Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Mitsubishi Xpander Juara Sprint Rally 2021

by Tigor Sihombing

Rifat Sungkar berhasil bawa Mitsubishi Xpander juara Sprint Rally 2021. Kemenangan ini diraih, setelah menuntaskan Putaran ke-4 dengan berada di podium ketiga.   

Putaran pamungkas ajang sprint rally nasional itu berlangsung selama dua hari di Meikarta, Karawang, Jawa Barat, 26-27 November 2021. Melombakan 4 Special Stage (SS), ajang yang menghadirkan kombinasi lintasan aspal dan gravel tersebut berlangsung sangat kompetitif.  

Rifat Sungkar dan navigator M. Redwan tampil cukup konsisten pada setiap SS, sehingga menjadikan Mitsubishi Xpander juara Sprint Rally 2021. Meski demikian, bukan berarti tanpa kendala sama sekali.

Pada SS1, Rifat bersama Mitsubishi Xpander AP4 melaju tanpa beban mengingat posisinya di klasemen umum kejurnas. Di stage pembuka itu Rifat mencoba membaca penampilan para pesaingnya sembari mempersiapkan strategi di tiga SS berikutnya.   

Di SS2, ketika memutuskan untuk tampil all out,  mobil yang dikendarai Rifat mengalami kendala di bagian throttle censor setelah terkena benturan keras di area gravel. Akibatnya mobil sempat mati beberapa kali dan membuat catatan waktu tidak memenuhi harapan. 

Baca juga  Mitsubishi Pajero Sport Vs Toyota Fortuner 2022, Mana Lebih Baik?

Sempat Ubah Strategi

Mitsubishi Xpander Juara Sprint Rally 2021

Inilah sosok mobil Mitsubishi Xpander juara Sprint Rally 2021

Menyadari masalah yang dihadapi, strategi yang diambil Mitsubishi Xpander Rally Team pun mengalami perubahan. Rifat dan Redwan tidak mau memaksakan diri untuk tampil habis-habisan.

Mereka mencoba menjaga catatan waktu agar tidak tertinggal jauh dari lawan-lawannya. 

“Kami kemudian mengubah strategi yaitu mempertahankan posisi dengan menjaga pace, agar tidak tertinggal dari kompetitor di depan maupun terkejar oleh lawan di belakang,” papar Rifat. 

Strategi tersebut membuahkan hasil. Rifat dan Redwan yang konsisten menjaga kecepatan berhasil mengakhiri lomba di podium ketiga.

Posisi itu membuat pasangan Rifat Sungkar dan M. Redwan kembali sukses membawa Mitsubishi Xpander AP4 menjadi Juara Umum Kejurnas Sprint Rally 2021. 

Keberhasilan Rifat Sungkar dan M. Redwan bertengger diposisi puncak ajang Sprint Rally Nasional setelah sebelumnya sukses menjuarai Putaran 1 yang berlangsung di Tanjung Lesung dan Putaran 3 di Sentul.

Sementaradi Putaran 2 berada di podium runner up dan Putaran 4, Rifat berada di podium 3.  

Baca juga  Peluncuran Mitsubishi Triton Terbaru di Indonesia, Catat Waktunya!

Kejuaraan nasional yang begitu kompetitif dipuji oleh RifatSungkar. Menurutnya penampilan para pereli semakin bagus dan merata dilihat dari bergantiannya para pereli yang menjadi juara di setiap putaran. Hal itu tidak hanya terjadi di Kelas M1 dimana Rifat dan Redwan berlaga, tapi juga dikelas-kelas lainnya. 

“Tingkat kompetisi pada Kejurnas Sprint Rally tahun ini begitu ketat. Pereli bergantian menjadi juara. Kondisi demikian sangat bagusbagi perkembangan dunia rally di tanah air,” ucap Rifat. 

Rifat juga sangat puas pada Mitsubishi Xpander AP4 yang menjadi tunggangannya. Sepanjang kejuaraan, Xpander AP4 melaju tanpa kendala berarti. Di setiap putaran selalu tampil bagus dan memberikan hasil yang memuaskan. 

“Saya super happy dan benar-benar puas dengan performa Xpander AP4. Ini bisa menjadi pembelajaran yang sangat berarti bagi pengembangan Mitsubishi di masa depan. Karena ‘siksaan’ yang telah kami lakukan terhadap mobil ini dapat dilewati dengan bagus dan menorehkan prestasi terbaik,”tutup Rifat. 

Demikian ulasan terkait Mitsubishi Xpander Juara Sprint Rally 2021. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Baca juga  Mitsubishi Minicab MiEV Jadi Mobil Pos di Indonesia

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika