Banner
Saturday, December 3, 2022
Banner
Banner

Hongqi N701, Mobil Presiden Cina di KTT G20!

by Firdaus Ali
Mobil Presiden Cina

Mobil Presiden Cina, Hongqi N701 resmi digunakaan untuk operasional Xi Jinping selama event KTT G20 di Bali. Limusin tersebut dibawa khusus oleh pasukan keamanan negara Cina ke Bali dalam rangka menjaga kesalamatan sang presiden.

Dengan begitu, Xin Jinping tidak memakai mobil operasional yang disediakan oleh pemerintah Indonesia selaku tuan rumah KTT G20 yaitu Genesis G80. Walau demikian, dia bukanlah satu-satunya kepala negara yang bawa mobil sendiri. Contoh lain ada Presiden Amerika Serikat, Joe Biden yang juga memboyong The Beast atau Cadillac One ke Bali.

Bicara soal Hongqi N701 sangatlah menarik, pasalnya mobil sedan berkelir hitam tersebut cukup anyar. Mobil ini debut pertama kali pada Juli 2022, ketika kunjungan Xi Jinping ke Hongkong, sekaligus menggantikan model sebelumnya Hongqi N501. Buat yang belum tahu, Hongqi sendiri merupakan merek kendaraan asal Cina, sudah ada sejak 1958.

Sebagai informasi, N701 sejatinya merupakan nama kode mobil yang disiapkan untuk Presiden Cina. Lalu apa nama aslinya? Mungkin tidak pernah ada, setidaknya itulah informasi yang kami dapat dari laman Carnewschina. Hal menarik lain, kendaraan tersebut hanya diproduksi 50 unit sebagai contoh, selama 10 tahun ke depan.

Eksterior Hongqi N701

mobil presiden cina - hongqi n701

Panjang Hongqi N701 mencapai 5 meter dengan pilar B yang sangat panjang

Dari eksteriornya kita bisa tahu bahwa mobil presiden Cina, Hongqi N701 memiliki dimensi hingga 5 meter. Ada pula pilar B yang dibuat memanjang menandakan kabin untuk penumpang belakang dibuat begitu luas sehingga nyaman untuk Xi Jinping duduk. Walau demikian, bagasinya terlihat pendek.

Baca juga  Review Honda City Type Z, Sedan Jadul Nan Irit

Ciri khas lain dari Hongqi N701 adalah kehadiran aksen merah di kap mesin dan atas fender roda depan. Tampilan eksterior, layaknya mobil presiden pada umumnya yaitu berkelir hitam dengan lekukan body yang simpel.

Bagian depan terlihat mengusung grill berukuran besar dengan desain garis vertikal beraksen krom. Di sampingnya mengusung headlamp dengan bentuk simpel yang terlihat sudah menggunakan LED.

Pun begitu juga dengan bagian belakangnya yang turut mengusung desain simpel. Ukuran lampu terlihat tidak mencolok, hanya saja ada aksen krom dibagian tengah dan list bumper. Dan untuk menunjang tampilan dari belakang, disematkan dua knalpot dengan bentuk pipih.

Untuk bagian sampingnya memang tidak ada yang lekukan body yang signifikan. Hanya saja Hongqi N701 menyematkan emblem merah untuk menandakan mobil ini buatan komunis.

Hongqi N701 memang bentuknya sedan 4 pintu. Namun begitu dimensinya bongsor, maka ada juga yang menyebutnya mobil ini merupakan model limusin. Nah, jika dilihat dari posturnya, mobil tersebut bisa jadi menggunakan sasis milik mobil SUV (Sport Utility Vehicle). Sama halnya dengan mobil Presiden Amerika.

Menggunakan Mesin V12

Mobil Presiden Cina

Mobil Presiden Cina. Foto: carnewschina

Meski spesifikasi pasti dari mobil Presiden Cina ini tidak diungkap secara gamblang, dilansir dari laman carnewschina, mobil sedan bongsor ini kemungkinan menggunakan mesin V12 atau V8 yang juga digunakan Hongqi LS7 yang baru saja diluncurkan.

Nah, jika mobil Presiden Cina itu menggunakan mesin yang sama dengan Hongqi LS7, maka mesin V8 itu kubikasinya 4.0L turbocharged yang diklaim tenaga puncaknya bisa meraih 360 hp dan torsi di angka 550 Newton Meter.

Baca juga  7 Kekurangan Toyota Vios 2022, Sedan yang Layak Dibeli?

Berbeda halnya jika menggunakan mesin V12 yang juga digunakan mobil Hongqi N501 atau CA7600L lansiran 2009 yang juga mobil Presiden Xi Jinping sebelum N701. Di atas kertas, mesin V12 itu mempunyai kubikasi 6.0L yang tenaga maksimumnya diklaim mencapai 408 horse power.

Besar kemungkinan, mobil Presiden Cina yang diboyong ke Bali teresebut menggunakan mesin milik CA7600L. Sebab, mobil ini merupakan salah satu suksesor mobil mewah di Cina.

Terbukti, CA7600L juga dibuatdengan short wheelbase dengan nama Hongqi L5 untuk mobil para tamu negara lain yang berkunjung ke Cina. Untuk versi ini, mesin yang digunakan adalah V8 4.0L turbo yang diklaim tenaganya mencapai 375 hp dan torsi puncak di angka 530 Newton Meter.

Spesifikasi Keamanan Rahasia

Mobil Presiden Cina

Spesifikasi keamanan Hongqi N701 dirahasiakan

Berbeda halnya dengan mobil Presiden Amerika yang diinformasikan secara gamblang psesifikasi keamanan dari mobil Presiden yang digunakan Joe Biden. Dimana terdapat beberapa senjata khusus, gas air mata, cadangan darah Joe Biden hingga alat pemicu rudal.

Nah, untuk mobil Presiden Cina ini spesifikasi keamanannya tidak diungkap dipublik. Namun begitu, mobil tersebut diyakini juga tak kalah canggih spesifikasi kemanan yang diusungnya.

Seperti adanya senjata khusus dibeberapa bagian, body mobil yang dilapisi dengan material baja yang tahan serangan senjata dan bom serta senjata kimia. Pun begitu juga dengan kaca bagian depan dan belakang yang diprediksi juga mempunyai ketebalan khusus untuk menahan peluru dari senjata musuh atau penyerang.

Baca juga  Mobil ini Jadi Sedan Terfavorit di GIIAS 2022, Kok bisa?

Oh ya, jika umumnya jendela pintu belakang mobil Presiden ukurannya kecil untuk menghindari serangan musuh, berbeda halnya dengan Hongqi N701 yang jendelanya tampak lebar. Tentu saja meski lebar kaca jendela yang digunakan  juga tidak sembarangan.

Dipastikan material kaca jendela mobil Presiden Cina itu tahan peluru, serangan benda tumpul dan bahkan serangan bom dan juga senjata kimia. Kemungkinan menggunakan material polikarbonat.

Selain itu, bagian kaki-kaki yaitu ban juga diprediksi menggunakan material mirip dengan mobil Presiden Amerika yaitu dilapisi serat Kevlar.

Handle Pintu Dari Batu Giok

Mobil Presiden Cina

Mobil Presiden Xi Jinping Hongqi N501, mobil yang digunakan sebelum versi N701

Dilansir dari beberapa media otomotif, mobil Presiden Cina ini mempunyai salah satu daya tarik spesial yang tidak dimiliki mobil Presiden negara lain, yaitu handle pintu bagian dalam yang terbuat dari material batu giok, meski tidak ada foto spesifik penampakannya. Maklum, pasukan keamanan Cina sangat minim memberikan informasi detail dari Hongqi N701.

Yup, penggunaan material batu giok tersebut tentunya merupakan sebuah identitas dari negeri Tirai Bambu tersebut yang memang terkenal dengan batu giok.

Seperti diketahui, batu giok merupakan salah satu batu yang langka dan harganya juga tidak main-main alias sangat mahal. Jadi, mobil Presiden Xi Jinping ini jelas jika dijual harganya bisa selangit.

Moladiners, itulah ulasan mengenai mobil Presiden Cina Xi Jinping yang didatangkan dengan pesawat khusus dari Cina untuk operasional selama event KTT G20 di Bali.

Sebagai informasi, Keputusan membawa mobil kenegaraan sendiri memang diperbolehkan, bahkan yang berlapis baja sekalipun. Hal itu, sesuai dengan asas resiprokal hubungan antar negara. Yang mana, Indonesia pun pernah menerima perlakuan sama dalam pertemuan lain. Simak terus Moladin.com untuk informasi otomotif menarik lainnya.

Related Articles

Platform Jual dan Beli Mobil Bekas Terbaik

















Logo Midtrans

Logo Bank Indonesia
Logo Kementerian Komunikasi dan Informatika