Senin, September 26, 2022

Mobil Favorit Ratu Elizabeth II, Land Rover!

by Baghendra Lodra
mobil favorit ratu elizabeth - land rover

Tahukah kamu, bahwa Ratu Elizabeth II merupakan car enthusiast. Mobil favorit Ratu Elizabeth II adalah Land Rover yang notabene mobil offroad.

Kesimpulan ini didapat, lantaran sepanjang hidupnya, sang ratu sering kedapatan bersama dengan Land Rover. Bahkan dia masih mengemudikan sendiri mobil SUV asal Inggris tersebut di umur 95 tahun, satu tahun sebelum dirinya meninggal.

Walau hukum Inggris tidak mengharuskannya memiliki surat izin mengemudi (SIM), tapi kemampuan mengemudi ratu cukup hebat. Hal tersebut lantaran dia pernah menjadi anggota tentara Inggris di divisi Auxiliary Territorial Service (ATS), sebagai mekanik dan supir truk militer pada 1945. Dari sanalah Elizabeth memperoleh kemampuan mengemudi mobil.

Menurut CNN, hubungan Ratu Elizabeth II dan mobil Land Rover dimulai sejak tahun 1948. Ketika itu sang ayah yaitu King George VI mendapat hadiah produksi ke-100 Land Rover dan mobil tersebut terus dekat dengan keluarga kerajaan Inggris.

Nah, Ratu Elizabeth II sendiri menerima Land Rover perdananya sebelum naik takhta pada 1952. Sejak saat itu, dia terlihat sering kali menyetir sendiri mobilnya.

Baca juga  Test Drive Xpander Cross di Bali: Layak Beli? (Bag.2)

Mobil ini juga digunakan dalam berbagai kunjungan kerajaan ke berbagai negara. Khususnya dalam model atap terbuka. Jadi Ratu dan suaminya yaitu Pangeran Philip bisa menyapa masyarakat secara langsung.

Walau demikian dari semuanya, mobil favorit Ratu Elizabeth II adalah Defender 110 bermesin diesel TD5 lansiran 2002. Produk ini dikatakan memiliki suspensi yang dinaikkan dan jok dengan pemanas.

banner atas

Koleksi Mobil Ratu Elizabeth, Bukan Cuma Land Rover

mobil favorit ratu elizabeth - range rover

Ratu Elizabeth II sering kedapatan menyetri mobilnya sendiri (sumber foto: istimewa)

Jadi sudah tahukan kalau mobil favorit Ratu Elizabeth adalah Land Rover. Di sisi lain, merek mobil offroad asal Inggris tersebut juga kerap memberikan mobil dengan spesifikasi khusus untuk ratu.

“Contoh Land Rover unik yang hanya dibuat untuk ratu ada di tahun 1978. Series 3 dibuat dengan beberapa modifikasi, termasuk sistem lampu yang bisa digunakan dari jok belakang untuk memberitahukan pengemudi bila ratu mau berhenti, melambat, atau melanjutkan perjalanan,” seperti dikuitp laman CNN.

Kemudian pada 2015, Jaguar Land Rover juga memberi ratu sebuah Range Rover Hybrid LWB. Istimewanya ada di balik kap mesin yang pakai jantung mekanis diesel SDV6 3.0 liter dan motor listrik. Alhasil performa yang bisa dihasilkan tembus torsi 700 Nm dan tenaga 340 PS. Dalam model full elektrik, Range Rover Hybrid LWB milik Ratu Elizabeth itu bisa melaju hingga 1,6 Km.

Baca juga  Tips Agar Inden Toyota Raize Tidak Lama

Mobil favorit Ratu Elizabeth II memang Land Rover, tapi koleksinya bukan cuma itu. Ada berbagai mobil lain yang dominan dari merek Inggris. Sebut saja Bentley Bentayga, Bentley State Limousine, Daimler Super V8 LWB, Rolls-Royce Phantom IV Limousine, dan lain-lain.

Itulah tadi bahasan soal mobil favorit Ratu Elizabeth II. Ternyata isinya bukan cuma mobil mewah kan? Ratu Inggris yang meninggal pada 8 September 2022 ini, ternyata juga suka mobil offroad. Untuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau terus Moladin!

banner bawah

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika