oleh

5 Mobil Listrik di IIMS 2022, Innova EV Hinga Chery EQ1

Ada beberapa mobil listrik di IIMS 2022 yang menarik untuk dibahas. Sebab deretan mobil berpenggerak battery tersebut menjadi daya tarik tersendiri oleh pengunjung eventIndonesia International Motor Show (IIMS) 2022.

Beberapa pabrikan otomotif baik dari Jepang dan Cina berlomba menampilkan lini produk mobil listrik mereka. Mulai dari model hatchback, MPV dan mobil mini berkapasitas dua orang.

Nah, mau tahu apa saja mobil listrik di IIMS 2022. Mari kita simak ulasannya berikut ini.

1. Toyota Innova EV

mobil listrik di iims 2022
Toyota Innova EV

Mobil listrik di IIMS 2022 yang pertama adalah Toyota Innova EV. Yup meski hanya untuk dipajang, mobil ini menjadi daya tarik awak media dan para pengunjung IIMS 2022. Bahkan mobil listrik MPV ini hanya ditampilkan pada hari pertama event berlangsung, selanjutnya Innova EV sudah disimpan lagi oleh Toyota Indonesia.

Untuk spesifikasi lengkapnya memang belum terungkap. Meski begitu, untuk desain eksteriornya sekilas memang tidak berbeda jauh dengan Innova bermesin bensin atau diesel. Hanya saja jika diperhatikan lebih dekat terdapat beberapa ubahan.

Yang paling signifikan adalah pada bagian depannya, yaitu tidak ada grill seperti Innova lainnya. Di tengahnya disematkan logo Toyota dengan aksen krom dan latar warna biru untuk menandakan mobil elektrifikasi.

Karena bukan mobil bermesin bensin atau diesel, maka dibagian belakangnya tidak ada knalpot. Oh ya, posisi untuk penyimpanan ban serep digantikan oleh tempat baterai.

Masuk ke bagian interior, tampilannya masih mirip dengan Innova lainnya, hanya saja warna jok dibungkus dengan warna yang lebih terang. Kemudian untuk transmisinya sudah tidak menggunakan tuas, namun menggunakan tombol.

Baca juga  Harga Baterai Ioniq 5, Semahal Apa?

Meski banyak yang tertarik namun sayangnya Toyota Innova EV belum dijual. Hanya sebatas dipamerkan saja.

“Tahun ini lini produk elektrifikasi Toyota lengkap, salah satunya dengan kehadiran Innova EV ini,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy saat ditemui di IIMS 2022 pada hari pertama event berlangsung.

2. Hyundai Ioniq 5

mobil listrik di iims 2022
Hyundai Ioniq 5

Mobil listrik di IIMS 2022 selanjutnya adalah Hyundai Ioniq 5. Yup, kehadirannya membuat semua pengunjung penasaran untuk melihat lebih dekat dengan mobil listrik pertama yang dibuat di pabrik Hyundai di cikarang.

IONIQ 5 mengusung desain futuristik lengkap dengan material ramah lingkungan. Menariknya, Ioniq 5 menjadi mobil listrik pertama yang dibangun di atas Electric-Global Modular Platform (E-GMP). Platform ini diklaim memiliki banyak keunggulan yang dirancang khusus untuk model kendaraan BEV.

Hyundai Ioniq 5 menawarkan spesifikasi baterai yang mumpuni. Klaim Hyundai, varian Ioniq 5 Prime Standard dan Signature Standard dapat dikendarai sejauh 384 Km bila baterai mobil sedang terisi penuh.

Tidak hanya sampai di situ, varian Ioniq 5 Long Range juga memiliki kemampuan jarak tempuh yang lebih mengesankan lagi, di mana tipe Prime Long Range bisa dikendarai sejauh 481 KM. Kemudian varian Signature Long Range dapat menempuh jarak sejauh 451 KM.

Baca juga  3 Keunggulan Mini Electric Collection, Varian Termahal!

