by

Mobil Otonomos untuk Antar Pizza Domino’s

Perkembangan teknologi otomotif saat ini, ikut mengubah mobil otonomos ini beralih fungsi jadi pengantar makanan khas Italia, Pizza.

Perusahaan food and beverage Domino’s, baru-baru ini membuat publik terkejut lantaran menggunakan kendaraan otonomos sebagai armada untuk mengantar pesanan dari konsumen. Dengan adanya kendaraan baru tersebut, maka perusahaan tidak lagi menyediakan pengemudi karena mobil ini bisa berjalan tanpa awak.

Mobil ini menggunakan produk dari Nuro R2. Mobil ini dilengkapi dengan kamera 360 derajat yang di dalamnya termasuk sensor radar panjang dan pendek, serta dibekali dengan sensor ultrasonic. Perusahaan ini menggabungkan perangkat keras canggih tersebut dengan tumpukan sistem otonomos yang kuat dan di dalamnya sudah mencakup pemetaan, localization, persepsi dan prediksi.

Untuk saat ini, geari pizza Domino’s yang bisa melakukan pengantaran menggunakan metode mobil otonomos ini hanya di lingkungan Woodland Heights di Houston, Texas. Konsumen yang memiliki rumah dekat dengan gerai tersebut dapat menikmati layanan antar menggunakan mobil otonom.

Dalam pengoperasiannya, perusahaan makanan tersebut akan memasukkan alamat konsumen ke dalam sistem yang nantinya secara otomatis mengantarkan pesan tersebut ke alamat konsumen.

Pelanggan yang sudah memesan pizza dari gerai tersebut nantinya akan mendapat notifikasi pesan. Dalam pesan terebut, disebutkan, akan berisi Personal Identification Number (PIN) yang nantinya akan berguna untuk konsumen dalam mengambil pesanan dari dalam mobil.

Melalui teknologi mobil otonom tersebut, maka driver yang biasanya mengantar pesanan kini tidak lagi dibutuhkan lantaran sudah diambil oleh Nuro R2.

Mobil Otonomos Dominos Sudah Disetujui Amerika Serikat

mobil otonomos jadi pengantar pizza
mobil otonomos jadi pengantar pizza

Rupanya, kehadiran Nuro R2 ini sudah diketahui oleh pemerintah setempat. Pasalnya, untuk izin yang harusnya dimiliki untuk mengoperasikan mobil otonomos Nuro R2, sudah dikantongi oleh perusahaan. Bahkan, mereka sudah mendapat persetujuan dari Departemen Transportasi AS.

Setelah penggunaan mobil ini, Kepala Divisi Inovasi Domino, Dennis Maloney, menjelaskan meski pihaknya saat ini sudah menggunakan mobil otonomos, namun masih ada beberapa hal yang harus dievaluasi dan beberapa hal lainya.

“Masih banyak yang harus dipelajari dari kami tentang ruang pengiriman otonom. Program ini akan memungkinkan kami untuk lebih memahami bagaimana pelanggan menanggapi pengiriman, bagaimana mereka berinteraksi dengan robot dan bagaimana hal itu memengaruhi resiko,” jelas Dennis.

Meski terkesan mewah, namun Domino’s bukan satu-satunya perusahaan yang sudah menggunakan jasa kendaraan pintar tersebut. Sebelum mereka, ada perusahaan Kroger yang memanfaatkan penggunaan mobil otonomos untuk mengantarkan barang.

Sedangkan Walmart, juga menjadi salah satu konsumen yang menggunakan jasa besar dari Nuro dalam mengantarkan pesanan konsumennya. Dalam beberapa tahun mendatang, Walmart, menjelaskan akan menambah armada tersebut.

Untuk informasi otomotif terkini simak terus moladin.com

Author: Harsya Fikmazi

Gravatar Image
Harsya adalah penulis yang spesialisasinya di kendaraan roda empat atau mobil. Selain itu, dia juga suka meliput dunia balap.

Terbaru