Jumat, Maret 29, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

MG HS Siap Meluncur, Rival Honda CR-V!

by Deni Ferlindungan

Tidak lama lagi, MG HS meluncur di pasar otomotif Indonesia. SUV merek Inggris tersebut dijadwalkan siap dijual secara resmi pada Rabu (13/8/2020).

Ini bakal menjadi produk SUV kedua MG di Indonesia. Sebelumnya mereka telah memiliki MG ZS yang hadir pada Maret 2020. Beda HS dan ZS ada di target pasar. Khusus HS, menyasar segmen yang lebih tinggi.

Hal ini terlihat dari dimensi MG HS yang bongsor. Kemudian performa mesin juga lebih mantap karena mengadopsi teknologi turbo, serta sistem keselamatan lengkap.

“Reputasi yang telah dibangun MG selama hampir seratus tahun membuat kami yakin produk yang kami hadirkan ke Tanah Air mampu meredefinisikan ekspektasi para pecinta otomotif di Indonesia,” kata PR & Marketing Director MG Motor Indonesia, Arief Syarifudin dalam siaran pers yang kami terima.

Mau tahu bocoran terkait spesifikasi MG HS? Simak bahasan berikut:

Sosok MG HS Dibocorkan saat Peluncuran MG ZS

MG HS

Mobil ini punya mesin 1.5 liter berteknologi turbo seperti Wuling Almaz dan DFSK Glory 580

MG ZS sesungguhnya bukan produk yang benar-benar baru untuk pasar Indonesia. Mobil ini pernah diperkenalkan secara singkat oleh Managing Director MG Motor Indonesia, Figo Lee pada saat peluncuran MG ZS.

“Selagi Anda menikmati segala kehebatan ZS, inilah preview yang dipersembahkan untuk Anda, MG HS,” kata Figo saat peluncuran MG ZS secara virtual, Maret 2020.

Baca juga  MG ZS Facelift, Meluncur 9 September 2021

Kemudian sosok MG HS semakin jelas terlihat, lantaran disebarkan oleh  akun Instagram @mgcibubur.id. Mereka menyorot sebuah SUV yang dipajang di salah satu dealer MG di Indonesia. Bila melihat gambar, tampak jelas mobil tersebut adalah HS.

Pertanyaannya ketika itu, apakah SUV kedua MG ini juga akan kembali meluncur di tengah pandemi Covid-19? Mengingat saudara kandungnya, ZS juga harus meluncur secara virtual. Penyebabnya tidak lain, efek pandemi virus Korona yang menimpa Indonesia.

Ternyata benar, MG HS hadir saat pandemi masih berjaya di Indonesia. Walau demikian, peluncuran mobil ini sendiri bisa menjadi tanda bahwa sektor otomotif di Tanah Air mulai bangkit. 

Bermain di segmen medium SUV. HSbakal menjadi rival kuat Mazda CX-5 dari sisi dimensi dan kapasitas penumpang. Bila melihat kapasitas mesin, kompetitornya adalah DFSK Glory 580, Wuling Almaz, dan Honda CR-V.

Spesifikasi MG HS, Kental Aura Sportif 

spesifikasi MG HS indonesia

MG HS akan diluncurkan di Indonesia

Bila menilik spesifikasi MG HS di Thailand, SUV ini memiliki dimensi yang lebih besar dari ZS. Spesifikasi panjangnya 4.574 mm, lebar 1.876 mm, dan tinggi 1.664 mm. Jarak sumbu rodanya 2.720 mm. 

Baca juga  MG5 Siap Meluncur di GIIAS 2021, Sedan Murah Paling Ganteng!

Soal kapasitas penumpang, cuma 5-orang. Meski begitu, interiornya begitu sportif. Dapat terlihat dari penggunaan tema kabin berwarna hitam dan merah. Kemudian joknya sudah dibalut kulit.

Pada sektor jantung mekanisnya, mobil SUV ini pakai mesin 1.5 liter turbocharger. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 162 ps dengan torsi 250 Nm. Tenaga disalurkan via transmisi Twin Clutch Sportronic Transmission (TST) 7 percepatan.

Di atas kertas, performa mesin tersebut bisa mepet Mazda CX-5. Terutama dari sisi torsi. Padahal kapasitasnya beda jauh. SUV Mazda menggendong kapasitas 2.5 liter. 

Kemudian ada pula fitur super sport. Pengendara bisa memilihnya untuk merasakan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan, sekaligus merasakan seluruh kemampuan dari SUV ini.

Dari sisi keselamatan, rival CX-5 tersebut sungguh sangat lengkap. Ada AVH
(auto vehicle hold), ABS (anti-lock braking system), EBD (electronic brake distribution), EBA (electronic brake assist), CBC (curve brake control), XDS (electronic differential system), SCS (stability control system), dan TCS (traction control system).

Belum selesai, hadir pula HAS (hill start assist system), HDC (hill dsecent control system), MSR (motor control slide retainer), ARP (anti rolling program), dan banyak lagi. Totalnya ada 25 fitur keselamatan, termasuk kehadiran enam airbangs.

Baca juga  Review MG ZS Facelift 2021, Lebih Nyaman?

MG HS pun punya fitur ambiance light di kabin untuk menyesuaikan dengan tema yang diinginkan pengemudi. Tidak ketinggalan panoramic sunroof dan head unit layar sentuh besar.

Kisaran Harga MG HS di Indonesia

Mesin MG HS

Mesin MG HS lebih bertenaga, pakai kapasitas 1.500 cc turbo

Terkait harga, jika menilik dari pasar Thailand. MG HS ditawarkan dalam tiga varian, yakni Turbo C, Turbo D, dan Turbo X.

Untuk MG HS Turbo C dijual dengan harga 919.000 Baht atau setara Rp 452,5 jutaan. Lalu varian Turbo D seharga 1.019.000 Baht atau setara Rp 501,9 jutaan, dan varian Turbo X sebesar 1.119.000 Baht atau sekira Rp 551 jutaan.

Ketika masuk Indonesia, bukan tidak mungkin harganya bakal lebih murah. pasalnya hal ini sudah terjadi dengan MG ZS, saudaranya yang meluncur lebih dulu di pasar Tanah Air.

Bila bisa dipasarkan lebih murah dari Honda CR-V dan Mazda CX-5, kemudian tidak beda jauh dari banderol Wuling Almaz serta DFSK Glory 580, maka harusnya MG HS punya peluang besar berjaya di Indonesia. Mari sama-sama tunggu waktu peluncurannya pada 13 Agustus 2020.

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika