oleh

Daftar 10 Mobil Paling Laku di Dunia, Ada Wuling!

Penasaran dengan daftar mobil paling laku di dunia? Berikut akan kami beberkan secara detail.

Bila melihat datanya, kamu akan kaget. Pasalnya banyak mobil-mobil yang tidak terlalu laris di Indonesia, secara global justru jadi primadona.

Kalau di Indonesia, mobil yang paling laku adalah Honda Brio, Mitsubishi Xpander, Suzuki Carry, Toyota Avanza, dan lain-lain. Hanya saja untuk pasar dunia, ternyata hasilnya berbeda.

Informasi ini kami dapat dari analis industry otomotif, Jato yang dikutip dari laman Autocar.co.uk. Menurut Jato, mobil paling laku di dunia untuk 2021 kebanyakan datang dari model sedan dan SUV.

Toyota memang mendominasi dengan empat mobilnya masuk daftar sepuluh besar. Sementara Honda Cuma dua mobil.

Lalu yang tidak kalah menarik, ada mobil Wuling dan Tesla. Kedua merek tersebut bahkan masuk daftar dengan produk mobil listriknya.

Mau tahu lebih detail terkait spesifikasi dari 10 mobil terlaris di dunia pada 2021? Simak bahasan berikut:

1. Toyota Corolla – 985 Ribu Unit

mobil terlaris di dunia
Altis terbaru juga dijual di Indonesia

Mobil paling laku di dunia yang pertama adalah Toyota Corolla. Catatan penjualannya mencapai 985 ribuan unit pada 2021.

Menariknya lagi, mobil serupa juga dijual di Indonesia. Hanya saja di Tanah Air namanya Corolla Altis. Secara global, Corolla punya beberapa pilihan mesin yaitu 1.8 Liter dengan kombinasi motor elektrik (hybrid) dan mesin bensin konvensional.

Di Indonesia, keduanya juga dijual. Harga Toyota Corolla Altis konvensional atau 1.8V Rp 468,2 juta (OTR Jakarta). Sementara versi hybrid Rp 517 juta (OTR Jakarta).

Dengan harga yang cukup terjangkau itu, tersedia pula fitur Toyota Safety Sense untuk keselamatan berkendara. Ditambah lagi Toyota menyematkan T-Intouch sebagai teknologi keamanan canggih, serta intergrasi mobil dengan smartphone yang lebih komprehensif.

2. Toyota RAV4 – 965 Ribu Unit

mobil terlaris di dunia - toyota rav4
Toyota Rav4

Daftar mobil paling laku di dunia tahun 2021 selanjutnya masih dihuni oleh merek Toyota. Hanya saja kini model SUV yaitu Toyota RAV4.

Baca juga  Honda Recall Mobil 85 Ribu Unit Masalah Fuel Pump

Secara global, RAV4 terjual 965 ribu unit. Walau demikian di Indonesia, mobil ini tidak terlalu populer, bahkan tidak termasuk dalam lini produk yang dijual oleh PT Toyota Astra Motor (TAM).

RAV4 paling laris di Amerika Serikat dan Jepang. Keistimewaannya ada di penggunaan mesin besar mencapai 2.500 cc meminum bensin, serta tersedia pula versi hybrid.

Tidak ketinggalan hadir pula penggerak semua roda. Lalu untuk keselamatan, dibenamkan fitur Toyota Safety Sense (TSS 2.0). Desainnya pun menarik perhatian, karena gagah dan modern.

3. Honda CR-V – 713 Ribu Unit

mobil paling laku di dunia 2021
CR-V global punya sepsifikasi lebih istimewa dibanding yang dijual di Indonesia

Mobil paling laku di dunia berikutnya adalah Honda CR-V, dengan raihan 713 ribu unit. Ya, ini merupakan CR-V yang juga dijual di Indonesia. Hanya saja, spesifikasinya tidak sama persis.

Di beberapa negara lain, tersedia versi bermesin 2.000 cc dengan hybrid yang di Indonesia tidak ada. Lalu Honda juga memberi penggerak semua roda. Alhasil, performa berkendaranya tidak perlu diragukan lagi.

Lalu untuk fitur Honda Sensing, juga tersedia seperti halnya di CR-V Indonesia. Teknologi ini mirip TSS yang bisa mencegah terjadinya kecelakaan secara aktif.

Di Indonesia, Honda CR-V dijual mulai Rp 510,9 juta untuk versi 2.0 liter. Kemudian CR-V 1.5L Prestige Turbo atau yang paling mahal mencapai Rp 644,9 juta (OTR Jakarta).

4. Toyota Camry – 617 Ribu Unit

harga camry hybrid 2021 - tampak depan
Camry terbaru

Lagi-lagi dari merek Toyota yang masuk daftar mobil paling laku di dunia pada 2021. Produknya adalah Toyota Camry, laku 617 ribu unit pada tahun lalu.

Bila melihat spesifikasi global sedan mewah ini, bahkan lebih istimewa dari versi Indonesia. Ambil contoh ada pilihan mesin 3.5-liter V6, selain opsi mesin 2.5-liter hybrid. Kemudian tersedia sistem penggerak empat roda. Ditambah lagi fitur TSS 2.5+ untuk mencegah kecelakaan secara aktif.

Di Indonesia, Toyota Camry terbaru dijual mulai Rp 657 jutaan untuk varian 2.5 V AT dan Rp 787 jutaan untuk versi 2.5 hybrid.

Baca juga  Test Drive Wuling Cortez CT Type S, MPV Murah Mewah

5. Tesla Model 3 – 592 Ribu Unit

Tesla Model 3 facelift
Tesla Model 3 facelift dijual di Indonesia

Mobil terlaris di dunia selanjutnya adalah Tesla Model 3. Istimewa, karena ini jadi salah satu dari dua mobil listrik yang masuk daftar 10 besar.

Kalau melihat data dari Jota, penjualan Tesla Model 3 meningkat tajam hingga 68 persen dibanding tahun lalu. Alhasil pada 2021, penjualannya tembus 592 ribu unit.

Kelebihan mobil ini punya tampilan manis, layaknya kendaraan konvensional. Hanya saja dari sisi fitur sangat isitmewa seperti punya teknologi autopilot.

Di Indonesia sendiri, Tesla Model 3 telah dipasarkan oleh Prestige Motorcars selaku improtir umum. Jadi kalau kamu mau beli, bisa banget!

6. Honda Civic – 569 Ribu Unit

mobil paling laku di dunia - honda civic
Sosok Honda Civic terbaru alias generasi 11

Selanjutnya mobil terlaris di dunia peringkat keenam adalah Honda Civic, penjualannya 569 ribu unit. Wajar, karena memang ini merupakan sedan legendaris yang populer secara global.

Dalam daftar ini, sesungguhnya yang dimaksud adalah Civic generasi 10 dan 11. Karena memang terjadi peralihan, lantaran model barunya meluncur pada pertengahan 2021.

Walau demikian, kini yang dijual secara global termasuk Indonesia adalah generasi ke-11. Mobil ini punya aura sporty sekaligus elegan.

Civic pakai mesin 1.5 Liter dengan teknologi turbo, sanggup melontarkan tenaga 178 PS. Kemudian untuk fitur sudah tersedia Honda Sensing, Lane Watch, dan lain-lain. Harga Civic RS di Indonesia Rp 575,9 juta (OTR Jakarta).

7. Ford F-150 – 541 ribu unit

mobil paling laku di dunia - ford f-150
Double cabin Ford F-150 termasuk laris manis di dunia

Mobil terlaris di dunia berikutnya adalah Ford F-150. Merek mobil double cabin asal Amerika Serikat ini mendapatkan angka penjualan 541 ribu unit.

Ketangguhannya memang tidak perlu diragukan, apalagi Ford F-150 pakai mesin 3.3 liter Ti-VCT V6. Jadi mau mengangkat barang berat, pasti mudah. Sayangnya mobil double cabin tersebut tidak dipasarkan di Indonesia.

8. Toyota Yaris – 515 ribu unit

mobil paling laku di dunia - toyota yaris tnga
Yaris TNGA

Kamu tentu tahu Toyota Yaris, mobil ini juga masuk dalam daftar mobil paling laku di dunia. Terjual 515 ribu unit. Hanya saja, spesifikasi Yaris global berbeda dengan Indonesia.

Baca juga  Viral Pengemudi Avanza Pakai Roof Box Ditilang, Ini Aturannya!

Di luar negeri, utamanya Eropa, Yaris usdah pakai platform TNGA. Sekilas tampilannya mirip GR Yaris. Kemudian dari mesin, pakai 1.5 Liter hybrid yang bisa mengeluarkan tenaga 116 hp.

Sementara di Indonesia, Yaris masih pakai mesin bensin konvensional. Harganya kalau di Tanah Air, mulai Rp 290 jutaan. 

9. Nissan Sylphy – 498 ribu unit

mobil paling laku di dunia - nissan sylphy 001
Nissan Sylphy laku di Cina, serta berbagai negara Asia lain

Kalau kamu belum pernah dengar Nissan Sylphy, wajar karena memang tidak dijual di Indonesia. Mobil sedan ini laris manis di Cina dan beberapa negara asial lain, hingga sukses mengukuhkan penjualan global 498 ribu unit.

Mobil ini kini semakin mewah dan modern. Sudah pakai mesin e-power sehingga semakin ramah lingkungan.

Motor elektrik Nissan Sylphy bisa melontarkan torsi sampai 300 Nm ke penggerak roda depan. Lalu untuk konsumsi BBM sekitar 3,9 liter/100 Km. Irit banget kan?

10. Wuling Hongguang Mini EV – 469 ribu unit

mobil listrik di giias
Wuling Hongguang Mini EV

Mobil paling laku di dunia yang terakhir adalah Wuling Hongguang Mini EV. Di Indonesia ini dikenal sebagai Wuling GSEV yang diperkenalkan di GIIAS 2021 lalu.

Saat ini Wuling GSEV memang belum dijual, tapi rencananya bakal diproduksi di Indonesia pada tahun ini. Menarik bukan?

Kelebihan dari Wuling GSEV atau Wuling Hongguang Mini EV ada di dimensinya mungil sehingga asik untuk berkendara di padatnya lalu lintas. Ditambah lagi desainnya imut-imut, serta sudah full elektrik.

Wuling Hongguang Mini EV masuk dalam daftar, karena jadi mobil terlaris di Cina. Secara global penjulannya tembus 469 ribu unit.

Itulah tadi daftar mobil paling laku di dunia tahun 2021. UNtuk informasi terbaru dan terlengkap seputar otomotif, pantau  terus Moladin!

Terbaru