Mobil Terbang Pertama di Dunia Produksi di India

Produsen mobil terbang asal Belanda, bersiap untuk memproduksi mobil terbang pertama di dunia yang diberi nama PAL-V Liberty. Mobil ini sebelumnya sempat dipamerkan di ajang Geneva Motor Show 2018 lalu.

Menariknya, PAL-V Liberty bakal dilengkapi dengan motor listrik, dan dapat digunakan di darat maupun udara. Pengembangan mobil terbang diketahui telah dilakukan dalam kurun waktu yang cukup panjang, dari wujud prototipe hingga akhirnya dapat berfungsi dengan baik dan akan segera terwujud.

Dalam memproduksi mobil terbangnya itu, PAL-V bakal membangun pabrik di Gujarat, India. Menurut rencana pabrik itu akan mulai produksi di tahun 2021 mendatang.

Sebagai langkah awal, pihak produsen telah menandatangi Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani oleh Wakil Presiden PAL-V International Carlo Maasbommel dengan Sekretaris Utama Industri India, Wijay Rupani.

Untuk dapat memproduksi mobil terbangnya itu, ada sejumlah persyaratan dalam membuat fasilitas produksi di India. PAL-V menjelaskan bahwa pihaknya telah dibantu oleh pemerintah setempat. Khususnya dalam pengurusan dokumen-dokumen dan persetujuan penting dari pemerintah pusat.

“Kami memilih Gujarat karena infrastukturnya yang sudah kelas dunia, kemudahannya untuk melakukan bisnis dan fasilitas logistik yang mumpuni,” ujar Maasbommel.

Dari India, PAL-V berkomitmen untuk mengekspor ke sejumlah negara, seperti Amerika Serikat (AS) dan sejumlah negara di Eropa. Pemesanan bagi PAL-V Liberty diketahui sudah mencapai lebih dari 100 unit di seluruh dunia.

Spesifikasi mobil terbang, PAL-V Liberty

Mobil Terbang PAL-V Liberty
PAL-V Liberty jadi mobil terbang pertama yang masuk jalur produksi

PAL-V Liberty adalah mobil terbang yang mengkombinasikan kendaraan roda tiga dengan sistem mekanikal helikopter. PAL-V Liberty sendiri memiliki bobot 680 kg dan dapat terbang di atas ketinggian 165 meter.

Mobil terbang membutuhkan jalanan datar sebesar 30 meter untuk lepas landas dan mendarat dengan aman. Untuk dapat terbang, PAL-V Liberty dipersenjatai dengan dua mesin, yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 101 Hp. Mobil ini diklaim mampu menghasilkan kecepatan maksimal sebesar 180 km/jam di daratan maupun udara.

Selain itu, PAL-V Liberty sebagian besar bodi terbuat dari serat karbon. Komponen internal sebagian besar menggunakan bahan alumunium dan juga titanium.

Sebagai informasi tambahan, bagi yang ingin mengendarai mobil ini harus memiliki lisensi pilot.

Baca juga:

Share this!

Deni Ferlindungan

Seorang jurnalis yang berkecimpung di dunia otomotif sejak 2011. Menyukai seluk beluk seputar otomotif baik roda dua dan empat. Kini memiliki hobi bersepeda keliling kota.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *