oleh

Mitsubishi Xpander atau Toyota Avanza FWD, Bagus Mana?

Mitsubishi Xpander atau Toyota Avanza FWD bisa jadi pilihan menarik bagi kamu yang ingin membeli mobil baru di akhir tahun 2021 ini. Karena keduanya sama-sama menempati medium MPV terlaris di Indonesia.

Terkait spesifikasi dan fitur keduanya juga bersaing ketat untuk memikat calon konsumen mobil di Indonesia. Nah sebelum kamu memutuskan untuk membeli, tidak ada salahnya kamu mencari tahu dahulu keunggulan kedua mobil ini.

Terlebih saat ini Toyota baru saja meluncurkan All New Avanza yang hadir dengan transformasi total dari desainnya. Produk ini juga melengkapi perjalanan Avanza selama 18 tahun di Indonesia.

All New Avanza hadir dengan rombakan yang drastis. Termasuk untuk system gerak yang kini menggunakan Platform Full Engine – Front Wheel Drive (FWD) yang benar-benar baru.

Platform FF dikombinasikan dengan New Comfortable Suspension dengan mengoptimalkan geometri suspensi depan dan belakang  yang diracik agar menjadi mobil yang lebih nyaman dikendarai.

Sedangkan Xpander, sejak pertama kali rilis di Indonesia sudah menggunakan sistem gerak roda depan (FWD), yang dari awal dianggap memberikan kenyaman lebih dalam berkendara, ketimbang mobil dengan penggerak roda belakang atau yang disebut Rear-Wheel Drive (RWD).

Lalu siapa yang lebih pantas dibeli, Mitsubishi Xpander atau Toyota Avanza FWD terbaru? Simak bahasan berikut: 

Mitsubishi Xpander Lebih Bongsor Dibanding Toyota Avanza

mitsubishi xpander atau toyota avanza fwd
Ground clearance Xpander facelift 2021 kini menjadi 220 mm hingga 225 mm atau yang tertinggi di kelasnya

All New Toyota Avanza memiliki panjang 4,395mm x lebar 1,730 dan tinggi 1,665. Sedangkan New Xpander memiliki panjang 4.595 mm x lebar 1.750 mm x tinggi 1.750 mm.

Pada ground clearence atau jarak Tanah ke body All New Avanza antara 195 – 205mm (tergantung varian). Sedangkan New Xpander 220 -225 mm.

Baca juga  Sejarah Toyota Avanza, Sejak 2003 Hingga Kini di Indonesia

Kekurangannya adalah manuver yang tidak semudah dilakukan oleh mobil yang berbody lebih kecil seperti All New Toyota Avanza. Body yang semakin besar juga mempengaruhi radius putarnya, Xpander memiliki radius putar 5,3 meter dan All New Avanza cuma 4,9 meter.

Sedangkan ground clearencenya Xpander juga lebih tinggi di banding all New Avanza. Sebagaimana diketahui ground clearance yang tinggi membuat mobil jadi roda tangguh di medan banjir.

Salah satu penyebabnya New Xpander mengususng pelek alloy berdiameter 17 inci yang dibalut ban berukuran 205/55 until varian tertingginya Ultimate CVT. Sedangkan varian di bawahnya mengusung pelek alloy ukuran 16 inci yang dibalut ban ukuran 195/65.

All New Avanza pakai velg lebih kecil. Varian 1.5 G mengusung pelek alloy two tone collours berukuran 16 inci, dibalut ban ukuran 195/60. Varian di bawahnya yaitu 1.3 E pakai ukuran 15 inci.

Jika dilihat perbandingan ini, secara keseluruhan, New Xpander memiliki body yang lebih besar dibanding All New Avanza. Hal ini umumnya memiliki kelebihan kapasitas ruang kabin lebih lega.

Sementara kekurangannya, asumsinya tidak senyaman dengan ground clearance yang lebih rendah. Tapi hal itu harus diuji langsung dengan mencoba mengendarai keduanya.

Varian Xpander Lebih Banyak

Selain itu terkait keberagaman produk, New Xpander lebih memilki pilihan dengan menawarkan 7 varian seperti Xpander Ultimate CVT, Xpander Sport CVT, Xpander Sport MT, Xpander Exceed CVT, Xpander Exceed MT, Xpander GLS CVT, dan Xpander GLS MT.

Baca juga  Komparasi Toyota Avanza Vs Mitsubishi Xpander, Pilih Mana?

Sedangkan All New Avanza hanya 4 varian yaitu 1.3 E M/T, 1.5 G M/T, 1.5 G CVT dan 1.5 G CVT TSS (Toyota Safety Sense).

Head Unit Lebih Besar Avanza

Mitsubishi Xpander atau Toyota Avanza
All New Avanza (kanan) memiliki head unit terbaru ukuran 9 Inci dengan kemampuan Dynamic Audio Head Unit (1,5 G) yang data dihubungkan dengan radio, USB, dan Bluetooth.

Di sisi interior All New Avanza menawarkan segi hiburan yang kini menghadirkan New 9 Inch Dynamic Audio Head Unit (1,5 G) yang bisa dihubungkan dengan radio, USB, dan Bluetooth.

Sedangkan New Xpander mengusung headunit touchscreen ukuran 8 inci.
Seperti diketahui, ukuran layar dalam sistem hiburan ini mempengaruhi keasyikan menonton dan memudahkan untuk mengoprasikan berbagai fitur menggunakan layar touch screen jika ukranya lebih besar.

Performa Mesin Mitsubishi Xpander atau Toyota Avanza FWD?

Mitsubishi Xpander atau Toyota Avanza
Sedangkan Mitsubishi New Xpander masih mengandalkan mesin Mivec 1.5 liter dengan tenaga terlontar 105 PS pada 6.000 rpm.

All New Avanza menggendong dua mesin. Pertama mesin 1NR-VE 1.3 L 4 silinder menghasilkan tenaga 98 PS dan torsi 121 Nm. Sedangkan 2NR-VE berkapasitas 1.5 L 4 silinder menghasilkan tenaga 106 PS pada 6.000 rpm dan torsi 137 Nm pada 4.200 rpm.

Tentu yang dibandingkan di sini adalah mesin 1.500 cc, karena Xpander juga pakai itu. Jika melihat mesin Avanza terlebih dulu, performanya naik 2 PS dan 1 Nm dibanding model lama.

Hal ini membuat tenaga Avanza lebih unggul dibanding Xpander. Walau demikian soal torsi masih kalah. Tidak percaya?

Baca juga  5 Penyakit Mobil Avanza yang Sering Ditemui

Lihat saja mesin Mivec 1.5 liter milik Xpander yang bisa menyalurkan tenaga terlontar 105 PS pada 6.000 rpm dan torsinya 141 Nm pada 4.000 rpm. 

All New Avanza Punya Fitur Keselamatan Canggih TSS

Mitsubishi Xpander atau Toyota Avanza
TSS bisa membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan.

Varian tertinggi All New Avanza atau G CVT TSS, sudah dilengkapi dengan teknologi fitur keselamatan aktif terbaru yang mengandalkan sensor dan radar yaitu Toyota Safety Sense (TSS).

TSS pada All New Avanza terdiri dari 4 fitur keselamatan. Fitur pertama adalah Pre-Collision Warning and Pre-Collision Braking yang mengandalkan sistem radar yang dirancang untuk membantu mengurangi risiko tabrakan.

Lalu ada fitur Pedal Missoperation Control yang mengurangi potensi kecelakaan akibat salah menginjak pedal gas, dengan menyetel alarm peringatan, menerapkan pengereman, dan membatasi distribusi tenaga agar mobil melambat.

Fitur ketiga adalah Lane Departure Warning and Lane Departure Prevention yang membantu mencegah mobil berpindah jalur secara tidak sengaja di jalan, dengan memberikan suara alarm saat mobil bergerak menyamping di jalan lurus.

Fitur selanjutnya adalah Front Departure Alert yang memberikan peringatan yang dapat didengar ketika mobil di depan tiba-tiba bergerak mendekat saat sedang mengantri di tengah kemacetan.

Oleh karena kehadiran TSS itulah dalam komparasi Mitsubishi Xpander atau Toyota Avanza FWD terkait keselamatan, Avanza yang menang. Pasalnya Xpander belum memiliki fitur keselamatan seperti itu.

Andalan mobil tiga berlian masih sistem standar, seperti anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), hill start assist (HSA), dan lain-lain yang juga telah dipunya oleh Avanza baru.

Usai mengetahui komparasi keduanya, mana yang sebaiknya dibeli? Mitsubishi Xpander atau Toyota Avanza FWD? Tentu jawaban dikembalikan ke kamu. 

Demikian ulasan terkait Mitsubihi Xpander atau Toyota Avanza terbaru. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru