by

6 Mobil Listrik yang Meluncur di 2020 Untuk Indonesia

Sepanjang tahun ini, tercatat ada sejumlah mobil listrik yang meluncur di 2020. Meski pasar otomotif Indonesia mengalami penurunan yang signifikan terdampak pandemi Covid-19.

Pun begitu tak menyurutkan pabrikan otomotif untuk merilis jajaran mobil listrik mereka untuk pasar domestik. Mulai dari yang bermesin hybrid, hingga kendaraan listrik sepenuhnya (full electric).

Kehadiran sejumlah mobil-mobil ramah lingkungan tersebut setidaknya menandai era mobil listrik di Indonesia telah tiba. Sejalan dengan rencana pemerintah menuju era elektrifikasi kendaraan di tahun 2025 mendatang.

Buat kalian yang penasaran kira-kira mobil listrik apa saja yang mengaspal di Indonesia. Berikut ulasan lengkapnya:

1. Toyota Prius PHEV, Paling Awal Diperkenalkan di Indonesia

Toyota Prius PHEV, Mobil listrik yang meluncur di 2020
Toyota Prius PHEV, Mobil listrik yang meluncur di 2020

PT Toyota Astra Motor (TAM) nampaknya cukup optimis menggarap segmen kendaraan listrik di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan merilis Toyota Prius PHEV pada 17 Maret 2020 lalu.

Prius PHEV jadi salah satu mobil listrik yang meluncur di tahun 2020 ini. Meski prosesi peluncuran dilakukan secara tertutup, karena pandemi yang melanda Indonesia.

Meski telah dijajakan untuk pasar Indonesia, namun mobil ini belum dijual bebas ke masyarakat. Pasalnya Toyota Indonesia menawarkan Prius PHEV sebagai bagian kolaborasi dengan perusahaan penyedia transportasi online dan GoFleet.

2. Toyota Corolla Cross Hybrid

Toyota Corolla Cross hybrid, salah satu mobil listrik Toyota
Toyota Corolla Cross melengkapi jajaran mobil hybrid di Indonesia

Selanjutnya membahas mobil listrik yang meluncur di 2020, lagi-lagi diboyong oleh PT Toyota Astra Motor (TAM). Di mana tepat pada tanggal 6 Agustus lalu, Toyota Corolla Cross Hybrid rilis di Indonesia.

Baca juga  Bocor Sosok Nissan Terra Facelift 2021

Daftar inden Corolla Cross bertenaga hybrid itu cukup panjang, lho! Konsumen harus bersabar untuk mendapatkan unit di bulan Desember.

Terkait harga, Toyota Corolla Cross bermesin hibrida tersebut ditawarkan dengan banderol Rp 497,8 juta.

3. Nissan Kicks e-Power

konsumsi bbm nissan kicks e-power
Nissan Kicks salah satu kendaraan ramah lingkungan yang kini tersedia untuk Indonesia

Nissan Kicks e-Power jadi salah satu mobil listrik yang meluncur di 2020. PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memboyong kendaraan ramah lingkungan andalannya itu pada 2 September lalu.

Pabrikan mengklaim bahwa Kicks e-Power merupakan mobil listrik, dan bukan seperti mobil bertenaga hybrid lainnya yang dijajakan di pasar Tanah Air. Pasalnya meski masih disematkan mesin konvensional.

Mesin itu hanya bertugas untuk mengisi daya baterai. Sehingga pemilik tak perlu repot-repot melakukan charging eksternal.

Secara spesifikasi, Nissan Kicks e-Power dibekali mesin bensin 3-silinder berkapasitas 1.2 liter. Mesin itu dipadukan dengan baterai Lithium-ion dan motor listrik bertenaga 129 PS dengan torsi 260 Nm.

Kicks e-Power ditawarkan dalam empat pilihan warna, yaitu Monarch Orange with Black Roof, Storm White with Black Roof, Black Star, dan Gun Metallic. Mobil ini ditawarkan dengan banderol Rp 449 juta.

4. Lexus UX 300e

Lexus UX 300e meluncur di Indonesia
Lexus UX 300e meluncur di Indonesia

Lexus UX 300e jadi salah satu mobil listrik yang meluncur di 2020. Prosesi peluncuran crossover mewah itu berlangsung pada 25 November lalu.

Baca juga  Mobil Listrik Honda Siap Diproduksi Lokal, Mobilio Hybrid?

Menariknya kehadiran Lexus UX 300e di Indonesia, jadi yang pertama di kawasan ASEAN. Pasar Indonesia dianggap pabrikan cukup penting bagi pengembangan pasar Lexus di kawasan Asia.

Lexus UX 300e dibekali motor listrik berkapasitas 54,35 kWh dengan tenaga 201 hp dan torsi 300 Nm, serta daya jelajah hingga 300 km dala sekali pengisian daya listrik. Pengisian baterai mobil ini membutuhkan waktu 24 jam untuk 0-100% saat menggunakan listrik rumah.

Namun dengan AC Wall charger membutuhkan 5-6 jam dan DC Fast Charging di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) hanya 50 menit. Terkait harga, Lexus UX 300e dibanderol Rp1,245 miliar dan berstatus CBU dari Jepang.

5. Hyundai Ioniq Electric, Mobil Listrik yang Meluncur di 2020

4 Kelebihan Hyundai Ioniq, pelajari sebelum membeli
Hyundai Ioniq, sedan listrik asal Korea Selatan

PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) berkomitmen untuk serius menggarap segmen mobil listrik di Indonesia. Pabrikan asal Korea Selatan itu memboyong Ioniq Electric, mobil listrik yang meluncur di 2020 pada 6 Desember lalu.

Tampilannya modern, dan menawarkan sejumlah teknologi modern. Seperti sudah dibekali dengan lampu LED DRL dan LED headlight, serta gril yang futuristis.

Interiornya sudah dibekali dengan head unit layar sentuh berukuran 8 inci dengan beragam fungsi dan hiburan. Menyoal mesin, Hyundai Ioniq Electric mengandalkan motor listrik dengan tenaga 120 PS dan torsi 295 Nm.

Baca juga  Begini Cara Melepas Kaca Film Mobil Dengan Mudah

Motor listrik itu ditopang dengan baterai Li-Ion Polymer 38,3 kWh yang berada di bagian bawah mobil. Untuk pasar domestik, mobil ini tersedia dalam dua varian, yakni Prime dan Signature.

Terkait harga Ioniq Prime dijual dengan banderol Rp624,8 juta dan Signature Rp664,8 juta.

6. Hyundai Kona Electric

Hyundai Kona Electric
Hyundai Kona Electric

Bersamaan dengan rilisnya Hyundai Ioniq EV, Hyundai Indonesia turut memboyong Hyundai Kona Electric untuk pasar domestik. Kona Electric masuk dalam daftar mobil listrik yang meluncur di 2020.

Secara tampilan Hyundai Kona Electric punya desain yang menarik. Fitur-fiturnya pun canggih, sudah dibekali dengan LED headlight with Auto Light Control dan LED DRL.

Interiornya mengandalkan head unit layar sentuh berukuran 8 inci. Sedangkan instrument panel digital yang berada di depan pengemudi berisi beragam informasi dengan gaya futuristis.

Mobil ini mengandalkan motor listrik berperforma 120 PS dan torsi 295 Nm. Motor listriknya sendiri ditopang dengan baterai Li-Ion Polymer 38,3 kWh.

Terkait harga, Hyundai Kona Electric dibanderol Rp 674,8 juta (OTR Jakarta). Semoga informasi mengenai mobil listrik yang meluncur di 2020 dapat bermanfaat untuk kalian.

Terbaru