, dan Nissan GTR Terpopuler di Tiktok

mobil terpopuler di tiktok - ford maverick

Ford Maverick merupakan jenis mobil pick up terpopuler di Tiktok

Sedangkan untuk model-model mobil yang paling banyak dilihat di TikTok, ternyata berbeda dengan pabrikan yang paling banyak ditonton. Lamanan tersebut menyebut Ford Maverick menduduki puncak daftar, dengan lebih dari 10,9 miliar tampilan dari berbagai jenis konten. Adapun konten-konten tersebut diproduksi oleh akun resmi pabrikan, pengguna mobil itu sendiru, penggemar, atau media sendiri yang mengkreasikan.

Mungkin salah satau mengapa hastag  #FordMaverick lumayan bergema di TikTok lantaran di Amerika Serika sendiri Ford pickup jenis F Series adalah mobil yang terlaris.

Baca juga  7 BMW M Series Koleksi Mobil Marc Marquez

Terlebih berita Ford Maverick masih hot, lantaran mobil ini baru rilis pertama kali pada Juni 2022. Ford Maverick sendir menjadi pickup ketiga di jajaran Ford setelah F-150 dan Ranger, dimana semuanya masuk dalam medium truck.

Selanjutnya di bawah Ford Maverick, ada Ford Mustang yang berhasil menarik sampai 10,7 miliar penonton. Di bawahnya masih dikuasai kendaraan-kendaraan sports dan supercar seperti Toyota Supra dan Nissan GT-R yang memberikan tayangan rata-rata sekitar 8,4 hingga 9,2 miliar tampilan. Kemudian ada Subaru WRX dan Chevrolet Camaro dengan angka tontonan mencapai 4,1 dan 2 miliar tampilan.

Tiktok Merupakan Media Promo yang Efektif

BMW mobil terpopuler di tiktok

BMW jadi merek mobil terpopuler di tiktok

Buat yang belum tahu Tiktok, ini merupakan platform jejaring sosial dan video musik. Di mana pengguna bisa membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek lengkap dengan filter dan disertai musik sebagai pendukung.

Melihat daftar mobil terpopuler di Tiktok sungguh unik, karena TikTok sendiri hingga saat ini memang menjadi tempat fovorit brand-brand mobil untuk mengenalkan produknya secara luas. Dengan tujuan utama adalah brand awareness.

Baca juga  BMW Training Center Siap Ciptakan SDM Standar International

Pasalnya kalau untuk jualan mobil, pasar TikTok bukanlah orang – orang yang bisa membeli mobil dengan segmentasi mewah. TikTok sendiri pernah membeberkan data, jika pengguna terbanyaknya datang dari kalangan generasi Z dan Y. Rentang usia terbesar ada di 14 – 24 tahun (Gen Z). Selebihnya baru disusul oleh Generasi Millennials kelahiran 1981-1996 dan berusia antara 25-40 tahun.

Demikian ulasan terkait mobil – mobil paling populer di TikTok. Simak terus Moladin.com untuk  update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika