oleh

3 Mobil Mazda Terpopuler Beserta Daftar Harganya!

Berikut Moladin sampaikan daftar 3 mobil Mazda terpopuler di Tanah Air. Informasi ini mungkin bisa jadi bahan pertimbangan kamu sebelum memutuskan untuk membeli unit kendaraan Mazda.

Menurut data Gaikindo, mobil Mazda terpopuler alias yang paling laku di tahun lalu 2021 adalah CX-3. Model yang dipasarkan oleh PT Eurokars Motors Indonesia (EMI) ini berhasil menggeser dominasi penjualan SUV CX-5 sebelumnya.

Managing Director PT EMI, Ricky Thio mengatakan peningkatan penjualan Mazda CX-3 tidak terlepas dari kehadiran mesin baru 1.5L.

“Market mobil itu seperti piramid. Artinya model yang entry level tentunya punya market yang lebih besar. Dan lagi CX-3 1.5L itu kan harganya jauh lebih terjangkau dari CX-5. Jadi otomatis segmentasi marketnya lebih luas,” katanya pada media, Oktober 2021 lalu.

Sales Manager PT EMI Deddy Kurniawan Saputro juga nambahkan kehadiran mesin baru 1.5L ini membuat CX-3 menjadi salah satu mobil entry-level yang banyak dicari konsumen.

“Backbone kami sekarang (2021) di CX-3. SPK tertinggi itu saat ini ada di CX-3, kemudian kedua CX-5. Dalam kondisi sebelum pandemi penjualan Mazda CX-3 bisa mencapai 500 unit sebulan. Sedangkan, CX-5 hanya terjual 30 sampai 40 persen dari penjualan CX-3, atau sekitar 150 sampai dengan 200 unit per bulan,” tambah Deddy.

Nah untuk data terbaru di tahun 2022, CX-5 kembali menjadi salah satu mobil terpopuler Mazda. Saat baru peluncurannya saja, Mazda CX-5 berhasil terjual 857 unit di bulan April.

Baca juga  4 Masalah Mazda 2 Bekas, Teliti Sebelum Membeli

Mazda CX-5 sendiri meluncur pada awal April 2022 lalu. PT EMI menargetkan model ini terjual 1300 unit per tahun. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak daftar 3 mobil Mazda terpopuler di Indonesia.

1. Mazda CX-5  

Mobil Mazda Terpopuler
Mazda CX-5 2022.

Mobil Mazda terpopuler yang pertama adalah mazda CX-5. Seperti yang disebutkan di atas, pesaing Honda CR-V ini berhasil memikat hati konsumen dengan desain dan fitur-fitur modernnya.

Sebagai informasi, Mazda CX-5 hadir dalam 2 tipe yakni Elite yang mengedepankan estetika dan didesain untuk memenuhi kebutuhan customer yang beragam, serta Kuro yang menggabungkan ornamen hitam dan aksen merah guna memberi impresi berani dan jiwa yang sporty.

Jika membahas eksteriornya, ubahan yang dilakukan cukup banyak, apalagi bentuk grill depan dengan model 3 dimensi menambah kesan canggih. Begitu juga dengan model lampunya yang kini menyipit bagi di bagian depan maupun belakang.

Untuk urusan sasis, New CX-5 dilengkapi dengan Skyactiv-Vehicle Architecture yang mencakup struktur kendaraan baik bagian bodi, suspensi, sampai kursi. Sehingga pengemudi dapat merasakan sensasi berkendara yang lebih natural dan nyaman.

Bagian kabinnya juga sudah dilengkapi dengan wireless charging, hands-free power liftgate, drive mode selection indicator serta ruang bagasi yang inovatif di mana papan bagian depan dan belakang dapat diatur secara fleksibel untuk mengakomodir kapasitas yang dibutuhkan.

Terksit harga, Mazda CX-5 Elite dijual pada harga Rp 597,7 juta dan Kuro Rp 607,7 juta.

Baca juga  Mazda3 100th Anniversary Edition, Cuma 20 Unit di Indonesia

2. New Mazda CX-3 Sport 1.5L

harga compact suv februari 2022
Mazda CX 3 2022

Mobil Mazda terpopuler berikutnya adalah CX-3. Generasi terbaru SUV crossover ini rilis pada akhir maret 2021 di Indonesia. Soal harga, mobil berkapasitas 5 orang penumpang ini  per Juni 2022 dibanderol Rp 365,5 juta (OTR Jakarta).

Dengan menempati segmen small SUV, mobil berkapaitas 1.500 cc hadir dengan teknologi mesin terbaru khas Mazda, SKYACTIV. 

Mesin ini memiliki kubikasi murni 1.496 cc, empat silinder, DOHC. Bicara torsi, sanggup melontarkan 144 Nm pada 4.000 rpm dan tenaga maksimal 111 PS pada 6.000 rpm.

Model yang sebelumnya memiliki versi mesin 2.0L ini juga masih mengadalkan desain yang khas dengan lampu utama agak pipih dan terlihat terintegrasi dengan grille depan.

Di sektor interior, New Mazda CX-3 Sport 1.5L mengadopsi head unit layar sentuh yang bisa terkoneksi smartphone dengan Android Auto dan Apple CarPlay. Lalu ada audio steering switch serta head up display.

Tidak ketinggalan yang juga menarik dan belum dipunya kompetitor adalah kehadiran fitur keselamatan seperti blind spot monitoring (BSM) dan rear cross traffic alert (RCTA).

BSM berfungsi memberi peringatan ke pengendara ketika ada mobil lain menyalip dari titik buta atau blind spot. Lalu RCTA menginformasikan bila ada kendaraan di belakang ketika parkir mundur. Fitur keselamatan lain adalah enam titik airbag.

Baca juga  Sejarah Mazda 2, dari Minivan Jadi Hatchback

3. Mazda2

Mobil Mazda Terpopuler
Mazda2

Mobil Mazda terpopuler berikutnya adalah Mazda2. Model ini mengalami facelift terakhir kali pada tahun 2020.

Saat ini rumor yang beredar model terbarunya sedan juga akan meluncur sebentar lagi di tahun 2022. Model terbaru ini nantinya akan mengusung platform Toyota Yaris.

Mazda2 dalam keluarga Mazda yang dipasarkan di Indonesia adalah varian termurah. Saat ini dipasarkan mulai harga Rp 338,8 juta.

Sama seperti CX5 dan CX5, Mazda2 juga mengusung KODO Design, yang bisa dilihat jelas pada bagian depan. KODO terpusat pada gril besar berbentuk perisai yang memiliki garis krom yang saling menghubungkan antara dua lampu utama.

Dari sisi pencahayaan sendiri Mazda 2 telah menggunakan lampu LED, baik lampu utama atau Daytime Running Light (DRL).

Pada bagian interior memiliki nuansa gelap serta memiliki banyak lekukan agresif di dalamnya. Mazda 2 juga dilengkapi dengan tachometer model analog yang dipadukan speedometer digital.

Yang menjadi cukup menarik, ketika mulai menyalakan mesin, maka secara otomatis akan muncul panel plastik bening dari dasbor. Fitur Active Driving Display (ADD) tersebut berfungsi untuk menampilkan kecepatan berkendara.

Mazda2 mengusung dapur pacu tipe SKYACTIV 1.5L in-line 4-silinder, DOHC 16-valve, hatchback keluaran Mazda ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 108 hp pada 6.000 rpm dan torsi 141 nm pada 4.000 rpm.

Demikian ulasan terkait mobil Mazda terpopuler. Simak terus Moladin untuk update berita terbaru seputar otomotif.

Terbaru