Kemudian, terdapat pula fitur Bluelink yang dapat menghubungkan pengemudi dengan call center Hyundai untuk Roadside Assistance yang siap merespons 7 x 24 jam. Selain itu, pemilik Ioniq 5 Indonesia juga disuguhkan dengan sistem navigasi yang menyediakan informasi real-time keadaan lalu lintas, parkir, dan charging station.

3. DFSK Seres SF5

mobil listrik di iims 2022
DFSK Seres SF5

Kemudian, salah satu pabrikan otomotif asal Tiongkok yaitu DFSK juga tak mau kalah dengan lainnya. Mereka menghadirkan mobil listrik dengan tampilan mirip salah satu SUV Porsche.

Yup, mobil tersebut adalah DFSK Seres SF5. SUV ini dilengkapi dengan 2 motor listrik yang ditempatkan pada bagian depan dan belakang. Untuk baterai yang ada di depan adalah SEP200AC dengan tenaga 255 kW. Sementara untuk baterai yang dibelakang yaitu HW150 dengan power 150 kW.

Catatan resmi pihak Research and Development (R&D) mengklaim akselerasi 0-100 kilometer per jam Seres SF5 hanya membutuhkan 4,7 detik,Mirip Sports Car! Oh ya, kedua motor listrik yang ditawarkan tersebut didukung dengan baterai Li-ion berdaya 35 kWH.

Menariknya, mobil ini diklaim mempunyai kemampuan fast charging untuk mengisi daya baterai 20% – 80% kurang dari 1 jam.

4. Wuling GSEV

mobil listrik di iims 2022
Wuling GSEV

Mobil listrik di IIMS 2022 berikutnya adalah Wuling GSEV yang rumornya akan dibanderol kisaran Rp 100 juta sampai Rp 200 jutaan. Menariknya, mobil listrik mungil ini juga sudah dilengkapi berbagai fitur pintar. Seperti Internet of Vehicle (IoV), ADAS, Automatic Parking, hingga fitur Multimedia dengan dukungan Voice Command.

Baca juga  Hyundai Ioniq dan Kona Electric Berbekal Harga Termurah

Sebagai informasi, GSEV sendiri sudah memiliki enam produk yang diluncurkan sejak 2017 hingga saat ini. Mulai dari E100, E200, Hongguang Mini EV, Hongguang Mini EV Macaron, KiWi EV, hingga Nano EV. Entah nanti mana yang bakal masuk Tanah Air, bisa jadi juga produk baru lagi.

Oh ya, mobil dengan kapasitas dua penumpang ini juga telah melalui pengujian ketahanan tinggi, berstandar IP68 waterproof dan dilengkapi Smart Battery Management System. Selain itu aspek keselamatan berkendara turut menjadi pilar penting spesifikasi Wuling GSEV dengan dukungan rangka baja pada bodi yang kuat dan kantung udara.

5. Chery EQ1

mobil listrik di iims 2022
Chery EQ`1

Chery EQ1 dilengkapi dengan tenaga listrik 55kW. Kemudian untuk waktu akselerasi 1-50km/ jam diklaim kurang dari 5 detik, kecepatan maksimum 120km/ jam, dan menjadi satu-satunya jenis kendaraan listrik yang dibangun dengan konstruksi aluminium.

Selain itu, Chery EQ1 juga mengadopsi teknologi mumpuni yang terdiri dari tiga komponen listrik. Yaitu baterai, motor, dan e-management system yang dilengkapi dengan konfigurasi keselamatan aktif dan pasif.

Moladiners, selain deretan mobil listrik yang sudah disebutkan tadi, ada pula beberapa mobil listrik lain yang sebelumnya sudah pernah kita bahas dan tampil di beberapa event otomotif seperti GIIAS 2021 dan Jakarta Auto Week. Seperti Toyota C+POD, DFSK Gelora E, dan Mitsubishi Minicab MIEV.

Pantau terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Terbaru