Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

5 Mobil Balap Tercepat di Ajang 24 Hours of Le Mans

by Deni Ferlindungan
5 Mobil Balap Tercepat dunia

Ajang balap 24 Hours of Le Mans kerap melahirkan mobil balap tercepat sejak dahulu kala. Tercatat ada sejumlah mobil yang mampu menorehkan rekor tercepat di ajang tersebut.

24 Hours of Le Mans adalah balapan ketahanan tertua yang digelar sejak tahun 1923 di kota Le Mans, Sarthe, Prancis. Dalam sejarahnya yang panjang, setiap tahun rekor kecepatan, laptime dan kondisi mobil pasti berganti, hingga akhirnya menghasilkan sejarah baru.

Untuk para penyuka dunia motorsport, hal utama yang ditunggu-tunggu dalam aja balap adalah aksi memukau dari mobil-mobil balap dunia. Sama halnya seperti di ajang balapan 24 Hours of Le Mans.

Pada ajang tersebut mobil balap tercepat diuji durabilitas mesin yang digunakan. Beserta dengan stamina para pembalap yang berada di balik kemudi.

Di ajang 24 Hours of Le Mans, kecepatan tertinggi bukanlah kunci untuk jadi yang terbaik. Pasalnya ketahanan mesin, dengan kecepatan yang konstan justru lebih penting.

Hasil itu menunjukkan kemampuan keseluruhan dari mobil yang di gunakan mulai dari setting mesin, pengereman, downforce dan lainnya.

Sebagai gambaran ajang balap ini, mungkin secara garis besar terjawab melalui film Ford Vs Ferrari yang dirilis pada November 2019 lalu.

Film itu terinspirasi dari persaingan sengit antara Henry Ford II dan Enzo Ferrari dalam balapan Le Mans 24 Jam tahun 1966. Pada film yang terinspirasi dari kisah nyata itu, legenda engineer Amerika, Carroll Shelby yang diperankan oleh Matt Damon. Sementara driver/engineer Ken Miles diperankan oleh Christian Bale.

Ford Vs Ferrari mempertontonkan hal yang nyaris serupa dengan kondisi balap Le Mans 24H di 1966. Mulai dari setting waktu lampau, produser berusaha keras membuat berbagai set dan properti yang hampir sama dengan kondisi pada waktu itu.

Nah, namun kali ini Moladin tidak akan membahas film terlalu jauh, melainkan mobil balap tercepat di ajang  itu yang sukses menembus rekor kecepatan 405 kpj yang torehkan di sirkuit Mulsanne Straight pada tahun 1988, oleh mobil prototipe WM-P88 dengan mesin 2,8 V6 Turbo dari pabrikan Peugeot, yang di kemudikan oleh Roger Dorchy.

Baca juga  5 Rekomendasi Hatchback Bekas di Bawah Rp 100 juta

WM P88 Peugeot yang dikemudikan oleh Roger Dorchy, berhasil mencapai kecepatan tertinggi pada 405 km/jam di ujung Mulsanne Straight sepanjang enam kilometer.

Tak hanya WM P88 Peugeot, ada sejumlah mobil balap tercepat lainnya yang juga berhasil mengukir sejarah di ajang 24 Hours of Le Mans. Penasaran ingin tahu apa saja? Simak ulasan ini sampai habis:

1. Porsche 917 LH, Mobil Balap Tercepat di 1971

Porsche 917 LH, Mobil Balap Tercepat di 1971

Porsche 917 LH, Mobil Balap Tercepat di 1971

Porsche menorehkan diri sebagai produsen mobil balap tercepat di tahun 1971 melalui Porsche 917 LH. Torehan kecepatan yang diraih tersebut, membawa Porsche sebagai salah satu pabrikan yang sukses membangun mobil balap tercepat yang masuk dalam sejarah dunia.

Catatan kecepatannya tembus 250,069 kpj pada tahun 1971. Wah.. meski lawas, kenceng banget ya! Pencapaian tersebut berlangsung selama 14 tahun, hingga akhirnya Porsche melahirkan mobil balap tercepat berikutnya.

Adalah Pedro Rodriguez dan Jackie Oliver, pembalap team 18 yang berada dibalik kemudi Porsche 917 LH. Kala itu dia mengukir sejarah di putaran kualifikasi tercepat pada Le Mans 24 H pada 1971, dengan waktu putaran 3.13.9. Lalu Kecepatan tertinggi mobil ini, adalah 362 km/jam pada saat balapan berlangsung.

Rodriguez dan Oliver memimpin putaran pertama balapan, tetapi mereka tidak dapat menyelesaikan balapan dan kemenangan direbut oleh team 22 dari Martini Racing dengan Porsche 917K yang di kemudikan oleh Helmut Marko dan Gijs van Lennep.

2. Porsche 962 Tahun 1985

Porsche 962, tercatat sebagai mobil balap tercepat di 1985

Porsche 962, tercatat sebagai mobil balap tercepat di 1985

Mobil balap tercepat berikutnya kembali berasal dari Porsche, melalui Porsche 962 dengan kecepatan 251,815 kpj, yang berhasil memecahkan rekor baru di Le Mans 24 H di tahun 1985.

Baca juga  Program 'Toyota Ada Untuk Anda', Apa Keuntungannya?

Pencapaian mobil eropa, Porsche 962 itu bertahan hingga 30 tahun, lho! Lap time yang diraih mobil itu masih merupakan kecepatan putaran tercepat yang masuk dalam sejarah. Rekor yang diraih beradu imbang dengan team 2 dari Rothmans Porsche 962C yang dikendarai oleh Hans Joachim Stuck.

Waktu pada putaran kualifikasi membawanya berhasil meraih pole position dengan torehan waktu 3.14.80 detik.

Ketika balapan, Stuck berbagi mobil dengan Derek Bell dan mereka hanya dapat finish pada posisi ketiga, pemenang pada balapan ini adalah team 7 Porsche 956B dari Joest Racing yang dikendarai oleh Klaus Ludwig, Paolo Barilla dan John Winter.

3. Sauber Mercedes C9 di Tahun 1989

Sauber Mercedes C9

Sauber Mercedes C9, mengukir diri sebagai mobil balap tercepat di 1985

Selanjutnya, masih membahas mengenai mobil balap tercepat datang dari pabrikan mobil mewah asal Jerman lainnya, yakni Mercedes-Benz yang sukses membangun Sauber Mercedes C9.

Sauber Mercedes C9 berhasil mengukir kecepatan 249.826 km/jam pada kualifikasi Le Mans tahun 1989. Pencapaian itu membawa tim Sauber Mercedes mengukir kemenangan 1-2 dengan mobil team 63 dan team 61.

Sementara mobil tercepat pada kualifikasi di pegang oleh Sauber Mercedes C9 team 62, yang dikendarai oleh Jean Louis Schlesser, Jean-Pierre Jabouille dan Alain Cudini.

Kecepatan maksimum yang dapat di raih Sauber Mercedes C9 adalah 401 kpj di Mulsanne Straight, kualifikasi dengan lap time terbaik adalah 3.15.040 detik.

Dalam perlombaan, Team 62 dapat finish di urutan kelima, itu berarti berada sembilan lap di belakang sang juara dari team 63. Pembalap yang berhasil memenangkan balapan ini adalah Misa Jochen, Manuel Reuter, dan Stanley Dickens.

Baca juga:

Baca juga  Mobil Formula E GENBETA Tercepat di Sirkuit Indoor, Pecahkan Rekor!

4. Peugeot 905 di Tahun 1992

Porsche 905 Jadi Mobil Balap Tercepat di zamannya

Porsche 905 jadi mobil balap tercepat di zamannya

Pada ajang Le Mans 24 Hour tahun 1992, mobil balap tercepat datang dari Peugeot, yang berhasil mendominasi ajang balapan tersebut.

Mobil merek Perancis, Peugeot 905 Evo 1B team 2 menetapkan waktu tercepat pada kualifikasi, dengan kecepatan tertinggi 351 kpj. Meski menjadi mobil dengan kualifikasi tercepat, namun bukan berarti berhasil menguasai perlombaan.

Justru Peugeot team 1 yang berhasil mengambil kemenangan. Pembalap yang berada dibalik kemudi adalah Derek Warwick, Yannick Dalmas dan Mark Blundell. Terkadang memang kecepatan saja tidak cukup untuk memenangkan balapan, dibutuhkan konsistensi, dan jangan lupakan keberuntungan supaya menjadi juara.

5. Peugeot 908 HDi FAP – 247.160 km / jam (2008)

Peugeot 908 HDi FAP

Peugeot 908 HDi FAP, mobil balap tercepat asal Prancis

Terakhir, gelar mobil balap tercepat diukir oleh Peugeot 908 HDi FAP di tahun 2008. Meski di ajang balap Le Mans 24H pemenang pada saat perlombaan berhasil diraih oleh Audi R10 TDI.

Dalam hasil kualifikasi tercepat, dibukukan oleh Stephane Sarrazin dengan mobil Peugeot 908 HDi FAP. Dia meraih pole position dengan waktu putaran 3.18.513.

Selama perlombaan berlangsung, mobil yang dikendarai oleh Sarrazin, Pedro Lamy dan Alex Wurz, harus menyerah lebih awal. Karena perbaikan lampu depan.

Sejatinya Peugeot team 7 memimpin pada ajang tersebut. Namun akhirnya harus menyerah dari sisi ketahanan mesin dari Audi R10 TDI yang berhasil menguasai jalannya perlombaan.

Jadi sekarang sudah tahukan sejumlah mobil balap tercepat dunia yang berhasil mengukir sejarah? Ingat pembahasan di atas hanya dikhususkan untuk ajang balap 24 Hours of Le Mans ya. Tentu masih ada mobil balap di kompetisi lain yang bisa menembus kecepatan lebih baik. Semoga informasi ini dapat bermanfaat ya buat kalian para pecinta dunia motorsport di Tanah Air.

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika