oleh

MG 5 GT, Bikin Penasaran Pengunjung GIIAS 2021

Moris Garage (MG) merupakan salah satu merek mobil asal Inggris yang hadir untuk pertama kalinya di perhelatan GIIAS 2021. Menariknya, MG memajang satu unit mobil sedan bergaya coupe dengan nama MG 5 GT.

MG 5 GT berkelir Nuclear Yellow tersebut tentunya menjadi salah satu pusat perhatian pengunjung GIIAS 2021. Bukan tanpa alasan, desainnya yang bergaya coupe 4 pintu tentunya menjadi daya tarik tersendiri diantara jajaran mobil MG lainnya yang didominasi SUV.

Tampilannya kental dengan aura sporty. Sekilas desain bagian depannya mirip dengan desain Mercy A-class terbaru, yang membedakan hanya bagian grullnya saja. Sementara pada bagian kap mesinnya desainnya mengembung layaknya Nissan GT.

Pada bagian kaki-kakinya, MG 5 GT menggunakan pelek two-tone tomahawk spokes alloy wheels berukuran 17 inch yang membuat tampilannya semakin garang.

Pada bagian belakangnya terlihat simple namun tidak menghilangkan kesasn sportynya. Dimensi lampu belakangnya tidak besar, kemudian pada bagian bumpernya terdapat lubang udara di sudut kanan kiri serta dua lubang knalpot. Gagah!

Baca juga  Toyota Vios Gazoo Racing Sport, Pakai 10-Percepatan CVT

Sayangnya kami tidak bisa melihat langsung bagian interiornya. Namun kalau melihat laman resmi MG di Thailand, desainnya mengusung dominasi warna hitam serta terdapat layar sentuh di bagian tengah dashboard.

Pihak MG Indonesia juga belum membocorkan spesifikasi mesin maupun fitur-fitur yang diusung termasuk harganya. Hal tersebut tentunya semakin membuat penasaran para pengunjung booth MG di GIIAS 2021.

“Untuk harga dan spesifikasinya belum bisa dirilis. Meski demikian sudah ada beberapa orang yang serius tertarik ingin membelinya. Bahkan mereka rela meninggalkan nomor telepon untuk nantinya dihubungi jika harga sudah resmi dirilis. Kemarin juga sudah ada yang mau booking namun belum bisa kami terima,” terang salah satu wiraniaga MG di booth GIIAS 2021. (17/11/2021).

Walau demikian, lagi-lagi kalau melihat di MG Thailand, maka MG 5 GT pakai jantung mekanis 1.500 cc, berteknologi DOHC, 4 silinder, VTi-Tech. Mesin tersebut punya torsi paling besar di kelasnya, tembus 150 Nm pada 4.500 rpm dan tenaga maksimal 114 PS pada 6.000 rpm. Sementara untuk sistem transmisinya menggunakan CVT 8-percepatan.

Baca juga  Kelebihan dan Kekurangan Civic Ferio, Tertarik Beli?

Jika benar hadir di Indonesia nanti, maka MG 5 GT akan menjadi pesaing dari Toyota Vios dan Honda City.

Sekilas Moris Garage (MG)

MG 5 GT
MG merupakan merek Inggris yang kini berada di bawah payung perusahaan cina SAIC

Sejarah MG dimulai 1920 dari diler mobil di Oxford, Inggris bernama Morris Garage. Diler ini merupakan penjual mobil merek Morris yang dimiliki Morris Motors, perusahaan yang didirikan oleh William Morris.

Pada 1928, perusahaan bernama M.G Car Company resmi berdiri dengan kepemilikan terbesar dipegang oleh William Morris. Perusahaan ini khusus memproduksi mobil sport merek MG.

Singkat cerita, pada 2005 perusahaan milik China, Nanjing Automobile Group mengakuisisi sebagian aset MG Rover Group kemudian mendirikan perusahaan bernama NAC MG UK Limited. Nanjing Automobile Group diakuisisi SAIC (Shanghai Automotive Industry Corporation) Motor pada 2007 kemudian NAC MG UK Limited diubah menjadi MG Motor UK Limited.

Di Indonesia, MG dipegang oleh SAIC Motor Indonesia yang juga memegang merek Hong Yan. Mereka memulai bisnis dengan menjual mobil impor perdana yaitu MG ZS. Peluncuran ZS dilakukan secara online pada 24 Maret 2020.

Baca juga  New Mercedes-Benz S-Class 2021, Harganya Rp 3 Miliar

Moladiners, itulah ulasan mengenai MG 5 GT. Sudah tidak sabar ingin membelinya? Pantau terus Moladin.com biar tidak ketinggalan update berita otomotif menarik lainnya.

Terbaru