oleh

3 Mobil Retro Murah, Idola di Zamannya

Mungkin saat ini kamu sedang berburu mobil retro murah. Di Indonesia sendiri mobil retro berlimpah-limpah di pasaran.

Dengan memiliki budget puluhan juta saja kamu sudah bisa memiliki mobil retro, baik itu dari brand otomotif Jepang atau Eropa. Kemudian pajak mobil tua di Indonesia terbilang murah, berbanding terbalik dengan banyak negara lain. 

Mobil retro sendiri merupakan mobil yang beredar pada rentang tahun 1980-1990an. Terkait kondisi unitnya di pasaran juga beragam. Malah jika kamu beruntung, bisa mendapatkan unit mobil bekas bergaya retro dengan kondisi cat dan interior original.

Berikut ini kami akan sampaikan deretan mobil retro murah yang bisa jadi bahan refrensi:

1. Toyota Corolla DX

Mobil Retro Murah
Corolla DX menggendong mesin 1.300 cc, mengusung 8 klep dengan noken-as tunggal alias SOHC.

Bicara mobil retro murah, tidak lengkap rasanya tidak menyebut Corolla DX di dalamnya. Harganya berkisar mulai Rp 30 jutaan di pasaran, hal ini merupakan hasil pantauan di laman jualan mobil bekas online tanah air.

Namun kalau kamu ingin mendapatkan unit yang kualitas baik, disarankan harus merogoh kocek lebih dalam. Kisarannya di harga Rp 40 jutaan ke atas. Biasanya di harga tersebut, Corolla DX sudah mengalami restorasi dengan kondisi yang enak dipandang.

Toyota Corolla DX sendiri merupakan sebuah sedan yang ada di Indonesia sejak 1979 hingga awal tahun 1980. Ciri Corolla DX mula-mula adalah lampu utamanya berdesain bulat. Sedangkan yang awal 1980an sudah kotak.

Baca juga  Berikut 5 Hal Penting Sebelum Membeli Mobil Suzuki

Zaman dahulu mobil ini banyak digunakan sebagai mobil rally atau balap turing yang sering menjuarai balapan. K​​​​​omunitasnya juga ada dan masih eksis. Sebut Corolla Club, DX Jakarta Community hingga Indonesia Corolla DX Community.

Mobil retro murah, Corolla DX sendiri merupakan model yang berkode body KE70 dan menggunakan mesin 1.300 cc. Dapur pacunya mengusung 8 klep dengan noken-as tunggal alias SOHC.

Mesin ini bertenaga 62 HP pada 5.600 rpm dan torsi maksimum bisa mencapai 97 Nm pada 3.600 rpm. Tentunya suplai bahan bakarnya masih pakai karburator.

Para komunitas juga sepakat bahwa spareparts Corolla DX masih mudah didapat. Hal itulah yang membuat pesona Corolla DX kian menawan untuk diburu para penikmat mobil lawas.

2. Suzuki Katana

Mobil Retro Murah
Suzuki Katana GX 1997

Jika kamu suka kendaraan yang bergaya jip, mobil retro murah yang wajib masuk dalam list pilihan adalah Suzuki Katana. Di pasaran, harga mobil ini lagi naik daun.

Di pasar mobil bekas online harga Suzuki Katana berkisar Rp 40-80 jutaan. Semakin muda unitnya, semakin mahal harganya. Apalagi jika kondisi unitnya sudah direstorasi total, harganya bisa hampir sentuh Rp 100 juta.

Suzuki Katana sendiri adalah mobil yang mulai menancapkan kuku di Indonesia sejak awal tahun 1980-an hingga awal dekade 2000-an. Di zamanya, mobil retro murah ini menjadi salah satu produk unggulan dari Suzuki Indonesia. 

Baca juga  5 Perubahan Toyota Agya Facelift 2020, Aura LCGC Hilang!

Jip mini tersebut mengusung mesin kecil 4-silinder 1.000 cc ini sudah dijual oleh Suzuki di Indonesia sejak 1983. Waktu ini namanya Suzuki Jimny 4×2 yang dikenal di kalangan penggemarnya dengan julukan “Suzuki Jimny Banci”. Sebutan ini diberikan, gara-gara sistem penggeraknya disunat dari 4×4 menjadi 4×2.

Jika kamu ingin membeli unit bekasnya kamu harus tahu model ini. Suzuki katana punya dua varain Suzuki Katana DX dan Suzuki Katana GX. Suzuki Katana DX adalah tipe paling murah, hadir dengan fitur yang lebih minimalis.

Suzuki Katana DX ini cuma tersedia dengan warna solid, tidak pakai power steering, pakai pelek kaleng, dan bangku belakang masih berhadapan.

Itu sebabnya, di bawah pintu belakang Suzuki Katana DX terdapat pijakan kaki. Kalau Suzuki Katana GX tersedia warna metalik, power steering, AC Nippon Denso, pelek alloy, dan jok belakang sudah menghadap depan.

Detail lainnya yang harus kamu perhatikan jika ingin beli unit bekasnya, Suzuki Katana GX dibekali pijakan kaki samping, pemantik api, trim samping belakang dua warna, dan pegangan tangan belakang.

Suzuki Katana DX terakhir diproduksi pada 1998 sedang Suzuki Katana GX terus dipertahankan hingga 2006.

3. BMW 318i M40

Mobil Retro Murah
BMW 318i 1990, hasilkan performa terbaik untuk sedan di kelasnya.

Di antara sedan kelahiran 80 yang beredar di Indonesia, sedan inilah yang jadi raja di zamannya. Yup, adalah BMW 3181 M40, yang merupakan salah satu pilihan terbaik untuk mobil retro murah.

Baca juga  5 Prediksi Toyota Innova Terbaru 2020, Apa Ubahannya?

Sama dengan Corolla DX, untuk meminang yang original kamu juga harus hati-hati dan bersabar dalam mencari unit ini. “Kalau beruntung, mesinnya bagus, jeroannya banyak yang ori, terawat, bisa dipastikan itu akan menjadi mobil yang awet dan bandel,” kata Putra mekanik mobil di bilangan Otista Jakarta Selatan.

Menurut Putera, sebaliknya jika kondisi awalnya sudah merupakan bekas modifikasi atau tidak terawat, maka bersiap-siap saja untuk menghabiskan waktu dan biaya dalam merawatnya.

Desain paling sporty dan dinamis dari BMW 318i M40 tidak bisa diragukan lagi. Tidak hanya itu, mobil ini juga dibekali dengan performa yang mumpuni di zamannya.

Hadir dengan spek mesin 1.8 liter empat silinder yang men, sedan ini dijamannya bisa menghasilkan tenaga maksimal 77 kW dan torsi masimal 145 Nm. 

Sementara untuk transmisi yang beredar di pasar Indonesia ada dua opsi manual lima kecepatan dan transmisi matic tiga kecepatan. Suspensinya sendiri mengandalkan suspensi independent dan keempat rodanya sudah menggunakan rem tipe cakram.

Di pasaran mobil BMW 318i M40 dibandrol pada kisaran Rp 40-80 jutaan bergantung kondisi.

Demikian ulasan terkait mobil retro murah. Simak terus Moladin.com untuk update berita terbaru otomotif.

Terbaru