Friday, January 27, 2023
Banner

5 Mobil Klasik Murah di Indonesia, Jeep Willys Hingga VW Combi!

by Baghendra Lodra
mobil klasik murah

Buat kamu muda-mudi zaman sekarang yang bermimpi memiliki mobil zaman dulu, kali ini Moladin bakal mewujudkan mimpi kamu. Moladin mengajak kamu melihat-lihat mobil klasik murah di Indonesia. 

Disclaimer! Tidak ada tafsir baku mengenai istilah mobil klasik. Setiap orang bisa mengartikan berbeda. Bahkan makna mobil klasik juga bisa berbeda di tiap negara. 

Memang, semacam ada kesepakatan tidak tertulis dari para pecinta otomotif di Indonesia. Mobil klasik umumnya dinilai dari tahun produksi 1975 ke bawah. Mobil era di atasnya atau tahun 1980-an disebut mobil retro.

Beberapa bahkan menyebut kalau koleksi mobil klasik identik dengan jaman perang kemerdekaan. Misalnya mobil kenegaraan yang pernah digunakan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno, seperti Chrysler Imperial, Cadilac Sixty Special hingga Ford Thunderbird.

Tak usah terjebak dalam polemik penamaan istilah, baik mobil klasik maupun mobil retro, semuanya mobil tua banget (Motuba). Makanya deretan mobil klasik murah di indonesia yang Moladin tulis di bawah ini tidak terpatok pada tahun produksi.

Walaupun begitu, kamu tak perlu takut kecewa. Daftar mobil klasik yang bisa kamu miliki di bawah ini coba kami racik agar dekat dengan arti klasik dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). 

Menurut KBBI, klasik artinya mempunyai nilai atau mutu yang diakui dan menjadi tolok ukur kesempurnaan yang abadi atau tertinggi. Memang lantaran memilik nilai kesempurnaan yang abadi, mobil klasik berharga selangit. Apalagi populasinya yang langka.

Tetapi kamu juga bisa memiliki mobil klasik yang harganya bersahabat. Berikut ini daftar mobil klasik murah di Indonesia.

1. Jeep Willys 

mobil klasik murah - Jeep Willys

Jeep Willys pas buat kamu yang suka SUV klasik

Kalau kamu senang berburu kendaraan jaman dulu, mungkin Jeep sudah tak asing lagi? Bahkan sangking populernya, nama mobil ini sampai jadi istilah jenis mobil di Indonesia, yakni Jip. Istilah Jeep kependekan dari GP atau General Purpose.

Prototipe pertama Jeep Willys pertama kali diminta Angakatan Darat Amerika Serikat sebagai Light Reconnaissane and Command Car. Diciptakan sebagai kendaraan militer, Jeep Willys memiliki penggerak 4×4 yang ringkas dan serbaguna. 

Ikon mobil tempur era Perang Dunia ke-II ini pertama kali dijual sebagai kendaraan untuk umum dalam versi yang lebih beradab pada akhir 1940-an dengan nama CJ atau Civillian Jeep Willys Overland. Kemudian namanya diperpendek menjadi Jeep Willys setelah dijual ke Kaiser Motor pada 1953.

Harga Jeep Willys di Indonesia mulai dari Rp 65 juta tergantung kondisi. Mobil beratap kanvas ini dibekali mesin 4-silinder 2,2 liter. Tidak sedikit pula yang sudah mengalami restorasi dan dijual dengan harga yang lebih mahal. Banyak juga yang memakai mesin Kijang 5K.

2. Land Rover Series

mobil klasik murah - Land Rover Series

Land Rover

Sama seperti Jeep Willys, Land Rover Series juga kendaraan yang dikenal dengan kemampuan offroad. Lantaran menjaga hertage itu, Land dan Jeep menjadi produsen mobil yang hanya memproduksi SUV (Sport Utility Vehicle) hingga kini.   

Sama seperti Jeep, Land Rover Series awalnya dikenal sebagai kendaraan militer. Mobil ini juga dipercaya sebagai kendaraan UN (United Nations). Ia dipilih lantaran memiliki kemampuan menjelajah hingga ke daerah pelosok.

Land Rover Series populasinya juga cukup banyak di Indonesia. Land Rover Series I pertama kali diproduksi 1948, Series II diproduksi pertama kali 1958 dan Series III pertama kali diproduksi 1971.

Harga Land Rover Series di Indonesia dijual mulai Rp 175 juta tergantung kondisi. Mobil ini tersedia dalam beberapa tipe. Ada yang 2-pintu, 4-pintu dan bahkan ada juga yang tipe pickup.  

Baca juga  Beli Mobil VW Saat Ramadan, Ini Keuntungannya!

3. Volkswagen Type-1 (VW Kodok)

mobil klasik murah - VW Beetle

VW Kodok

Pemimpin Nazi Jerman, Adolf Hiter ketika itu menginginkan mobil rakyat yang murah, sederhana. Seorang insiyur otomotif yang juga anggota partai Nazi sekaligus perwira perang Schutzstaffel (SS), Ferdinand Porsche, mewujudkan keinginan Hitler.

Ferdinand Porsche penuh kontroversi. Selain membuat mobil ia adalah otak dibalik pembuatan tank dan sistem persenjataan. Kendaraan dan sistem persenjataan buatannya juga digunakan Nazi untuk menginvasi negara kelahirnnya, Ceko-slowakia.

Tetapi namanya harum di dunia otomotif. Ia peraih penghargaan Car Engineer of the Century. Mobil bernama Volkswagen Beetle hasil rancangannya, menjadi salah satu mobil dengan usia produksi terpanjang di dunia (1938-2003).

Volkswagen Beetle biasa juga disebut VW kodok di Indonesia. Mobil inilah yang mempopulerkan konfigurasi mesin belakang (rear-engined) dengan sistem pengdingin udara (air-cooled). Formula kesuksesan ini ditiru oleh Fiat, Renaut hingga Chevrolet yang menguasai pasar otomotif Eropa ketika itu pada tahun 1950-an.

Karena usia produksinya yang panjang, populasi VW kodok cukup banyak di dunia, tak terkecuali Indonesia. VW Beetle yang dijual di Indonesia mayoritas buatan tahun 1970-an tipe 1200 dan 1303. Harganya mulai dari Rp 70 jutaan tergantung kondisi.

4. Holden Special

mobil klasik murah - Holden Special

Holden Spesial pernah jadi Mobil Film Dono

Bisnis Holden atau General Motors (GM) cabang Australia tak main-main di Tanah Air. Jejak Holden di Indonesia ditandai oleh pabrik perakitan Gaja Motor (Gaya Motor). Bahkan merek Holden cukup prestisus ketika itu, dan bersanding dengan mobil asal Inggris atau Jerman. Holden bahkan pernah dipakai sebagai armada taksi Bluebird. 

Holden beruansa klasik yang populer di Indonesia, Holden FC dan FB. Lebih dikenal dengan sebutan Holden Special, harganya kini mulai Rp 150 juta tergantung kondisi. Paling banyak yang dijual merupakan versi sedan.

Mobil yang pertama kali dipasarkan pada 1958 sampai 1960-an ini bernilai lantaran desainnya yang khas mobil klasik asal Amerika Serikat seperti Chevrolet Bel Air atau Pontiac Chieftain, mobil yang dibeli tokoh Raden Mas Ngabei Slamet Condrowirawatiko Edi Pranoto Joyosentiko Mangundi Kusumo seharga Rp 2 juta dalam film berjudul Gengsi Dong (1980).

5. Volkswagen Type-2 (VW Kombi)

mobil klasik murah - VW Kombi

VW Kombi cocok untuk dijadikan campervan

Sesuai namanya, Volkswagen Type-2 merupakan model kedua yang diproduksi oleh VW. Nenek moyang dari Volkswagen Transporter ini sempat populer di kalangan Hippie, kaum yang menolak kultur dan kehidupan mainstream masyarakat dunia ketika itu. Kalau untuk zaman sekarang, cocok dijadikan campervan.

VW Kombi menjadi legenda di dunia otomotif lantaran usianya yang cukup tua. Mengusung konsep mobil van dengan pengemudi duduk di atas roda depan, mobil ini diproduksi pada 1950-an hingga 1975. Mobil ini biasanya memakai mesin berkapasitas 1,2 liter.

Generasi berikutnya mobil ini dijual dengan mesin berkapasitas 1,6 liter. Produksinya diteruskan hingga tahun 1999 di beberapa negara. Nah generasi bermesin 1,6 liter inilah yang cukup banyak populasinya. 

Harga VW Kombi di Indonesia tak bisa ditentukan. Menurut pengamatan di berbagai bursa mobil bekas daring harganya mulai Rp 60 jutaan hingga Rp 300 jutaan. Harga ditentukan kondisi, kelengkapan surat-surat dan lainnya.

Nah Moladiners, itu tadi daftar mobil klasik murah yang tak murahan yang bisa kamu temui dan miliki di Indonesia. Kalau kamu tertarik memilikinya, pastikan cek kondisi kendaraan dan keaslian suku cadang. Karena mobil tua punya usia pakai dan sejarah yang panjang. Tentu butuh perawatan ekstra.

Kalau kamu tertarik, temukan mobil klasik murah impian kamu di Moladin. Karena Moladin merupakan platform jual-beli mobil bekas berkualitas.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika