Rabu, April 17, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mitsubishi Rilis Canter dan Fighter X Euro4, Lebih Kuat!

by Tigor Sihombing
Mitsubishi Rilis Canter dan Fighter X Euro4

Mitsubishi rilis Canter dan Fighter X Euro4. Total ada 29 varian Canter dan Fighter X yang hadir dengan Standar Euro4.

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) di Indonesia, menjelaskan truk terbaru tersebut terdiri dari 15 verian Canter dan 14 varian Fighter X.

Canter sendiri merupakan model truk terlaris yang sebelumnya bernama Colt. Sedangkan Fighter berubah nama menjadi Fighter X dengan warna kabin baru.

Mitsubishi mengatakan atas kebutuhan pelanggan, kedua kendaraan ini telah ditingkatkan di sisi teknis menjadi lebih kuat.

Mitsubishi canter hadir dengan mesin baru berkode 4V21, berstandar Euro4. Sedangkan untuk Fighter X mengusung mesin 6M60 dengan teknologi Common Rail.

Mitsubishi mengatakan kedua mesin ini dapat menghasilkan tenaga yang maksimal, torsi yang lebih tinggi di range RPM yang lebih panjang sehingga performanya lebih optimal.

Selain itu mesin Fighter X,  juga didukung teknologi Exhaust Gas Recirculation, Positive Crankcase Ventilation, dan Diesel Oxidation Catalyst Muffler mampu menurunkan kadar emisi NOx (Nitrogen Oxide) sehingga emisi gas buang kendaraan lebih ramah lingkungan.

Baca juga  Mitsubishi Fuso eCanter Mulai Uji Coba Jadi Truk Logistik di Banten!

“Kami berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan dukungan layanan kepada pelanggan di seluruh Indonesia,” kata Nobukazu Tanaka, Presiden Direktur PT KTB saat sesi peluncuran secara daring pada hari ini 24 Maret 2022.

Iya juga mengatakan jika Mitsubishi FUSO juga akan mempertahankan layanan Free Service yang selama ini diapresiasi konsumen hingga setelah peluncuran kendaraan baru ini.

Untuk memperkuat layanan purna jual Mitsubishi Fuso akan menambah fasilitas Parts Depo untuk menjamin ketersediaan pasokan suku cadang.

Mitsubishi Fuso juga akan meningkatkan fungsi Mobile Workshop Service yang dilengkapi dengan peralatan berteknologi tinggi untuk memeriksa kinerja mesin EURO 4 dan menyediakan mekanik profesional untuk melakukan perawatan unit-unit kendaraan yang ada di on-site atau di lokasi operasional konsumen.

Dukungan Runner Telematics juga ditingkatkan dengan fitur-fitur yang lebih lengkap.

Line Up Terbaru Mitsubishi Fuso

Mitsubishi Rilis Canter dan Fighter X Euro4

Pada Fighter X ada penambahan panjang chassis (Cab to End) pada varian 6×4 FN26FL HD menjadi 9,8m dari 8,475m sebelumnya.

Mitsubishi juga menghadirkan 3 line up baru pada truk canter. Model baru ini belum ada di line-up sebelumnya, yaitu Canter FE 74 HDS untuk kebutuhan heavy duty yang juga mengutamakan kecepatan, Canter FE 84 SHDX dengan volume kargo yang lebih besar, dan Canter FE 84 GS untuk kebutuhan logistik yang membutuhkan tenaga lebih besar.

Baca juga  FUSO Driver Gathering 2023 di Jawa, Supir Truk Senang!

Untuk canter juga dibekali dengan mesin yang lebih bertenaga yang tersedia mulai dari 108PS – 150PS. Varian ini juga sudah dilakukan penyesuaian pada Final Gear Ratio untuk performa optimal.

Sedangkan pada Fighter X adanya penambahan panjang chassis (Cab to End) pada varian 6×4 FN26FL HD menjadi 9,8m dari 8,475m sebelumnya.

Penambahan ini untuk meningkatkan volume angkut serta peningkatan GVW (Gross Vehicle Weight) & ROH (Rear Over Hang) untuk mengangkut muatan lebih banyak.

Selain itu unit ini juga sudah menggunakan Full Air Brake System dan penambahan Anti-lock Braking System pada seluruh varian Fighter X yang menjadikan kendaraan benar-benar aman.

Menariknya, pemilik tidak perlu khawatir tentang suku cadang. Karena kurang lebih 80% suku cadang Canter dan Fighter X memiliki kesamaan dengan yang ada di line up sebelumnya.

Demikian ulasan terkait Mitsubishi rilis Canter dan Fighter X Euro4 terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika