Kamis, Maret 28, 2024
Banner-Wuling-EV-Blog

Daftar Mobil Legendaris Mitsubishi Dalam 5 Dekade Terakhir

by Deni Ferlindungan
Mobil legendaris Mitsubishi

Perjalanan Mitsubishi Motor Corporation (MMC) telah memasuki usia yang ke-50 tahun. Seiring dengan itu, ada setidaknya ada sejumlah mobil legendaris Mitsubishi hingga saat ini.

Seperti diketahui, Mitsubishi didirikan sejak tahun 1970 oleh Mitsubishi Heavy Industries, Ltd setelah itu berganti jadi MMC sebagai divisi otomotif pada saat awal beroperasi. Sejalan dengan itu, Mitsubishi Heavy Industries turut memindahkan sebagian pabrik merek ke MMC.

“Berdasarkan fakta sejarah itu, MMC memulai lembaran baru sebagai produsen otomotif kendaraan Mitsubishi Motors yang eksis hingga sekarang ini dan produknya telah dipercayai di seluruh dunia,” ujar Ryoichi Inaba, Director of Product Strategy Division PT Mitsubishi Motor Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Inaba menambahkan, “Dalam kurun waktu 50 tahun, Mitsubishi Motors telah menghasilkan berbagai mobil legendaris dan juga mobil-mobil berteknologi tinggi di eranya”.

Nah, membahas lebih dalam mengenai mobil legendaris dalam kurun waktu lima dekade terakhir. Setidaknya ada sejumlah jajaran produk yang cukup dikenal di Indonesia.

Adapun sejumlah mobil legendaris Mitsubishi dalam lima dekade terakhir antara lain:

1. Mobil Legendaris Mitsubishi pada Dekade 1970-an

Galant jadi mobil legendaris Mitsubishi

Galant jadi mobil legendaris Mitsubishi

Bicara mengenai mobil legendaris Mitsubishi, tak lepas dari sosok Colt F2000. Mobil ini pernah turut berkiprah di ajang balap Formula pada era tahun 70-an.

Colt F2000 turut serta di ajang balap Formula sangat kompetitif di Jepang. Kala itu, Colt F2000 mengaplikasikan teknologi pesawat terbang pada F2000 berhasil menjadi juara hingga lima kali.

Baca juga  Harga 14 Aksesori Xpander Terbaru, Bikin Tampil Beda!

Era ini mengawali sejarah Mitsubishi di ajang balap hingga sekarang. Tidak hanya di balap Formula, tapi juga di ajang reli lewat Mitsubishi Galant GTO dan juga Lancer 1600GSR yang berhasil juara di ajang Southern Cross Rally dan WRC Safari Rally.

Inilah cikal bakal lahirnya mobil sedan Mitsubishi yang paling fenomenal, yakni Galant dan Lancer.

2. Produk yang Melegenda di Dekade 1980-an

Mitsubishi Lancer, sedan yang melegenda di Indonesia maupun dunia

Mitsubishi Lancer, sedan yang melegenda di Indonesia maupun dunia

Satu dekade setelahnya, Mitsubishi mulai melakukan pengembangan line-up produk sport utility vehicle (SUV). Awalnya Mitsubishi Motors telah menjalin kemitraan dengan pabrikan asal Amerika, Willys.

Namun kesepakatan ini membuat Mitsubishi Motors tidak bisa mengekspor mobil berpenggerak empat roda, sementara permintaan akan mobil ini semakin meningkat. Hingga akhirnya, Mitsubishi Motors sukses melahirkan mobil legendaris Mitsubishi yang berkiprah hingga kini, yakni Pajero.

Generasi pertama Pajero dibekali dengan penggerak empat roda yang dikembangkan secara mandiri oleh pabrikan. SUV ini hadir dengan versi bodi pendek dengan 3 pintu dan beratap kanvas serta metal.

Baru di tahun 1983, lahir Pajero berbodi panjang dan diterima dengan baik oleh konsumen Mitsubishi. Ketangguhan Mitsubishi Pajero pun diuji di ajang balap reli Paris-Dakar yang merupakan balapan paling berat di dunia.

Baca juga  Tim Mitsubishi Ralliart, Ikut Reli Pakai Triton!

Memasuki tahun 1985, Pajero berhasil meraih juara dunia di Paris-Dakar hingga 12 kali setelahnya. Sejak saat itu, Mitsubishi Pajero menjadi SUV legendaris di seluruh dunia.

3. Line Up Produk Melegenda di Dekade 1990-an

Sosok Mitsubishi Pajero generasi pertama

Sosok Mitsubishi Pajero generasi pertama

Di era tahun 1990-an, Mitsubishi Motors sukses melahirkan beragam mobil yang cukup fenomenal. Seperti sport coupe, Eclipse yang diproduksi untuk pasar Amerika, hingga Mitsubishi GTO yang dibekali dengan penggerak empat roda.

Masih di dekade tahun 1990-an, Mitsubishi berhasil merilis mobil reli yang mengguncang ajang WRC yakni Lancer Evolution. Sedan empat pintu itu diproduksi sebagai kendaraan massal sebagai syarat untuk bisa berkiprah di ajang reli WRC.

Menurut catatan pabrikan, setidaknya hingga akhir tahun 1990-an. Tercatat ada enam generasi Lancer Evolution yang diproduksi oleh MMC.

4. Jajaran Mobil Legendaris Mitsubishi Era Dekade 2000-an

Mitsubishi Strada Triton

Mitsubishi Strada Triton

Memasuki era tahun 2000-an, mobil legendaris Mitsubishi masih berkutat dengan model sedan, yaitu Lancer Evolution hingga Evo X yang menjadi edisi pamungkasnya. Tapi dibalik itu, Mitsubishi Motors juga melahirkan beberapa mobil penumpang yang dijual di negara-negara lain.

Seperti mobil keluarga atau MPV Mitsubishi Grandis yang juga sempat hadir di Indonesia. Grandis ini merupakan MPV lanjutan dari Mitsubishi Chariot yang hadir di era tahun 1990-an.

Baca juga  7 Keunggulan Mitsubishi Xpander Dibanding Rival

Kemudian di dekade 2000-an ini juga Mitsubishi Motors mulai memproduksi Mitsubishi Triton generasi keduanya di Thailand.

5. Perjalanan Produk Pada Dekade 2010-an

Mitsubishi Xpander

Xpander mengukir sejarah baru bagi Mitsubishi

Pada dekade 2010-an, Mitsubishi Motors banyak menorehkan sejarah, khususnya di segmen kendaraan penumpang. Pasalnya pada era ini Mitsubishi sukses melahirkan Mitsubishi Xpander dan juga Xpander Cross.

Xpander jadi produk yang cukup fenomenal di Indonesia, dan juga sejumlah negara ASEAN lainnya. Pantas rasanya jika Mitsubishi Xpander jadi mobil legendaris Mitsubishi saat ini.

Penjualannya yang laris-manis, menjadikan Mitsubishi Xpander sebagai penyumbang pundi-pundi Mitsubishi Motors tertinggi dalam sejarah. Selain itu di era ini pula, Mitsubishi Motors menghadirkan mobil ramah lingkungan berbasis SUV pertama di dunia, yaitu Outlander PHEV.

Mobil plug-in hybrid ini pun mendapat sambutan baik di Eropa. Kemudian juga lahir mobil crossover pertama Mitsubishi Motors yaitu Eclipse Cross yang memiliki teknologi canggih dari Mitsubishi. Outlander PHEV dan Eclipse Cross turut dijajakan untuk konsumen di Indonesia.

Semoga informasi mengenai jajaran `mobil legendaris Mitsubishi ini dapat bermanfaat untuk kalian.

Baca juga:

Related Articles

Moladin Digital Indonesia








Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika