Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

6 Keistimewaan Mobil Presiden Amerika di KTT G20, The Beast!

by Firdaus Ali
mobil presiden amerika serikat - joe biden di ktt g20

Mengulas mobil Presiden Amerika Serikat, Joe Biden di event KTT G20 tentu saja menarik. Sebab, mobil yang berjuluk The Beast itu diklaim memiliki tingkat keamanan super, serta harganya diperkirakan tembus hingga Rp 21,9 miliar.

Sebagai informasi, Indonesia sebagai tuan rumah acara internasional tersebut sesungguhnya sudah menyiapkan mobil Genesis G80 Electrified untuk para pimpinan negara. Hanya saja, Joe Biden memilih memboyong mobil kepresidennya sendiri yang merupakan limosin bernama Cadillac One. Hal tersebut tentu untuk menjamin keamanan dan keselamatan sang presiden.

Pasalnya, The Beast dirancang khusus untuk mobil presiden Amerika Serikat dengan tingkat keamanan yang tidak diragukan. Mobil sedan jenis limosin ini juga sebelumnya pernah digunakan oleh Donald Trump sewaktu menjabat Presiden Amerika.

The Beast milik Joe Biden diproduksi sejak 2018. Desainnya mengambil inspirasi dari Cadillac XT6, tapi rangkanya menggunakan truk General GMC TopKick. Lalu lampu depannya mirip Cadillac Escalade dengan grille serupa Escala Concept.

Mau tahu lebih detail soal Cadilac One atau The Beast? Apa saja keistimewa dari mobil Presiden Amerika Serikat, Joe Biden tersebut? Berikut 6 poin rangkumannya:

1. Pengemudi Terlatih dari Secret Service

mobil presiden amerika serikat - the beast

Julukan mobil presiden Joe Biden antara lain The Beast dan Cadillac One

Keistimewaan dari mobil Presiden Amerika yang pertama adalah pengemudinya. Yup, untuk mengemudikan mobil The Beast tidaklah sembarangan. Dalam hal ini pengemudi dari Cadillac One adalah anggota Secret Service yang sudah dilatih sedemikian rupa untuk melindungi Presiden Amerika saat berada di dalam mobil tersebut.

Jadi, mulai dari cara bermanuver untuk menghindari musuh hingga prosedur keamanan lainnya, pengemudi dari anggota secret service tersebut sudah paham dengan baik. Utamanya agar Joe Biden tetap selamat dalam berbagai situasi.

Buat kamu yang belum tahu, Secret Service adalah sebuah badan di bawah Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (AS) yang bertugas melindungi para pemimpin AS. Tim ini juga melindungi keluarga pemimpin, serta kepala negara yang berkunjung ke Negeri Paman Sam.

2. The Beast Dilengkapi Darah Cadangan Joe Biden dan Senjata Khusus

Mobil presiden Amerika

Dilengkapi dengan cadangan darah Joe Biden. Foto: Istimewa

Keistimewaan mobil Presiden Amerika Serikat selanjutnya adalah limosin tersebut juga dilengkapi darah Joe Biden untuk transfusi dalam keadaan tertentu. Jadi, fungsi The Beast juga bisa menjadi ambulans daruart.

Tidak ketinggalan, ada senjata khusus yang terletak di beberapa bagian mobil untuk menembak musuh atau penyerang. Bahkan, mobil bernama Cadillac One ini juga sudah dilengkapi dengan snjata gas air mata untuk memberi peringatan musuh dan juga disediakan cadangan oksigen untuk antisipasi jika terjadi serangan senjata kimia.

Dikutip dari laman mirror, The Beast atau Cadillac One terdiri dari tujuh kursi. Dua di depan untuk agen Secret Service dan empat sisanya, di belakang kursi presiden. Selain itu, demi keamanan penumpangnya, semua jendela The Beast tidak bisa dibuka, kecuali kaca samping pengemudi.

3. Punya Pesawat Khusus Untuk Mengangkut

Mobil presiden Amerika

Pesawat kargo C-17 Globemaster yang membawa The Beast

Selanjutnya, mobil Presiden Amerika ini juga nyatanya selalu turut serta jika Joe Biden melakukan kunjungan kenegaraan. Diketahui sebelumnya mobil The Beast juga digunakan Joe Biden saat melawat atas meninggalnya Ratu Elizabeth di Inggris.

Nah, pada event KTT G20 di Bali kali ini juga mobil Presiden Amerika dibawa menggunakan pesawat khusus yaitu pesawat kargo C-17 Globemaster. Adapun mobil Cadillac One yang dibawa Secret Service dalam setiap aktifitas kenegaraan Presiden Amerika ada 2, alasannya untuk membuat musuh bingng saat ingin menyerang orang nomor satu Amerika tersebut.

4. Dilapisi Material Baja dan Tahan Serangan Bom

Mobil presiden Amerika

Body dan kaca terbuat dari material anti peluru

Dengan harga Cadillac One alias The Beast yang mencapai Rp 21,9 miliar, tentunya mobil presiden Amerika Serikat ini menggunakan material yang tidak main-main. Fungsionalitas keamanan menjadi prioritas untuk menjaga penumpangnya yang tidak lain adalah Joe Biden.

Dalam hal ini, material bodinya sudah dilapisi dengan baja agar bisa menahan serangan senjata api dan serangan bom. Tak hanya itu, bagian pintu mobil Presiden Amerika Serikat juga telah dilapisi baja setebal 8 inch dan memiliki segel untuk menahan serangan senjata biologis dan kimia. Kemudian, bagian jendela mobil juga terbuat dari polikarbonat, bahan kaca anti peluru setebal lima inci.

Tidak ketinggalan, pada kaca depan dapat menahan peluru penusuk lapis baja atau magnum 0,44 dan bodywork kelas militer dengan tebal lima inci. Untuk mendukung totalitas keamanan mobil, bannya juga diperkuat dengan serat tekstil jenis kevlar dan dapat berjalan di atas pelek baja. Tak lupa, The Beast turut dilengkapi dengan kamera night vision yang memperjelas pandangan saat minim cahaya.

5. Kapasitas Mesin Besar

Mobil presiden Amerika

Mesin berkapasitas besar

Informasi soal spesifikasi dari mobil Presiden Amerika Serikat yang berjuluk The Beast memang sangat terbatas, termasuk soal mesin. Walau demikian, beberapa media asing memberi bocoran bahwa ada jantung mekanis diesel Duramax V8 6.500 cc yang bisa menghasilkan tenaga 214 hp.

Mesin besar itu memang tidak bisa membawa The Beast berakselerasi hebat, lantaran bobot mobil yang tembus 9 ton. Kemungkinan akselerasi 0-100 Kpj butuh waktu 15 detik. Informasi lainnya adalah bahan bakar untuk mobil Joe Biden ini juga khusus, tidak mudah menyulut api. 

Penggunaan mobil mesin diesel dari Presiden Amerika Serikat ini sekaligus menjadi kontradiksi dengan apa yang sudah dipersiapkan oleh Indonesia sebagai tuan rumah KTT G20. Pasalnya, pemerintah justru menyiapkan seluruh kendaraan di event internasional ini dengan produk elektrifikasi atau mobil listrik.

6. Dilengkapi Alat Pemicu Nuklir

Mobil presiden Amerika

The Beast dilengkapi dengan berbagai fitur dan senjata keamanan. Foto: Istimewa

Selanjutnya, mobil limosin buatan General Motors ini juga terdapat alat pemicu nuklir yang hanya bisa diaktifkan oleh Presiden Amerika Serikat. Hal ini bertujuan jika terdapat keadaan darurat dan dibutuhkan peluncuran sejnata nuklir untuk keamanan negara Amerika, Joe Biden bisa mengaktifkannya dari dalam mobil The Beast.

Tak hanya itu saja, Cadillac One juga sudah dilengkapi dengan alat komunikasi yang langsung terhubung dengan satelit. Sehingga Presiden Amerika tersebut bisa melakukan komunikasi telefon kepada siapa dan kemana saja hanya dari dalam mobil limosin tersebut.

Moladiners, itulah ulasan mengenai beberapa keistimewaan mobil Presiden Amerika Serikat. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika