oleh

8 Mobil Listrik di GIIAS 2021, Futuristik

Mobil listrik di GIIAS memang menjadi daya tarik pengunjungnya, sebab mobil listrik masih menjadi sesuatu hal yang baru di masyarakat Indonesia, karenanya beberapa tenaga penjual di booth yang memajang mobil listrik mengedukasi mengenai spesifikasi dan karakter mobil listrik tersebut.

Beberapa mobil listrik yang dipajang mengusung desain yang futuristik dan tentunya juga tidak menghilangkan kesan sporty atau elegan, sesuai dengan konsep masing-masing mobil listrik yang diusung produsennya.

Kehadiran mobil listrik di event GIIAS juga menjadi sebuah ajang edukasi kepada masyarakat bahwasanya mobil dengan tenaga battery lebih ramah lingkungan serta lebih minim perawatan.

Yohanes Nangoi selaku Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) juga mengungkapkan bahwa event GIIAS kali ini tidak memasang target transaksi penjualan.

“Untuk event GIIAS 2021 kami tidak mematok target penjualan, sebab untuk tahun ini kami lebih mengutamakan edukasi di dunia otomotif. Selain itu juga dengan berlangsungnya GIIAS kali ini merupakan salah satu simbol kebangkitan industry otomotif pasca pandemi,” ungkap Yohanes Nangoi selaku Ketua Umum Gaikindo.

Nah, untuk lebih jelasnya mobil listrik apa saja yang mejeng di event GIIAS 2021, berikut deretannya.

1. Hyundai Ioniq Electric

Mobil listrik di GIIAS
Hyundai Ioniq electric

Mobil listrik di GIIAS 2021 yang pertama adalah Hyundai Ioniq Electric. Mobil ini merupakan mobil bertenaga listrik dengan model sedan. Baterai Ioniq Electric memiliki kapasitas 38,3 kWh. Dengan bantuan fitur e-motor, tenaga yang dihasilkan mencapai 133,28 dk dan torsi 295 Nm.

Pada pengisian cepat 100 kW, bisa mencapai kapasitas 80 persen dalam waktu 54 menit. Sementara untuk tipe 50 kW, bisa terisi 80 persen dalam waktu 57 menit. Hyundai Ioniq hadir dalam dua varian yakni Prime dan Signature. Dibanderol mulai Rp 624 – Rp 664 juta.

Baca juga  Jepang Investasi Mobil Listrik Triliunan Rupiah di Indonesia

2. Nissan Leaf

Mobil listrik Nissan
Inilah sosok Nissan Leaf

Mobil listrik di GIIAS 2021 berikutnya adalah Nissan Leaf. Mobil ini mengusung desain yang terlihat apik, layaknya mobil bermesin bensin pada umumnya.

Nissan Leaf mengusung battery berkapasitas 40 kwh  dengan kemempaun jarak tempuhnya diklaim mencapai 311 km.

Soal fitur, mobil elektrik dari Jepang ini sudah mengadopsi elektronik pedal, Inteligent Around View Monitor (IAVM), Forward Emergency Braking (FEB), Forwar Collision Warning (FCW), Hill Start Assist (HSA) dan Inteligent Trace Control (ITC). Mobil ini dibanderol Rp 649 jutaan.

3. Hyundai Kona

Mobil listrik di GIIAS
Hyundai Kona Electric.

Hyundai Kona megusung baterai lithium ion berukuran 39,2 kWh. Tenaga maksimumnya diklaim mampu meraih 136 PS torsi maksimal hingga 395 Nm yang didistribusikan melalui roda depan.

Soal jarak tempuh, Hyundai Kona diklaim mampu meraih angka hingga 345 km. Mobil listrik di GIIAS 2021 ini harganya Rp 697 jutaan.

4. MG 5 EV

mobil listrik di giias 2021
MG 5 EV hadir di Indonesia, kalau di Thailand namanya MG EP

Mobil listrik di GIIAS 2021 selanjutnya adalah lansiran dari Moris Garage (MG Indonesia) yang berada di bawah payung SAIC Motor untuk pertama kalinya mengikuti event GIIAS. Tak mau kalah dengan competitor yang lain, MG membawa amunisi berupa mobil listrik yang dinamai MG 5 EV.

MG 5 EV mengusung baterai dengan kapasitas sebesar 50,3 kWh yang telah teruji dan tersertifikasi IP67 tahan air dan debu. MG 5 EV diklaim mampu menempuh hingga 380 km dengan kondisi daya baterai penuh.

Baca juga  BMW Bocorkan Peluncuran Mini Electric di Indonesia, Catat!

