oleh

5 Perbedaan Mitsubishi Xpander Facelift 2021 Vs Lama

Akhirnya Mitsubishi Xpander terbaru resmi meluncur di Indonesia pada Senin (8/11/2021). Setidaknya ada ada 5 ubahan yang dipunya oleh Xpander facelift 2021 vs lama.

Mobil ini berubah total baik dari sisi tampilan, fitur, hingga sistem transmisi.  Dilihat dari sisi eksterior, tampilannya jadi semakin ganteng lewat penggunaan lampu depan model T. Kemudian ada pula ubahan di ground clearance yang menjadikannya lebih andal untuk melewati jalan bergelombang.

Masuk ke interior, Xpander facelift 2021 hadir dengan tampilan baru. Ada pula berbagai tambahan fitur kenyamanan seperti hand rest depan serta hand rest belakang dengan cup holder.

Bicara fitur, head unitnya kini pakai 8 inci. Ada pula AC digital dan rem parkir elektronik yang tidak dipunya model lama.

Ingin tahu lebih detail soal perbedaan Xpander Facelift 2021 vs lama? Simak bahasan berikut:

1. Transmisi CVT

xpander facelift 2021 vs lama
Hadir transmisi CVT untuk menggantikan AT konvensional di Xpander Facelift 2021

Perbedaan Xpander Facelift 2021 Vs lama yang pertama ada di sistem transmisi. Ya, Xpander terbaru kini mengadopsi transmisi CVT menggatikan tranmisi otomatis konvensional 4-percepatan. Transmsisi model baru ini diklaim mampu memebrikan perpindahan gigi yang lebih mulus, sehingga minim entakan.

“Kita ingin memberikan kepada konsumen pengalaman berkendara yang lebih baik, baik soal efsiensi dan kenyamana yang tinggi,” kata Hikaru Mii selaku Director of Product Strategy Division MMKSI.

Baca juga  Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner, Mana Lebih Baik?

Hanya saja ubahan ini tidak diikuti dengan kemunculan mesin anyar. Mitsubishi tetap mempertahankan Xpander dengan jantung mekanis lama yaitu 1.500 cc, MIVE, DOHC, 16-Valve. Mesin tersebut cuma bisa melontarkan torsi puncak 141 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 105 PS pada 6.000 rpm.

Tersedia pula opsi transmisi manual 5-percepatan untuk varian tertentu. Ini penting buat kamu yang tetap menginginkan perpindahan gigi dengan kopling.

2. Ground Clearance Lebih Tinggi

xpander facelift 2021 vs lama - ground clearance
Ground clearance Xpander facelift 2021 kini menjadi 220 mm hingga 225 mm

Kemudian ubahan selanjutnya dari Xpander Facelift 2021 Vs lama ada di ground clearance. Jarak terendah ke tanahnya bertambah 20 hingga 25 mm dibanding model lama. Sehingga lebih nyaman ketika melewati jalan bergelombang.

Salah satu penyebabnya kehadiran suspensi dengan racikan baru. Kemungkinan hasil adopsi dari Xpander Cross. Kemudian ukuran ban juga dibuat lebih besar, kalau sebelumnya pakai 15 inci dan 16 inci. Sekarang untuk varian Exceed hingga GLS menggunakan 16 inci. Sementara Xpander Ultimate CVT menggunakan pelek 17 inci dan ukuran ban 205/55.

Desain peleknya pun baru, lebih rumit dan tetap mengadopsi gaya two tone.

Baca juga  Wuling Cortez CT Type S, Harga Lebih Murah!

3. Pakai Lampu Model T

xpander facelift 2021 vs lama
Tampilan Xpander full aksesori

Ubahan selanjutnya di Xpander Facelift 2021 Vs lama ada di penggunaan lampu model T di depan. Desain seperti ini lebih atraktif, serta diklaim mampu memberi visibilitas lebih baik saat berkendara.

Bagian belakangnya juga tidak ketinggalan pakai gaya serupa yaitu model T. Kemudian seluruh sistem pencahayaan telah mengaplikasikan teknologi LED.

Ubahan lain ada di desain eksterior yang juga lebih ganteng. Ada grille depan warna hitam, ditambah kehadiran kisi-kisi udara yang lebih terekspose, lantaran posisi plat nomor diturunkan ke bawah. Tidak ketinggalan bumper bawah pakai desain baru dengan skid guard 3 dimensi.

Kemudian yang tidak kalah istimewa, Mitsubishi menyediakan aksesori resmi untuk menunjang tampilan Xpander CVT terbaru. Jika diaplikasikan semuanya, mobil keluarga ini jadi lebih ganteng.

4. Interior Semakin Nyaman

interior xpander facelift 2021
Ada desain baru di interior Xpander Facelift 2021, termasuk penggunaan head unit lebih besar dan AC digital

Masuk ke bagian interior, ubahannya terasa di penggunaan desain dashboard baru bernama horizontal axis dengan tambahan fitur soft touch. Kemudian hadir arm rest depan, dan arm rest belakang kini memiliki cup holder.

Desain setir juga baru, lebih ergonomis. Fitur-fitur lama seperti audio steering switch, cruise control, tetap disematkan untuk varian tertinggi.

Baca juga  Promo Mitsubishi Pajero Sport dan Xpander, Diskon Rp 10 Juta

Konfigurasi tempat duduk tidak berubah, masih tiga baris dan bangku paling belakang bisa dilipat rata lantai. Lalu yang jadi kekurangan, di bangku tengah baris kedua, belum tetap tidak disediakan head rest. Alhasil penumpang tengah, tidak bisa duduk rileks.

5. Fitur-Fitur Modern

xpander facelift full aksesori - tampak belakang
Tampak belakang Xpander terbaru

Perbedaan Xpander Facelift 2021 Vs lama juga bisa terlihat dari kehadiran fitur-fitur modern. Ada tambahan AC digital yang tentunya tampak mewah. Sementara Xpander lama, masih mengandalkan model putar.

Fitur tambahan lain adalah kemunculan rem parkir elektrik. Bisa dioperasikan hanya dengan sentuhan jari. Ditambah lagi ada brake auto hold yang bisa menahan kendaraan sementara saat berakselerasi ditanjakan, supaya tidak mundur.

Itulah tadi bahasan soal ubahan Xpander CVT terbaru dibandingkan dengan model lama. Bagaimana menurut kamu? Sayangnya sampai sekarang pihak Mitsubishi belum mengumumkan harga resmi dari mobil anyarnya.

Menurut mereka, harga Xpander facelift 2021 bakal diumumkan saat pameran otomotif akbar GIIAS yang berlangsung 11 – 21 November. Selain menghadirkan mobil MPV ini, pabrikan tiga berlian juga meluncurkan kembarannya yaitu Xpander Cross dengan gaya ala SUV di saat bersamaan.

Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

Terbaru