Dengan ditenagai motor listrik Permanent Magnet Synchronous Motor, tenaga maksimumnya diklaim sebesar 115kW atau setara dengan 156 PS, sehingga mampu berakselerasi dari 0 ke 60mph (100km/jam) hanya dalam waktu delapan detik.

Oh ya, soal desain MG 5 EV menjadi yang paling fenomenal diantara mobil elektrik lainnya yang hadir di GIIAS 2021. Sebab mobil ini mengusung model station wagon. Sangat jarang mobil listrik dengan gaya tersebut.

Soal harga, sayangnya pihak MG Indonesia belum mau membeberkannya. Belum jelas juga, kapan mobil ini akan dipasarkan di Indonesia.

5. Mitsubishi Outlander PHEV

Mobil listrik di GIIAS
Mitsubishi Outlander PHEV

Mobil dengan logo tiga berlian ini juga tak mau kalah denga merek lainnya. Mobil listrik di GIIAS 2021 yang ditampilkan oleh mereka ada Outlander PHEV.

Mobil ini mengusung sistem Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) dengan pilihan tiga mode berkendara, yaitu EV Drive Mode, Series Hybrid Mode, serta Parallel Hybrid Mode.

Oh ya, ada yang menarik dari Mitsubishi Outlander PHEV, yaitu potongan harga berupa diskon selama prehelatan GIIAS 2021 berlangsung.

Tak tanggung-tanggung, diskon yang ditawarkan pihak Mitsubishi Indonesia sebesar Rp 421 juta. Di mana harga awalnya adalah Rp 1,311 miliar dan di GIIAS 2021 harganya menjadi Rp 889 juta.

6. Mitsubishi Minicab MiEV

mobil listrik di giias 2021 - minicab miev
Minicab MiEV

Mobil listrik lansiran Mitsubishi ini merupakan mobil yang dicoba oleh Presiden Joko Widodo saat beliau berkunjung ke GIIAS kemarin. Mitusbishi Minicab MiEV memiliki bodi mungil, dengan dimensi panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm dan tinggi 1.810 mm.

Desainnya sederhana, pada bagian depan mobil listrik mungil ini mirip dengan Suzuki Karimun R. Sumber tenaganya menggunakan battery lithium-ion dengan jarak 100 km. sementara untuk pengisian dari 0 sampai full membutuhkan waktu skitar 4,5 jam.

Baca juga  Aplikasi GIIAS Auto360, Terobosan Baru Pameran Otomotif Indonesia

Hanya saja, sampai saat ini Minicab MiEV cuma dipamerkan. Belum untuk dijual.

7. Wuling Hongguang Mini EV

Wuling GSEV
GSEV merupakan platform mobil listrik Wuling untuk menghadirkan mobilitas yang modern.

Mobil listrik di GIIAS 2021 selanjutnya adalah Wuling Hongguang Mini EV. Mobil listrik mungil ini menggunakan platform Global Small Electric Vehicle (GSEV).

Untuk baterainya, GSEV ini sudah dibekali dengan baterai canggih yang memiliki standar keamanan baterai IP86 Waterproof dan dilengkapi dengan Smart Battery Management System.

Saat ini Wuling menawarkan 2 pilihan kapasitas baterai dari GSEV. Yaitu 9,3 kWh dengan kemampuan jarak tempuh 120 kilometer dan 13,9 kWh dengan jarak tempuh maksimal 170 kilometer.

Kabarnya, mobil listrik dari platform Wuling GSEV akan diproduksi di Indonesia pada 2022. Kita tunggu saja gebrakan pabrikan merek Cina tersebut.

8. Lexus UX 300e

mobil listrik di giias 2021
Ini merupakan mobil listrik Toyota pertama dengan brand Lexus yang dijual di Indonesia

Buat kamu yang belum tahu, Lexus UX 300e merupakan mobil listrik pertama Toyota di Indonesia. Produk ini pun ditampilkan di GIIAS 2021, serta sudah bisa dibeli dengan harga Rp 1,389 miliar.

Sebagai sumber tenaganya ada baterai Lithium-ion yang memiliki kapasitas 54.35 kWh yang dapat menyemburkan tenaga 201 hp dengan torsi puncak 300 Nm. Ketika baterai terisi penuh, mobil ini mampu melaju hingga 300 Km.

Moladiners, itulah ulasan mengenai deretan mobil listrik yang dipajang pada event GIIAS 2021. Pilih yang mana?

Untuk informasi seputar otomotif menarik lainnya, simak terus Moladin.com.

Terbaru